Hyundai Perkenalkan Airbag Panoramic Sunroof Pertama, Makin Aman

by  in Hyundai&International
Hyundai Perkenalkan Airbag Panoramic Sunroof Pertama, Makin Aman
0  komentar

AutonetMagz.com – Untuk mobil penumpang biasa, airbag yang terbanyak yang pernah kami temukan biasanya berjumlah 7 (2 depan, 2 samping, 2 tirai dan 1 airbag buat dengkul pengemudi). Kadang ada 8 bahkan 12 di mobil yang lebih besar, namun pabrikan mobil masih terus mengorek aspek keselamatan di sektor lain untuk memperkecil risiko jika mobil yang kita kendarai mengalami hal yang tidak diinginkan.

Bagaimana dengan mobil yang pakai panoramic sunroof? Entah gaya atau fungsi, rasanya senang kalau melihat mobil – terutama MPV, SUV dan sedan premium – punya fitur ini. Terus bagaimana soal keamanannya? Nah, Hyundai sudah memikirkannya dan datang dengan penawaran fitur keselamatan baru, yakni airbag yang dipasang di struktur panoramic sunroof mobil. Wah, nambah lagi deh bobot dan jumlah airbag mobil.

Apa yang bisa kita pelajari dari sini? Well, airbag panoramic sunroof ini terpasang di dalam mekanisme gerak buka-tutup atap kacanya. Sebuah sensor akan membaca jika mobil bakal terguling, airbag sunroof ini akan langsung mengembang dan menutupi seluruh area atap dalam waktu 0,08 detik saja. Airbag ini mengembang dari sisi belakang ke depan, dan Hyundai mengklaim kalau airbag sunroof mereka adalah yang pertama di dunia.

Hyundai juga bilang bahwa sistem airbag sunroof berguna untuk mencegah penumpang keluar dari kendaraan saat mobil terguling, sehingga bisa mengurangi risiko akan luka serius dalam sebuah kecelakaan, walaupun mereka tidak memberikan info tentang kapan mereka berniat mengenalkannya pada kendaraan produksinya. Belum diketahui juga berapa berat yang akan bertambah jika mobil dipasangi airbag ini.

Hal lainnya, apa airbag ini hanya akan mengembang jika mobil mau terguling? Apa mungkin airbag juga akan mengembang jika ada sesuatu yang cukup berat jatuh dan menimpa atap mobil? Mungkin itu yang masih mereka kerjakan, makanya Hyundai belum mau bilang banyak-banyak soal penemuan mereka ini. Apapun itu, bagus jika mobil makin aman dari hari ke hari. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: