Ini Cara Membersihkan Abu Vulkanik Gunung Api Pada Mobil

by  in Nasional&Tips
Ini Cara Membersihkan Abu Vulkanik Gunung Api Pada Mobil
0  komentar

Mobil terkena abu vulkanik Gunung KeludFoto oleh : @masoege dari Instagram

Jakarta, AutonetMagz – Letusan Gunung Kelud mengeluarkan abu vulkanik gunung api yang cukup parah karena hampir merata di seluruh wilayah Jawa Timur hingga Jawa Tengah, bahkan hingga daerah paling timur Jawa Barat. Kali ini kami akan memberikan tips untuk membersihkan abu vulkanik pada mobil anda.

Abu vulkanik merupakan partikel-partikel mikro dari silika, atau bahan pembuat kaca. Jika kita lihat dengan kaca pembesar tentunya akan terlihat partikel-partikel tajam yang berpotensi membuat baret-baret halus pada kendaraan. Namun yang terpenting bukanlah baret halus pada kendaraan, namun kesehatan anda yang utama.

Abu vulkanik dapat menyebabkan peradangan pada paru-paru akibat partikel tajam yang menyayat organ paru-paru anda ketika dihirup. Maka dari itu sebelum melakukan pembersihan, persiapkan diri anda sebagai berikut:

1. Gunakan masker, jika tidak ada gunakanlah kain yang dibasahi.

2. Tutup bagian rambut dan badan anda, usahakan gunakan jaket, celana rangkap, penutup muka, jilbab dan sarung tangan. Lepaskan perangkat pelindung yang sudah dipakai ketika anda ingin memsuki rumah.

3. Jangan pernah menggunakan lensa kontak, bahkan sangat disarankan untuk menggunakan kacamata pelindung, jika tidak ada gunakanlah kacamata renang agar debu vulkanik tidak masuk ke dalam mata anda.

4. Gunakan sepatu, karena debu vulkanik cukup licin.

5. Siapkan selang dan air yang mengalir yang cukup deras, karena jika hanya menggunakan siraman air seadanya, abu yang tebal dapat membentuk massa yang keras sehingga sulit dibersihkan.

6. Setelah anda siap, pertama lihat dulu ketebalan abu vulkanik pada mobil anda. Jika terlalu tebal, usahakan kibas dengan kipas atau dus agar debu berterbangan dari mobil. Pastikan anda menggunakan pengaman yang baik dan tidak ada orang lain di sekitar anda.

7. Lindungi bagian lubang-lubang mesin seperti ventilasi radiator, air intake dan printilan lainnya. Usahakan tutup agar tidak terkena air.

8. Siram air mengikuti garis bodi agar abu vulkanik mengalir bersama air, jangan menyiramnya secara tegak 90 derajat dari permukaan bodi mobil. Jika ada noda membandel, jangan gunakan lap dengan cara menyapunya dengan tangan.

9. Untuk bagian kaca dan lampu-lampu, tambahkan sabun deterjen. jika terdapat noda membandel gunakan spons yang telah dibasahi air dan deterjen, jangan ditekan, apalagi digosok secara berlebihan.

10. Setelah selesai, parkirkan kendaraan anda di dalam garasi rumah, dan berilah cover mobil agar bodi mobil anda tidak berbedu kembali.

11. Jika terdapat baret-baret halus, itu adalah hal yang sangat wajar, namun dapat kita dapat segera memberikan dengan poles wax pada kendaraan setelah abu vulkanik reda.

12. Jangan menggunakan kendaraan jika belum dibersihkan, karena abu dapat merusak mobil dalam jangka panjang. Kecuali ada keperluan mendesak.

13. Untuk bagian mesin, gunakan vacum cleaner, terutama pada kisi-kisi radiator dan bersihkan filter udara.

Mudah-mudahan informasi ini dapat bermanfaat bagi anda.

Read Prev:
Read Next: