GIIAS 2019 : Hino Resmikan Dutro Hybrid Untuk Indonesia

GIIAS 2019 : Hino Resmikan Dutro Hybrid Untuk Indonesia
0  komentar

Autonetmagz.com – Perusahaan kendaraan komersial yang sering seliweran di tiap jalan penghubung kota-kota Indonesia ini mulai mengembangkan riset hybrid untuk digunakan dalam produknya pada 1976. Setelahnya lahir kendaraan komersil berteknologi hybrid pertama merekaberupa transit bus yang dijual pada 1991. Sejak saat itu dari 1993 hingga 2003, Hino terus memproduksi medium duty truck termasuk sang Dutro Hybrid. Pada akhirnya dalam gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 pada Kamis (18/07), truk Hino yang sarat akan teknologi ramah lingkungan dan hemat bahan bakar tersebut dibawa oleh PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) untuk diperkenalkan ke publik Tanah Air.

Nilai Utama yang ada pada Hino Dutro Hybrid terbaru ini ada pada dapur pacunya yaitu diesel electric hybrid. Hino mengklaim bahwa konsumsi bahan bakarnya truk hybrid ini dapat menyentuh angka 13,6 km/ltr, karena sistem hybrid-nya akan bekerja saat deselerasi atau dalam keadaan idle. Saat kondisi tersebut sedang berlangsung, maka baterai yang memberikan tenaga kepada motor hybrid akan terisi sehingga membuat pemakaian teknologi hybrid-nya terus bekerja. Imbasnya adalah konsumsi bahan bakar yang berkurang cukup signifikan.

Untuk mesin utamanya Hino Dutro Hybrid ini menggunakan mesin diesel Inline-4 turbochargedintercooler berkode NO4C. Mesin tersebut dibantu HV motor memberikan bantuan daya dorng mesin untuk menghasilkan tenaga yang lebih besar. HV motor ini menggunakan baterai NiMH yang memiliki daya dan kehandalan yang bisa dieprcaya saat berakselerasi. Semua operasional mesin juga diatur dengan PCU yang merupakan gabungan dari ECU, inverter, dan baterai yang mensuport sistem hybrid sang Dutro untuk performa yang dimaksimalkan.

Truk hybrid dari Hino nih gaes, bagaimana dengan harga dan pajaknya ya? Mari kita tunggu lebih lanjut lagi perihal detail tersebut, tapi sembari menunggu yuk isi kolom komentar di bawha dengan opini kalian.

Read Prev:
Read Next: