Daihatsu Maksimalkan Fasilitas Ekspor Pelabuhan Patimban

by  in  Berita & Daihatsu & Merek Mobil
Daihatsu Maksimalkan Fasilitas Ekspor Pelabuhan Patimban
0  komentar

Autonetmagz.com – Sebagai salah satu produsen otomotif dengan kapasitas produksi terbesar di Indonesia, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) turut hadir dan berpartisipasi pada acara Penyerahan pengelolaan (hand over) Terminal Kendaraan Pelabuhan Patimban. Selain itu juga ada seremonial ekspor Perdana Kendaraan di pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat pada Jumat, 17 Desember 2021. Pelabuhan Patimban dibangun oleh konsorsium Jepang, dan Indonesia ini resmi diserahkan pengelolaannya yang sebelumnya dari pemerintah kepada Swasta.

Untuk Meningkatkan Daya Saing Logistik

Seremoni penyerahan pengelolaan ini dilakukan langsung oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. Beliau mengatakan, penyerahan pengelolaan pelabuhan ke pihak swasta bertujuan meningkatkan daya saing logistik nasional. “Lewat dukungan dari swasta nasional, dan Jepang, hal ini dapat meningkatkan indeks logistik nasional. Kolaborasi pelabuhan Patimban dan Tanjung Priok dapat menjadi salah satu basis ekspor kendaraan dalam meningkatkan industri otomotif nasional,” ujarnya dalam acara serah terima pengelolaan Pelabuhan Patimban.

Pada acara peresmian tersebut, pada Pelabuhan Patimban langsung dilakukan kegiatan ekspor perdananya dengan mengekspor lebih dari 1.200 unit kendaraan ke Filipina. Berdasarkan data GAIKINDO (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia), hingga November 2021, ekspor kendaraan roda empat CBU (Completely Built Up), ADM merupakan penyumbang terbesar dengan volume sebanyak lebih dari 108 ribu unit, atau berkontribusi sebesar 40,6% dari total ekspor nasional kendaraan roda empat CBU yang mencapai 267.224 unit.

Apa Sajakah Produk Yang Diekspor

Sebagai informasi, produk ADM diekspor hingga ke 75 negara di dunia. Tidak hanya negara-nagara di kawasan ASEAN, tetapi juga mencakup Asia Selatan, Asia Timur, Timur Tengah, Afrika, bahkan hingga Amerika Latin. Selain untuk brand Daihatsu sendiri, ADM juga memproduksi dan mengekspor untuk brand Toyota, seperti model Toyota Town/Lite Ace (Gran Max), Toyota Avanza, Toyota Rush, Toyota Raize, dan Toyota Wigo; dan Mazda untuk model Bongo (Gran Max). Yang terbanyak diekspor adalah Toyota Wigo (Agya) ke Filipina sebanyak 12.225 unit (AT), kemudian Toyota Town Ace (Gran Max) ke Jepang Sebanyak 9.572 unit (AT), dan Toyota Rush ke Arab Saudi Sebanyak 7.851 unit.

Partisipasi ini merupakan bentuk dukungan dan peluang bagi Daihatsu untuk mendukung kegiatan ekspor secara maksimal di pelabuhan Patimban dalam meningkatkan industri otomotif nasional, sekaligus devisa negara.,” ujar Johan, selaku Export Import Division Head dari PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Read Prev:
Read Next: