Dacia akan Masuk ke Rally Dakar 2025 Mendatang!

by  in  Berita & International & Merek Mobil
Dacia akan Masuk ke Rally Dakar 2025 Mendatang!
0  komentar

AutonetMagz.com – Dacia mengumumkan bahwa mulai tahun 2025 mendatang, mereka akan berkompetisi di World Rally-Raid Championship dan memasuki Reli Dakar dengan rekanan Prodrive. Prototipe Dacia yang digunakan untuk balapan pasir ini masih belum diketahui dan nantinya akan bersaing di kategori T1+. Sebastian Loeb, sebagai salah satu legenda dari WRC yang nanti akan menjadi orang yang berperan di balik kemudinya.

Pakai Bahan Bakar Sintetis

Menganai mobilnya, Dacia belum mengungkapkan informasi apapun tentang mobil yang nantinya akan digunakan untuk reli tersebut. Mereka hanya menggambarkannya sebagai prototipe mobil berpenggerak 4 roda yang dikembangkan untuk kondisi paling ekstrem. Kemungkinan dari sisi styling akan mengambil inspirasi dari Manifesto concept. Selain itu, ajang ini juga bisa berfungsi sebagai iklan terselubung untuk SUV Duster atau Bigster generasi berikutnya.

Karena ini merupakan keterlibatan pertamanya dengan Rally Raid, Dacia akan mengandalkan keahlian dari Renault Group untuk bekerja sama dengan Prodrive. Fase pengujian prototipe akan dimulai pada 2024 di Rallye du Maroc. Yang menarik, Dacia akan menggunakan bahan bakar sintetis yang dipasok oleh Aramco. Bisa dibilang, mereka menggunakan Dakar sebagai lahan untuk menguji bahan bakar ramah lingkungan yang terbuat dari hidrogen terbarukan dan CO2 tersebut.

Pebalap dan Partner

Sedangkan untuk pebalapnya, Sebastian Loeb yang pernah juara WRC 9 kali sudah tidak asing dengan Dakar. Pembalap asal Prancis itu berkompetisi dengan Peugeot antara 2016 dan 2019, sebelum di Prodrive pada 2021 dan 2023. Hasil terbaiknya adalah posisi kedua secara keseluruhan diraih pada 2017, 2022. Sementara pembalap kedua, Cristina Gutiérrez Herrero, adalah juara reli segala medan dari Spanyol. Pernah mengikuti setiap Reli Dakar sejak 2017 dan dialah pembalap wanita pertama yang menembus garis finish.

Selama hampir 40 tahun, Prodrive telah menjadi salah satu pemain utama dalam motorsport, sehingga bisa nge-push suatu brand untuk memenangkan berbagai kejuaraan internasional. Prodrive telah terlibat dalam Reli Dakar dan Rally-Raid sejak tahun 2020. Mereka turut ambil bagian dalam tiga reli Dakar terakhir dengan mobil yang dirancang dan dikelola oleh timnya sendiri. Pada tahun 2022 dan 2023 bersama Sébastien Loeb, yang kini menjadi bagian dari tim Dacia baru, mereka berhasil meraih posisi kedua secara keseluruhan

Read Prev:
Read Next: