IMOS 2023: ION Mobility dan TVS Ciptakan Inovasi Motor Listrik Project Dynamo

IMOS 2023: ION Mobility dan TVS Ciptakan Inovasi Motor Listrik Project Dynamo
0  komentar

AutonetMagz.com – Mengambil momentum Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2023 pada 25-29 Oktober, startup teknologi asal Singapura ini mencoba memasuki segmen pasar motor sport dengan meluncurkan Project Dynamo. Project Dynamo merupakan hasil dari kolaborasi strategis antara ION Mobility dengan TVS Motor Company, yang merupakan perusahaan manufaktur motor roda dua dan roda tiga asal India.

Konsep Motor Kolaborasi Ion Mobility dengan TVS

Fokus Penuhi Kebutuhan Pasar

Project Dynamo merupakan adaptasi konseptual ION Mobility terhadap TVS X yang merupakan motor listrik crossover. Kerja sama ini dimulai pada Februari 2023 lalu dan TVS Motor memimpin pendanaan Seri A ION Mobility sebesar US$18,7 juta sebagai investor strategis. Melalui motor listrik ini, ION menagretkan untuk dapat memenuhi kebutuhan konsumennya di Indonesia yang mengutamakan performa dan kecepatan serta efisien dan ramah lingkungan.

Kedua perusahaan ini diharapkan dapat membawa kemampuan desain, teknik, dan produksi bersama-sama untuk diterapkan di Indonesia. Sehingga bisa menghasilkan kendaraan listrik yang memenuhi kebutuhan pasar. ION Mobility berfokus pada pengembangan motor listrik serta teknologi dan layanan pendukung untuk mempercepat transisi bahan bakar bensin ke listrik. Sementara TVS Motor secara konsisten menunjukkan komitmennya terhadap solusi mobilitas masa depan yang berkelanjutan dengan memungkinkan adopsi mobilitas listrik yang lebih cepat dan pengembangan ekosistem kendaraan listrik secara keseluruhan.

TKDN Bakal Tinggi!

Project Dynamo merupakan bagian dari komitmen jangka panjang ION Mobility terhadap industri sepeda motor listrik di Indonesia. Hal ini terlihat jelas dari tingkat komponen dalam negeri (TKDN) yang tinggi. Mulai dari lini produksi baterai dan jalur perakitan di pabrik Karawang Timur yang sedang dalam tahap akhir uji coba. Ke depannya, ION Mobility berharap dapat mendorong penciptaan lapangan kerja di industri motor listrik melalui perekrutan tenaga kerja mandiri yang lebih besar dan membangun kolaborasi dengan supplier di Indonesia.

“Merupakan suatu kehormatan bagi saya dan tim di ION Mobility untuk mendapatkan kesempatan bekerja sama dengan TVS Motor dalam mengembangkan segmen motor sport, dengan TVS X yang luar biasa sebagai titik awal Project Dynamo. Kami berkomitmen untuk meningkatkan brand ION yang merefleksikan gaya hidup terdepan dan terkini untuk sepeda motor listrik di Indonesia, dan percaya bahwa kreasi yang dihasilkan dari upaya gabungan kedua tim kami akan memanjakan para pengendara sepeda motor Indonesia dalam beberapa bulan dan tahun ke depan,” kata Founder dan CEO ION Mobility James Chan.

Read Prev:
Read Next: