EICMA 2017 : Vespa Elettrica Diperkenalkan, Jarak tempuh 100 km

by  in Berita&EICMA&International
EICMA 2017 : Vespa Elettrica Diperkenalkan, Jarak tempuh 100 km
0  komentar

AutonetMagz.com – Perkembangan dunia otomotif seperti yang sering kami sampaikan memang sedang dilanda isu energi, dan salah satu alternatif solusi termudah adalah mengubah kebiasaan kita untuk menggunakan bahan bakas fosil menjadi tenaga listrik. Dan dari sekian pemberitaan dari EICMA 2017, motor ini menjadi motor bertenaga listrik pertama yang kami angkat, inilah Vespa Elettrica.

Merasa tak asing dengan motor ini? Ya, jelas saja, karena kami memang sudah pernah mengangkat pemberitaan mengenai motor ini. Motor ini sendiri sudah pernah hadir di EICMA tahun lalu, namun kala itu Vespa Elettrica hadir sebagai sebuah motor konsep. Dan setahun berlalu, akhirnya Vespa Elettrica kini sudah siap dipasarkan. Vespa Elettrica mengusung senuah nilai yang menarik, yaitu kemampuannya untuk mengarungi jalan sejauh 100 km untuk sekali pengisian daya, lumayan untuk sebuah motor listrik kan?

Kemampuan ini sendiri didukung oleh baterai lithium ion yang membuatnya mampu menghembuskan tenaga 2kW dengan tenaga puncak mencapai 4kW. Peformanya memang bukan yang terbaik, karena Vespa Elettrica hanya dikatakan superior jika dibandingkan dengan skuter tradisional bertenagakan mesin 50cc. Untuk pengisian daya sendiri, Vespa Elettrica membutuhkan waktu selama 4 jam hingga daya penuh. Dan pengisian ini sendiri bisa dilakukan di rumah ataupun di charging point. Baterai milik Vespa Elettrica sendiri berumur 1.000 cycle alias bisa mencapai 50.000 hingga 70.000km sebelum berganti baterai.

Ya, memang kehadiran Vespa Elettrica hanyalah untuk memenuhi pasar sebagai motor perkotaan saja, kecepatan maksimalnya sendiri hanya dibatasi di 30 km/jam saja. Vespa Elettrica hadir dengan dua mode berkendara, Eco dan Power, namun mode terakhir nampaknya tak akan berbicara banyak. Vespa Elettrica juga hadir dengan teknologi KERS yang bisa melakukan regenerasi energi saat motor melambat. Yang menarik dari motor ini justru pada panel instrumennya yang menggunakan layar 4,3 inci TFT. Sistem di dalamnya bisa terhubung pada smartphone maupun headset bluetooth. Layar ini sendiri akan menampilkan notifikasi dari smartphone bersamaan dengan informasi dari motor, seperti sisa listrik dan kecepatan.

Yang menarik, ada fitur voice command jika kalian menggunakan headset bluetooth. Vespa Elettrica juga diberikan sebuah kompartemen yang didalamnya ada colokan USB-nya, bukan hal baru, namun lumayan. Dan jika kalian merasa jarak tempuh 100km masih cukup pendek untuk berkendara, maka kalian bisa membali Vespa Elettrica X yang memiliki jarak tempuh dua kali lipat, alias 200 km. Namun, varian X ini tak sepenuhnya ramah lingkungan, karena memerlukan bensin untuk memutar generator yang membantu motor berjalan lebih jauh, jadi ya varian Vespa Elettrica X bisa dibilang adalah motor hybrid.

Vespa Elettrica sendiri akan hadir dengan 7 pilihan warna dan juga beberapa aksesoris, khas motor – motor dari Vespa. Belum ada informasi mengenai harga dari Vespa Elettrica, namun dengan peformanya yang mungkin belum bisa dikatakan advance, seharusnya banderol dari Vespa Elettrica tidak terlalu tinggi. Bagaimana menurut kalian? Yuk sampaikan pendapat kalian kawan.

Read Prev:
Read Next: