GIIAS 2024: Kia Luncurkan Kia EV 9 Earth, Apa Bedanya dengan Varian GT?

GIIAS 2024: Kia Luncurkan Kia EV 9 Earth, Apa Bedanya dengan Varian GT?
0  komentar

AutonetMagz.com – Mengambil momentum pameran GIIAS 2024, Kia meluncurkan versi ‘ekonomis’ dari Kia EV 9 yang diberi nama Earth. Versi yang lebih membumi ini menggunakan power train yang lebih ‘sederhana’. Karena bagi sebagian konsumen, powertrain yang ada pada Kia EV9 dirasa terlalu overkill, sehingga agak mubazir bila hanya digunakan untuk kebutuhan dalam kota. Seperti apa bedanya? mari kita bahas lebih lanjut!

Perbedaan Eksterior dan Interior

Kita mulai dari yang terlihat dulu alias eksterior. Varian Earth mengunakan pelek 19 inci two-tone yang dibalut ban berukuran 255/60/R19. Perbedaan juga terlihat pada roof rail berkelir silver, lampu depan berdesain thins lens projection LED, dan absennya panoramic sun roof serta sensor parkir samping. Bagian belakangnya tetap sama dengan varian GT dimana varian ini masih mempertahankan lampu belakang berdesain star map LED, spoiler yang terintegrasi, dan power back door yang bisa diatur ketinggiannya.

Di interior, perbedaan signifikan ada pada bagian tengah. Dimana varian Earth menggunakan jok tengah model bench seat dengan arm rest di tengah. Selain itu, varian Earth juga tidak dilengkapi dengan head up display, pelipatan jok baris ketiga secara elektrik, digital center mirror (hanya elektrokromatik), serta around view monitor (hanya kamera belakang saja) dan sistem tata suaranya bukan besutan Meridian dengan active sound design.

Perbedaan Powertrain

Perbedaan signifikan ada pada powertrain, dimana varian earth menggunakan single motor dengan penggerak belakang. Baterainya mengunakan liquid cooled lithium ion berkapasitas 76,1 kWh. Dengan setup tersebut, ia mampu mengeluarkan daya sebesar 217 ps dengan torsi 350 Nm. Adapun jarak tempuh saat baterai terisi penuh adalah 443 km (WLTP). Untuk harganya, varian ini dibanderol Rp 1.555.000. Berselisih Rp 430 juta dengan varian GT yang dibanderol Rp 1.985.000.

Read Prev:
Read Next: