Honda CBF190TR : Motor Retro Modern Honda di China

by  in Berita&Honda&International
Honda CBF190TR : Motor Retro Modern Honda di China
0  komentar

AutonetMagz.com – Konsep retro modern nampaknya cukup digandrungi oleh konsumen di Asia beberapa waktu belakangan ini. Terbukti, hampir bersamaan dengan diluncurkannya Yamaha XSR155 di Thailand, Honda di China juga memperkenalkan sebuah motor retro modern namun dengan kubikasi yang lebih besar. Produk tersebut adalah Honda CBF190TR yang dikembangkan dari salah satu naked bike Honda yang tak kalah cakep, yaitu Honda CB190R.

Mungkin beberapa diantara kalian akan berkomentar bahwa motor ini mirip dengan sosok Honda CB150 ExMotion ataupun Honda CB300R, namun nyatanya malah sangat berbeda. Walaupun mengusung konsep retro modern, namun Honda CBF190TR tidak meneruskan desain Neo Sport Cafe yang diusung Honda CB300R dan kawan – kawannya. Lihat saja jok Honda CBF190TR ini yang dibuat tandem dan tidak bertingkat melainkan rata. Jelas konsep ini berbeda dengan Honda CB150 ExMotion ataupun Honda CB300R, malahan lebih mirip Honda CB650R dan Honda CB1000R versi low budget.

Oke, kita mulai lihat bodynya, motor ini menggunakan lampu membulat yang retro namun dengan pencahayaan LED, plus LED DRL. Sayangnya, tidak ada visor di atas lampu motor ini, sehingga panel instrumennya terlihat terbuka, ada yang suka dan ada yang tidak. Suspensi depannya sama persis dengan Honda CB190R, sudah menggunakan USD hanya saja dilabur warna hitam. Spakbor depan minimalis dengan aksen silver, dan velg cast wheel yang digunakan masih sama persis dengan Honda CB190R. Untuk ban, yang digunakan semi dual purpose dengan kembangan yang lebih terlihat berotot.

Untuk menegaskan kesan retro, Honda CBF190TR menggunakan spion berbentuk bulat, detail sederhana yang bahkan tidak diberikan di Yamaha XSR155. Tangki bahan bakarnya tergolong ramping dengan bentuk mengotak, dan ada shroud mungil berkelir silver yang ada 2 model berbeda. Di sisi bawah mesin diberikan undercrowl berkelir silver, dan tidak usah kaget kalau tidak menemukan radiator di motor ini. Toh memang masih air cooled. Panel instrumennya berbentuk digital dan terdapat indikator gigi, dan jam digital. Yang menarik, di sisi kiri panel instrumennya terdapat port USB untuk mengisi daya gadget, out of the box sob.

Setang yang digunakan model fatbar, dan tuas rem serta kolping dilabur warna hitam. Oiya, motor ini sudah dilengkapi rem ABS, sob walaupun cuma single channel. Geser ke belakang, Honda CBF190TR menggunakan jok model tandem yang posisi duduknya nyaris sejajar, dan knalpot yang bentuknya modern, silencer-nya pendek dan ujungnya dibuat mengotak. Honda CBF190TR masih menggunakan swing arm model kota, dan juga suspensi monoshock. Lampu belakangnya minimalis, khas motor retro, dan spakbor belakangnya dibuat dekat dengan ban, bukan model menggantung.

Honda CBF190TR menggunakan mesin 184cc 1 silinder Injeksi dengan tenaga maksimal 15,8 PS pada 8.000 RPM dan torsi 15 Nm pada 7.000 rpm. Secara umum, power motor ini turun sedikit dibandingkan dengan Honda CB190R, namun torsinya naik 0,8 Nm. Jadi, apa tanggapan kalian pada sosok Honda CBF190TR ini? Berharap dibawa ke Indonesia? Kalau iya, cocoknya tetap pakai nama Honda CBF190 atau Honda Tiger? Yuk sampaikan pendapat kalian di bawah ini.

Read Prev:
Read Next: