Hingga 10 Merek Mobil Kena Tuntutan Di Los Angeles Soal Sistem Keselamatan Keyless Engine Start, Apa Masalahnya?

Hingga 10 Merek Mobil Kena Tuntutan Di Los Angeles Soal Sistem Keselamatan Keyless Engine Start, Apa Masalahnya?
0  komentar

tombol-start-ferrari

AutonetMagz.com – Sebenarnya agak bingung juga dengan aksi 28 orang Amerika Serikat yang ini. Kenapa kami bingung? Biar kami jelaskan dulu kasusnya, nanti anda akan mengerti. Sebanyak 28 orang di Los Angeles melayangkan tuntutan atas 10 merek mobil tenar dikarenakan mereka mengklaim bahwa sistem keyless ignition (dikenal juga dengan keyless start) bisa membahayakan nyawa dan sudah membunuh 13 orang sampai saat ini.

Merek-merek mobil yang dimaksud adalah Toyota, VW, General Motors, BMW, Mercedes Benz, Fiat Chrysler, Ford, Honda, Nissan dan Hyundai. Isi tuntutannya kira-kira begini : Pabrikan mobil harusnya tahu bahaya racun karbon monoksida dari mesin, dan beberapa sistem keyless ignition yang mereka pakai tidak dilengkapi dengan automatic engine shut-off, dan ini bisa berbahaya bagi pemiliknya.

knalpot-ferrari-california-t

Belum menemukan keanehannya? Coba simak ini. Tuntutan tadi bilang kalau pengemudi mobil bisa lalai kalau mereka memarkirkan mobil di garasi tertutup dengan mesin masih menyala, dan selama itu gas karbon monoksida akan terus terbentuk dan menyebar ke seluruh rumah melalui sirkulasi udara dan ventilasi rumah. Pusat Pengendali dan Pencegahan Bencana Amerika Serikat bilang, sekitar 400 orang meninggal tiap tahun akibat keracunan karbon monoksida secara tidak sengaja.

Kami merujuk pada poin “Pengemudi mobil bisa lalai kalau mereka memarkirkan mobil di garasi tertutup dengan mesin masih menyala”. Jadi kasus ini meng-highlight pada human error alias kesalahan manusia, tapi manusia tersebut menyalahkan manusia lain yang membuat mobilnya. Itu sama seperti anda ketinggalan kereta tapi menyalahkan kepala stasiun karena kereta tidak diberhentikan lebih lama di peron.

tombol-start-suzuki

Cukup langka, tapi kami tak tahu harus berkomentar apa lagi. Sisi positifnya, salah satu kekurangan sistem itu sudah ketahuan dan pabrikan bisa mengerjakan sistem keamanan untuk sistem keyless ignition serupa. Apa ada di antara anda yang pernah mengalami kelalaian yang menyangkut keyless entry atau ignition? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:

Hillarius Satrio Seorang pehobi otomotif yang masih mengunyah bangku kuliah. Sangat menyukai mobil yang bisa lari kencang, khususnya mobil sport Jepang. Sekarang juga sedang menggeluti dunia desain mobil, diawali dengan dunia modifikasi digital atau bisa disebut "Digimods" dan berlanjut ke membuat mobil di aplikasi 3 Dimensi. | twitter: @hillsatrio

  • Raynald

    Bah ini mah bukan salah pembuat mobil nya tpi kesalahan si pengemudi yang teledor buktinya indonesia tidak ada kejadian seperti itu

    • hayasa

      fansboy toyota ga suka kalo merknya dipermasalahkan,dari artikel2 autonetmagz yg lalu2 juga ketauan kalo lu cinta mati ama toyota dan membela mobiil2 toyota mati2an saat dicemooh wkwkwkwk…pake sok bijak lagi ngomongnya…cmiiww

      • Raynald

        Tai, ngomong ga dipikirkan dulu sok tau, mending pkai otaknya dulu ya sebelum ngomong biar ga malu

      • Zakwan Umarella

        lah, gua ga belain TOYOTA doang. gua JUGA BELAIN MEREK LAIN JG. asal lu tau aja bapak gua make suzuki jg, om gua make honda jg, tmn2 gua pd make nissan & honda. dan apa gua benci merk2 lain? engga. gua suka toyota? iya. honda? iya. bmw? apalagi. sebutin ae dah merk yg lu mau sebutin.

        *P.S: haters gonna hate.

    • Zakwan Umarella

      NAHH bener tuh! Main fitnah2 pabrikan aja pdhl kematian tsb adapah hasil dari keteledoran mrk sendiri, bkn kesalahan pabrikan. Btw di indonesia jarang kejadian kek gt mungkin krn di indonesia rata garasi itu di depan/ diluar rumah bkn didalem:v

      • Raynald

        Iya bro memang kesalahan diri sendirii, kalo mau tau sebenarnya orang asia lebih teliti bro daripada orang luar, cuman anehnya gw bilang akibat keteledoran orang malah dibilang gw fansboy, ga jelas kn?

        • Zakwan Umarella

          Yaa maklumilah, karakter orang kan beda beda, mulutnya jg beda beda:v

  • Mas Bejo Wakwaw (penerus bejo)

    Test test test

  • Bambang Rosidy

    Sori nimbrung…pernah ada kejadian seperti itu…kakak saya dokter menggunakan VW Golf MKVII…ketika tiba ditempat praktek pagi hari jam 7 lgsg menuju ruang praktek karena ditunggu pasien, mesin tidak dimatikan, ketahuan setelah selesai praktek jam 12 siang disaat mau pulang…sy rasa karena suara mesin halus jd ada kemungkinan orang gk begitu menyadari klo mesin belum dimatikan…

    • Hillarius Satrio

      buset.. untung nggak ada korban ya

  • deathstalker

    Hmm.. Lebih tepat ibaratnya Anda naik kereta eksekutif, di dalam kereta ada kecopetan. Satu sisi Anda yg teledor tidak menjaga barang bawaan, tapi di sisi lain Anda punya hak menuntut keamanan lebih di dalam kereta.

    • Hillarius Satrio

      nah, iya, ini lebih cocok

      • Erwin

        saya pikir tidak juga,ibarat masinis transit lupa matikan mesin harusnya disurabaya cukup baru sampai yogya abis bahan bakar..+masih jauh dr stasiun.. :P, itu baru efisiensi bahan bakarnya, kalau lihat korban seperti yang mereka ungkapkan rasanya ga ada yang lebih buruk lagi…saya bawa mobil T, saat naik mobil mau pencet start engine, ternyata mobil masih hidup…sy baru sadar berarti saya sebelumnya lupa matikan mesin…padahal saya hampir satu jam tinggalin mobil parkir..pengalaman sebulan lalu dan saya bawa mobil tsb sudah mau 2 tahun..yupp..saya manusia tempatnya lupa ,kalau digarasi + anak saya main disitu???saya jadi berfikir seperti mereka juga..IMHO.

  • siEG

    Selama ini gw blm prnh lalai tp ya jgn sampe soalnya uda kebiasaan mau turun cabut kunci kl skrg mau turun matiin mesin toh tinggal pencet doang cuma bbrpa bulan lalu kejadian sama all new xtrail di juanda mesinya nyala yg punya uda sampe semarang untungnya itu diparkiran luar bkn dlm rumah

  • pescarolo

    Kalo masalahnya ini mah, pake kunci jg sama aja dong. kalo lupa matiin mah ya lupa aja. sama kaya lupa nyabut kunci mobil.
    Tapi memang, sistem secanggih keyless entry yg pake ignition button, menurut saya baiknya punya active proximity sensor. Jadi ga cuma pas mau nyalain aja, tapi kalo si kunci/remote menjauh dengan jarak tertentu dari mobil, si mesin mati. Saya kira itu logika awam buat mobil keyless, tapi trnyata entah kenapa mobil2 Jepang (dan bbrapa mobil Eropa) umumnya ga dilengkapi ini. Jadi kalo ngejauh si mesin ttep nyala.
    Atau minimal, ada suara alarm yg ngasih peringatan saat pintu dibuka dan mesin masih nyala (kebalikan dengan sistem kunci yg bunyi saat pintu dibuka, kunci nyantol, dan mesin mati).
    Walopun faktor manusia lebih penting, tapi kalo ada sistem yg idiotproof bisa jadi poin lebih (khususnya bagian marketing) buat pabrikan mobil.

  • AD1

    kebiasaan mobil dengan kunci atau tanpa start-stop engine,begitu keluar mobil pasti cabut kunci kalo tidak pintu gk bs dikunci biasanya remote tergantung bareng kunci,apalagi beberapa pabrikan kunci+remote jadi satu…sistem start-stop engine harusnya pakai teknologi kalo remote tdk dekat setir maka mesin mobil otomatis mati bila mesin hidup jangan cuma sistem central lock saja dan nyalain mesin yg mengharuskan remote dekat setir.

  • Cak Dri

    Mobil sekarang senyap, nyaris tak terdengar (promosi Panther jaman dulu)…. akan melalaikan para pemiliknya. Mobil sekarang gak perlu dipanasi lama lama cukup 2 menit saja, kemudian matikan…

  • Airlangga Vitradi

    dikirain karena kesalahan sitem atau apalah eh ternyata ini mah soal Human Eror. masa iya abis parkir mobil ditinggal gt aja dengan mesin nyala dan berharap klo remote tidak berada dimobil maka mesin akan mati??? saya pernah membuktikan dengan kejadian yang saya alami, saya pake altis 2013 yang sudah ada keyless entry, waktu itu supir kantor yang bawa dan beralih ke saya, sedangkan remote ada di kantong celana si supir kantor, saya ga tanya apa2 lagi langsung cabut, baru sadar dengan liat indicator “key is not detected” tapi mesin ga mati padahal saya sudah jalan 10 km. jd kesimpulannya mesin ga akan mati sendiri walaupun remote ga ada dideket atau didalam mobil.

  • aditya hadi

    Teknlogi diciptakan untuk meminimalisir human error, bukan sebaliknya — saya pikir semua orang setuju.
    IMO, keyless ignition cenderung membuat user lengah terhadap situasi kendaraannya saat diparkir, karena efek tidak adanya aktifitas fisik (yang memadai) untuk membuat user “ngeh” atau peka.
    Bayangkan ketika penggunanya ibu-ibu yang sibuk sama belanjaan ato lupa karena anaknya nangis trus buru-buru masuk kamar, padahal suara mobilnya sunyi senyap.
    Analogi ketinggalan kereta api menurut saya nggak apple to apple sama kasus ini. Dan, kalo ada ide improvement yang baik, kenapa penulis malah skeptis? Why take the risk? Harusnya penulis bisa lebih bijak.

  • C 200

    Untung mobil ane prius, hehe

  • Shaggy

    Intinya kalo kita lagi hidupin mobil, jangan sampe ga dimatiin, apalagi kalo ngidupinnya di sebuah ruangan tertutup