Honda Luncurkan CBR1000RR-R Fireblade, Street-Legal MotoGP Bike!

by  in  Berita & Honda & Merek Motor
Honda Luncurkan CBR1000RR-R Fireblade, Street-Legal MotoGP Bike!
0  komentar

AutonetMagz.com – Untuk memenuhi permintaan penggemar yang ‘haus’ akan kecepatan, PT Astra Honda Motor (AHM) memperkenalkan CBR1000RR-R Fireblade. Dengan tetap mempertahankan filosofi Total Control yang menjadi ciri khasnya, hal itu dipadukan dengan perubahan desain dan teknis yang meningkatkan performa serta kenyamanan pengendara. Sehingga diklaim, motor ini dapat memberikan pengalaman berkendara mendekati sensasi MotoGP.

Ubahan Desain dan Teknis

Untuk meningkatkan sektor aerodinamika, CBR1000RR-R Fireblade memiliki winglet baru untuk downforce yang lebih besar. Hal itu dapat meningkatkan stabilitas pengereman serta grip yang lebih konsisten pada bagian depan. Desain fairing bawah juga baru, sehingga dapat mengurangi aliran udara di sekitar ban belakang, meningkatkan handling, memberikan kestabilan di kecepatan tinggi, serta mengurangi hambatan angin. Tangki bahan bakar juga diubah bentuknya agar lebih ergonomis, sekaligus meningkatkan kapasitas bahan bakar.

Mesinnya berkapasitas 999,9 cc DOHC 4-silinder inline bertenaga 214 hp dan torsi 113 Nm. Kompresi mesin telah ditingkatkan dari sebelumnya 13,4:1 menjadi 13,6:1 untuk peningkatan performa. Untuk menghadirkan akselerasi dan deselerasi yang lebih mulus, ia telah disematkan Throttle by Wire dengan 2 motor. Sehingga mampu memberikan respons yang lebih presisi saat mengendalikan tenaga mesin serta engine braking.

Banyak Fitur Baru

Pada sektor pengereman, ia dibekali kaliper depan Nissin dengan cakram besar. Anti-Lock Braking System (ABS) juga disematkan dengan tiga mode yaitu mode Sport, Track, dan Standard. Sensor advance Inertia Measurement Unit (IMU) 6-Axis mampu mengukur posisi motor dalam enam axis (sumbu). Peranti ini bekerja bersama Honda Electronic Steering Damper (HESD) yang mempunyai tiga mode pengaturan (hard, medium, soft). Hal ini berguna untuk menambah stabilitas berkendara.

Fitur-fitur unggulan lain juga masih dipertahankan, seperti pengaturan riding mode, kontrol traksi HSTC, serta Wheelie Control untuk menjaga kestabilan saat akselerasi cepat. Untuk menunjang kenyamanan, CBR1000RR-R Fireblade dibelaki suspensi depan dan belakang besutan Showa Adjustable. Sehingga tetap menawarkan kenyamanan berkendara dengan berbagai pengaturan.

AHM menawarkan model terbaru CBR1000RR-R Fireblade STD dengan pilihan warna Honda Tricolor yang ikonik. Motor ini dipasarkan dengan harga Rp 798 juta on the road Jakarta. Bagaimana, tertarik?

Read Prev:
Read Next: