Inchcape Caplok Changan Auto di Filipina, Bawa ke Indonesia Juga?

by  in  Berita & Changan & International
Inchcape Caplok Changan Auto di Filipina, Bawa ke Indonesia Juga?
0  komentar

AutonetMagz.com – Masih ingat dengan Inchcape? Yap, Perusahaan multinasional asal Inggris ini memang sedang hangat diperbincangkan di Indonesia sejak awal tahun 2023 ini. Tak lain dan tak bukan karena langkah mereka mengambil alih operasional Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) sebagai APM Mercy di Indonesia. Tak berhenti sampai di sana, Inchcape juga memboyong Great Wall Motor ke Tanah Air lho. Dan kabar terbaru, Inchcape juga baru saja melakukan take over terhadap operasional Changan Auto di Filipina. Yuk kita bahas.

Inchcape Tambah Portfolio Baru

Jadi, baru-baru ini, Inchcape dan Changan International mengumumkan secara resmi bahwa operasional Changan Auto di Filipina bakal dipegang oleh Inchcape. Di Filipina, Inchcape bekerja sama dengan CATS Group dan mendirikan perusahaan joint venture dengan share saham sebesar 60% untuk Inchcape dan 40% untuk CATS. Langkah yang sama pun sebenarnya juga dilakukan oleh Inchcape di Indonesia melalui kerjasama dengan Indomobil Group yang kini menahkodai Mercedes-Benz dan Great Wall Motor di Indonesia. FYI, di Filipina sendiri Inchcape sudah menjadi distributor untuk sejumlah brand kenamaan seperti Mercedes-Benz, Chrysler, Didge, Jeep, RAM, Jaguar, Land Rover, dan Mazda serta Harley Davidson.

Hmmm, portfolio-nya mirip dengan Indomobil kan? Jadi deja vu. “Kami sangat senang bisa bekerja sama dengan Changan, menjadi OEM terdepan untuk mendistribusikan porfolio kendaraan mereka yang luas dan berkualitas tinggi untuk pasar Filipina” ujar Alex Hammett, Managing Director Inchcape di Filipina. Sedangkan pihak Changan International yang diwakili oleh Tom Yin, GM Changan International menyatakan, “Dengan kerjasama global yang kuat di dalam sejarah Changan, kesepakatan dengan Inchcape ini adalah langkah penting dalam misi Changan untuk menjadi pionir di kultur otomotif dan juga memberikan manfaat pada kehidupan manusia”.

Changan Jual Mobil Sejak 2020 di Filipina

Changan Motor Philippines (CMPI) sendiri baru memasuki pasar Filipina di akhir tahun 2020 silam, dan praktis usia mereka di Negeri Lumbung Padi tersebut tak sampai 3 tahun. Sebenarnya, pihak Changan Filipina sudah berusaha untuk meningkatkan awareness brand Changan dalam 2 tahun terakhir. Namun, nampaknya belum berakhir baik. Bahkan, situs resmi Changan Auto Filipina sudah tak aktif sejak Manila International Auto Show 2023 di bulan Maret lalu. Changan sendiri merupakan pabrikan otomotif asal Chongqing, China yang notabene adalah perusahaan BUMN. Yap, pabrikan mobil plat merah China. Salah satu produknya pun pernah di-rebadge sebagai kendaraan komersial dari Esemka di Indonesia.

Lantas, dengan masuknya Changan dalam radar Inchcape, apakah pabrikan asal China ini juga akan diboyong ke Indonesia? Kami belum mendapatkan informasinya. Namun, dengan banyaknya brand asal China yang masuk di pasar Indonesia, segala kemungkinan pun terbuka lebar. Bagaimana menurut kalian, kawan?

Sumber : Inchcape

Read Prev:
Read Next: