First Impression Review Nissan Evalia Facelift 2014

by  in Nissan&Review
First Impression Review Nissan Evalia Facelift 2014
0  komentar

Review Nissan New Evalia 2014

Jakarta, AutonetMagz – Nissan Evalia facelift telah mengalami banyak ubahan dari sisi interior yang kini menjadi semakin dewasa dan mewah dibandingkan dengan kompetitornya. Bahkan tidak tanggung-tanggung Nissan memberikan banderol harga Nissan Evalia yang cukup tinggi untuk meninggalkan kelas yang selama ini selalu di bandingkan dengan Suzuki APV Arena dan Daihatsu Luxio. Nissan Evalia kini mengisi kekosongan antara segmen LMPV dan MPV sekelas Kijang Innova. Yuk langsung kita intip.

Nissan Evalia Facelift New Bumper Color

Ubahan eksteriornya bisa dibilang nyaris tidak ada kecuali pada warna bumper baru yang kini bagian bawahnya dibuat sewarna bodi. Dahulu warna hitam dipercayakan sebagai pembeda antara housing foglamp dan lower grille.

Nissan Evalia Facelift New Grille

Pada Review Nissan Evalia facelift kali ini, ubahan lainnya ada pada grille baru yang memiliki warna dasar abu-abu, seperti lower grille, tipe terdahulu memiliki warna hitam.

Nissan Evalia Facelift High Way Star

Kini tipe XV sudah diganti menjadi XV Highway Star, karena sudah dilengkapi dengan jok kulit dan penyempurnaan di beberapa bagian yang membuatnya menjadi lebih mewah. Satu-staunya perbedaan pada bodi belakang hanya pada penambahan emblem Highway Star saja.
New Nissan Evalia Tutup Tempat PenyimpananMasuk ke dalam interior, kita akan disuguhkan nuansa warna baru yang lebih cerah dengan penggunaan warna beige dan jok kulit untuk tipe XV High Way Star. Pada upper storage dan glove box kini sudah dilengkapi dengan penutup yang menjadikan mobil ini terlihat lebih rapih. Rasanya mobil ini nuansanya semakin mewah dibandingkan dengan model sebelumnya.

Nissan Evalia Facelift New Storage Compartment

Sayangnya material dan detailing pada cover penutup glove box dan upper storage kurang begitu baik, terutama pada cover penutup upper storage yang terkesan sangat tipis dan tidak rapi. Dan pada glove box, kita tidak akan menemukan storage rahasia lagi yang dapat ditarik turunkan kebawah pada seperti model sebelumnya.

Nissan Evalia Facelift New Carpet and Seat

Disisi kemudi nyaris tidak ada ubahan kecuali penggunaan jok baru yang memiliki desain lebih nyaman ketika di duduki. Namun driving position tidak ada bedanya, masih van-like seperti model non facelift.

Nissan Evalia Facelift New CarpetNissan Evalia kini sudah dibekali dengan karpet beludru yang halus dan cover plastik pada rangka besi kursi yang membuat interior terlihat lebih rapih. Ini merupakan improvement yang sangat baik dibandingkan dengan model sebelumnya.

Nissan Evalia Facelift Door Trim

Door trim yang digunakan Nissan Evalia 2014 Facelift meskipun tidak dilengkapi dengan bahan kain fabric namun terasa cukup lumayan dengan kombinasi warna baru ini dibandingkan dengan desain sebelumnya, pemilihan motif plastik juga mampu menyamarkan kualitas bahan yang kurang begitu baik dan memberikan kesan yang tidak seperti mobil niaga. Namun ada baiknya dikombinasikan motif fabric agar membuat mobil ini tampak lebih mewah lagi.

Nissan Evalia Facelift New Console Box

Kini Nissan Evalia dilengkapi dengan console box dengan desain unik pada bagian tengah antara kursi pengemudi dan penumpang depan. Bentuknya biasa saja, tapi ukurannya sangat besar meskipun memiliki mekanisme bukaan yang memakan ruang storage.

Nissan Evalia Facelift Console Box Open

Ini gambar console box tengah ketika dibuka, kemana tutupnya ya? Tenang, tutupnya ada pada bagian sebelah kiri yang terbuka menganga, karena letak engselnya dibawah, maka mekanisme membuka console box dengan ditarik ke depan.

Nissan Evalia Facelift New FinishDetailing lain ada pada tombol switch AC yang kini memiliki logo Evalia di atasnya. Head unit yang digunakan belum ada ubahan berarti, masih head unit JVC aftermarket yang memiliki pemutar DVD, MP3, CD serta koneksi AUX dan USB. Pemutar DVD akan disambungkan ke layar 10 inchi yang terletak di atas plafon untuk memberikan tayangan film kepada penumpang tengah dan belakang (untuk tipe XV Highway Star).

Nissan Evalia Facelift Mounted TVDemi mempertahankan layar monitor 10 inchi, Nissan Evalia enggan memberikan AC double blower yang terletak di atas plafon seperti kompetitor. Hal menarik lainnya dari Nissan Evalia ini ada pada bagian belakang kursi depan yang sudah dilengkapi dengan picnic table pada seperti Nissan Serena.

Nissan Evalia Facelift New SeatKursi Nissan Evalia facelift pada bagian tengah sudah dibekali dengan kursi yang cukup mewah, tidak hanya dilengkapi dengan arm rest pada bagian tengah saja, namun pada bagian samping pun sudah dilengkapi, karena pada door trim pintu gesernya tidak diberikan door handle yang sekaligus berfungsi sebagai arm rest.

Nissan Evalia Facelift New Cover

Hal yang luput dari Nissan pada Evalia facelift ini ada pada kaki rangka kursi depan sebelah kanan (pada kursi kiri dan sebelah kiri pada kursi kanan) yang tidak dilengkapi dengan cover plastik seperti kompetitor.

Nissan Evalia Facelift New Seat Leg CoverPada kursi tengah, kaki kursi telah dilengkapi dengan cover plastik yang tidak akan kita temukan pada model sebelum facelift.

Nissan Evalia Facelift New Door TrimMeskipun hanya mengalami ubahan warna saja, kami merasa door trim Nissan Evalia ini menjadi sedikit lebih mewah dibandingkan model sebelumnya.

Nissan Evalia Facelift New Rear SeatKursi belakang juga mendapatkan jok kulit dengan desain senada dengan bagian tengah dan depan. Masih nyaman di duduki dan bisa diatur sandaran kursi serta ketinggian headrest-nya.

Nissan Evalia Facelift New Blower Color

AC belakang yang dinamakan rear blower oleh Nissan ini masih menggunakan detailing dari Nissan Evalia non facelift dengan penggunaan warna abu-abu pada ventilasi dan switch pengatur kecepatan.

New Nissan Evalia Bagasi Belakang

Bagasi belakang tidak ada yang berubah kecuali warna baru dan karpet dasar baru yang mengikuti warna interior.

Dari first impression kami terhadap Nissan Evalia Facelift terbaru ini, kami merasa PT Nissan Motor Indonesia telah banyak berbenah dan mau menerima masukan dari konsumen untuk memberikan unsur-unsur kemewahan pada mobil ini. Bahkan sepertinya jauh sekali dari versi sebelumnya yang memiliki kesan mobil niaga dibandingkan dengan mobil penumpang.

Hanya saja Nissan mematok harga Nissan Evalia Facelift terlalu tinggi hingga 217 juta Rupiah untuk varian transmisi automatic Highway Star. Padahal kompetitornya seperti APV dan Luxio dibanderol dengan harga 180 jutaan untuk varian tertinggi dengan transmisi automatic. Hayo bagaimana menurut masbro sekalian?

Read Prev:
Read Next:
  • Iwan

    Bangku tengah harus dilipat semua ya bila ada penumpang baris ketiga yg mau keluar ?

  • liman

    Gimana dengan jendela pintu tengah pak? apakah masih sama seperti loket karcis di toll …