First Impression Review Kia Morning Indonesia 2014

by  in Kia&Mobil Baru&Nasional
First Impression Review Kia Morning Indonesia 2014
0  komentar

Review ulasan KIA Morning 1.0 IndonesiaJakarta, AutonetMagz – Selasa (20/5) kemarin, PT KIA Mobil Indonesia meluncurkan KIA Morning 1.000 cc 3 silinder yang menjadi varian mobil KIA paling terjangkau di Indonesia saat ini. Mobil ini akan mengisi segmen yang kosong antara mobil LCGC dan city car dengan rentang harga antara 120 hingga 130 juta Rupiah. Dan ya, mobil ini dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau di angka 128 Juta Rupiah. Jika dibandingkan dengan LCGC mungkin akan terasa mahal, namun perlu diingat bahwa mobil ini tidak mendapatkan insentif pengurangan pajak dan diimpor langsung oleh KIA Indonesia dari Korea, jadi KIA Morning bisa dikatakan sebagai mobil CBU (Completely Built Up) paling terjangkau yang ada di pasaran. Yuk kita telusuri apa saja kelebihan dan kekurangannya!

KIA Morning 1.000 cc Indonesia

Secara desain, KIA Morning ini sudah menggunakan desain KIA Picanto facelift global, terlihat dari model bumper dan grille-nya yang baru. Namun sebagai varian paling terjangkau, KIA Morning ini tidak dilengkapi dengan foglamp sebagaimana yang terdapat pada saudara kembarnya, KIA Picanto.

Headlamp detil lampu depan KIA Morning

Meskipun mobil yang sangat terjangkau, KIA Morning tidak mengesampingkan masalah detail, bahan dan pengerjaan, contohnya seperti pada headlamp-nya yang tetap mendapatkan lampu multireflektor dengan detailing yang sangat cantik untuk sebuah city car harga terjangkau, rasanya tidak ada city car yang memiliki model lampu seperti KIA Picanto dan KIA Morning ini.

Kia Morning tampak belakang

Pada bagian belakang, nampaknya mobil ini sama sekali tidak memiliki perbedaan dengan KIA Picanto, kecuali pada emblemnya. KIA Morning tetap memiliki wiper belakang dan reflektor yang terletak di bagian bawah kanan kiri bumpernya. Hanya saja di KIA Morning ini kita tidak akan menemukan high mounted stop lamp seperti pada KIA Picanto.

KIA Morning warna kuning

Dari samping, tampilan mobil ini sebenarnya masih sama saja dengan Picanto, hanya saja KIA Morning tidak dilengkapi dengan velg alumunium atau alloy wheels seperti Picanto, dan sayangnya velg kaleng ini juga tidak ditutupi dengan dop velg. Perbedaan lainnya ada pada lampu sein samping yang terletak di cover spion, juga ikut absen.

Velg KIA Morning

KIA Morning memiliki velg kaleng yang sangat sederhana secara desain, penggunaan warna silver terang membuat mobil ini tampak kurang enak dilihat mata, sebaiknya segera beli dop cover velg dan cat bagian velg ini menggunakan warna hitam. Meskipun begitu, lingkar ban R14 dengan merek Hankook memberikan gengsi tersendiri sebenarnya, ini ban impor loh! Hehehe…

KIA Morning mesin 1000 cc 3 silinder

Buka kap mesin, kita akan menemukan mesin baru dengan kubikasi 1.000 cc 3 silinder, namun sudah dilengkapi dengan teknologi D CVVT dan timing chain agar lebih tahan lama. Tenaganya bisa dibilang sudah cukup dengan angka 69 Ps di putaran 6.200 Rpm, dalam artian mobil ini akan terasa galak di putaran atas. Soal mesin, KIA Indonesia tidak tanggung-tanggung dengan memberikan garansi hingga 5 tahun atau 150.000 Km.

Kap mesin KIA Picanto Morning

Meskipun tergolong mobil murah, pengerjaan mobil ini tidak asal-asalan seperti layaknya mobil LCGC, cat mobil ini tetap dibuat rapi dan penggunaan plat bodi tidak mengikuti tren mobil murah yang menggunakan plat bodi setipis mungkin, bahkan untuk ukuran sebuah mobil kecil, kap mesin Kia Morning terasa cukup berat jika dibuka. Dan menurut press release dari pihak KIA, KIA Morning ini sudah dilengkapi dengan peredaman mesin ke ruang interior sebanyak 3 lapis. Wow, nanti kita lihat saja bagaimana reviewnya ya.

Door trim KIA Morning

Buka pintu KIA Morning, kita akan sedikit dikejutkan dengan penggunaan karet peredam pintu 2 lapis, KIA sepertinya ingin memberikan peredaman yang cukup baik pada mobil ini. Door trimnya masih sama saja seperti KIA Picanto, hanya saja pada KIA Morning, kita akan kehilangan 2 buah tombol power window di pintu bagian belakang. Spionnya pun diatur secara manual melalui tuas kecil dibalik spion.

Dashboard KIA Morning

Dashboardya masih sama persis seperti KIA Picanto facelift, kami nyaris tidak menemukan perbedaan yang berarti kecuali sistem head unit dengan tape model single din dan absennya tipe transmisi Automatic di mobil ini. Meskipun murah, KIA Morning sudah dilengkapi dengan fitur tilt steering.

Speedometer KIA MorningSpeedometer yang digunakan masih sama seperti KIA Picanto, ditambah bonus MID (Multi Information Display) yang sangat informatif dibandingkan dengan mobil-mobil city car lainnya. Penunjuk Rpm mesin juga tidak dihilangkan dan tetap berada di sebelah kiri.

Head unit tape single din KIA Morning

Nah sekarang kita berbicara tentang head unitnya, KIA Morning dilengkapi dengan head unit yang dapat memutar file musik dari USB dan AUX, namun sayangnya kita tidak akan mendapatkan pemutar CD, MP3 atau kaset. Dan pengatur AC-nya sudah dilengkapi dengan tuas pengatur ventilasi udara.

Kia Morning jok

Meskipun tergolong mobil yang sangat terjangkau dari segi harga, KIA tidak menurunkan kualitas material jok dan desainnya. Joknya sangat nyaman diduduki untuk sebuah city car, bahkan lebih nyaman dibandingkan dengan Mitsubishi Mirage yang menurut hasil pengetesan kami terbaik di kelasnya. Material dan jahitan yang digunakan mobil ini sangat baik dengan penggunaan jahitan berwarna kuning.

Karpet Kia MorningKIA Morning juga sudah dilengkapi dengan karpet bludru yang cukup halus seperti mobil-mobil KIA lainnya. Untuk hal ini ternyata pihak KIA Indonesia tidak men-downgrade-nya seperti yang dilakukan oleh produsen-produsen lain kebanyakan.

Kia Morning kursi belakang

Kursi belakang KIA Morning mungkin bukan yang terbesar di kelas city car, dan ukurannya masih sama seperti punya KIA Picanto tanpa ubahan sama sekali. Pada door trim belakang, kita hanya dapat membuka jendela dengan metode putar, tidak dengan power window, tapi window by power. Hehehe….

Bagasi KIA Morning

Bagasinya pun masih sama seperti halnya KIAPicanto, tidak terlalu luas, namun masih accpetable dan terasa jauh lebih lega bila dibandingkan dengan Honda Brio. Rasanya dari segi interior, mobil ini tidak mengalami ubahan signifikan antara KIA Picanto dan KIA Morning.

Kia Picanto Morning

Kesimpulan dari kami, KIA Morning adalah jawaban dari PT KIA Mobil Indonesia untuk merespon pasar LCGC. Disini KIA ingin menunjukan bahwa mengimpor utuh mobil, langsung dari Korea Selatan dan tanpa pengurangan pajak karena insentif dari LCGC-pun KIA dapat menghadirkan mobil dengan harga yang terjangkau.

Namun menurut kami, dari kualitas build quality KIA Morning dan detail-detail yang kami lihat, sebenarnya mobil ini adalah jawaban bagi anda yang meragukan kualitas mobil LCGC, namun memiliki budget terbatas untuk membeli mobil baru. Apalagi KIA Indonesia berani memberikan garansi hingga 5 tahun atau 150.000 kilometer, sehingga kita tidak perlu meragukan kualitas KIA Morning untuk digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Namun mobil ini kurang cocok untuk anda yang suka berpenampilan wah di depan teman-teman anda. Gimana tertarik untuk jadi first car?

Read Prev:
Read Next:
  • Mustofa

    sandaran jok belakang itu terpisah dua seperti picanto ato jadi satu ya?…. apa bisa rata lantai seperti picanto

    • Sandaran jok belakang jadi satu, dan masih bisa rata lantai jika dilipat

  • Kevin

    “KIA Morning dilengkapi dengan head unit yang dapat memutar file musik dari USB dan AUX, namun sayangnya kita tidak akan mendapatkan pemutar CD, MP3 atau kaset” – Ini maksudnya tetap bisa muter MP3 tapi dari USB saja tapi bukan CD MP3, maksudnya itu kan?

    • Ya betul, tidak bisa memutar MP3 maupun CD audio dari CD, karena tidak adanya pemutar CD. Jadi MP3 tetap bisa bisa dimainkan, tapi dari flashdisk.

  • Samuel

    stau gw ban nya 13′ bro..

  • rudi sitompul

    duh velg kaleng
    mana g ada gengsinya

  • Reviewnya Bang Ridwan dong di youtube..

  • Masak sama yg new picanto cmn selisih dikit aj ne? Mending ambil new picanto nya skalian ne 🙁

  • daun

    garansi 5 tahun atau 150.000 kilometer tapi harus servis di beres slama 5 taun juga .. bakalan nguras kantong nih ..

  • anto

    saya pakai kia irit banget bisa 20 km/liter

  • Ryan

    Hari gini, windownya engkol manual, mending brio atau ayla,agya yg power window baris 1 dan 2,buat keamanan power window engkol krg bagus

  • Ryan

    Itu harga beda tipis sama picanto mending picanto