Chery OMODA 3 : Versi Rebadge Tiggo 3X Sekaligus Adik Omoda 5

by  in  Berita & Cherry & International
Chery OMODA 3 : Versi Rebadge Tiggo 3X Sekaligus Adik Omoda 5
0  komentar

AutonetMagz.com – Dalam lawatan kami ke China pada bulan April kemarin, tim AutonetMagz mendapatkan banyak informasi dan insight yang penting mengenai produk-produk Chery untuk pasar global. Salah satunya adalah produk Chery dari keluarga OMODA, sebuah subbrand crossover fashionable dari Chery. Seperti yang kita ketahui bersama, saat ini kita sudah mendapatkan sosok Chery OMODA 5 di Indonesia. Dan kami mendapatkan informasi terbaru terkait adik dari OMODA 5 yaitu OMODA 3. Bahkan, sudah ada foto-foto aslinya. Yuk kita bahas.

Chery OMODA 3 Muncul Ke Permukaan

Mengutip foto dari AutoHome, sebenarnya kami agak tak asing dengan sosok Chery OMODA 3. Kalau diingat-ingat lagi, kami pernah mengunggah foto spyshot-nya di akun Instagram AutonetMagz beberapa bulan lalu. Nah, kala itu, kami berpikir mobil ini adalah versi terbaru dari Chery Tiggo 3x, dan tebakan kami sebenarnya tidak salah. Mobil ini adalah Chery Tiggo 3x terbaru, tapi juga sekaligus Chery OMODA 3. Yap, kedua produk ini merujuk pada model yang cukup identik, walaupun tentunya masih ada sejumlah aspek yang berbeda dari Tiggo series dan OMODA series. Oke, kita bahas dahulu desain eksteriornya.

DI bagian depan, terlihat Chery OMODA 3 menggunakan lampu dengan model bertingkat seperti sang kakak. Di bagian atas terdapat lampu sipit yang menempel dengan grille yang kami duga adalah LED DRL dan sein. Oiya, di lampu bagian dalam LED DRL ini nampak membentuk ornamen mengotak yang mengingatkan kami pada LED DRL milik JAECOO 7. Grille-nya berukuran besar dengan model mengotak yang diberi pemanis berupa garis-garis krom. Sedikit berbeda dengan konsep grille milik Chery OMODA 5 yang kita kenal. Sedangkan lampu utamanya ada di posisi agak bawah dan terpisah. Oiya, mika lampunya nampak seperti diberi smoke sehingga orang awam bisa tertipu bahwa bagian tersebut adalah lampu.

Depan & Samping Cakep, Tapi…

Di bagian tengah bumper depannya diberi lis berwarna orange yang nampaknya untuk memberikan kesan sporty. Sedangkan logo Chery-nya masih menggunakan model lama, bukan versi flat seperti Chery Tiggo 8 Pro Max. Pindah ke sisi samping, Chery OMODA 3 memiliki ornamen orange yang lebih banyak di bagian ini, lagi-lagi, seperti sang kakak. Ornamen orange ada di roof rail, Side body moulding dan fender depan belakang. Masih ada body cladding hitam ala crossover dan velg dual tone yang menurut kami ukurannya masih cukup pas. Oiya, spion, pilar A, dan atap Chery OMODA 3 diberi laburan warna hitam sehingga menimbulkan kesan ala floating roof. Pindah ke bagian belakang, dan disinilah antiklimaks malah terjadi menurut kami.

Chery OMODA 3 masih menggunakan desain ala Chery Tiggo 3x lawas dengan lampu yang dibuat menyambung dan emblem OMODA di bagian tengah. Sebenarnya, bagian depan dan samping sudah cukup manis dan modern khas OMODA, namun bagian belakangnya membuat tampilannya agak kurang. Ada ornamen silver berukuran cukup besar di bumper belakangnya, aksen knalpot yang kami curigai adalah knalpot palsu, rear spoiler berwarna hitam yang keren, dan emblem OMODA 3. Secara umum, tampilan depan, samping, dan belakang dari Chery OMODA 3 masih sama plek dengan Chery Tiggo 3x Fashion Edition yang dijual di China. Lantas, apakah yang berubah hanya emblem? Tenang, enggak kok.

Interior Baru, Beda Dengan Tiggo 3x

Disinilah bagian pintarnya Chery, dimana mereka cukup niat untuk mengubah interior dari Chery Tiggo 3x supaya bergaya ala OMODA Series. Dashboard Chery OMODA 3 nampak berbeda total ketimbang Chery Tiggo 3x, dan harus diakui lebih modern dan elegan. Perpaduan warna gelap, putih, dan birunya memang sangat khas OMODA series. Apalagi kalau kalian lihat desain layar sistem infotainmentnya yang juga mirip dengan Chery OMODA 5. Hanya saja, yang agak mengganjal adalah desain panel instrumennya yang tidak dibuat menyambung dengan layar sistem infotainmentnya. Membuat perpaduan keduanya terasa agak nanggung. Setir yang digunakan pun masih identik dengan setir dari Chery Tiggo 3x.

Sedangkan panel instrumennya menggunakan model yang sama plek dengan milik Tiggo 4 Pro ataupun Tiggo 7 Pro. Kabar baiknya, kontroler AC terlihat modern dan masih memiliki tombol fisik, detail penting yang sangat kami apresiasi. Tuas transmisinya berukuran agak besar kalau kita bandingkan dengan SUV Chery lainnya, dan bentuknya tentunya berbeda dengan sang kakak. Alhasil, tak ada konsol tengah ‘berlubang’ yang selama ini identik dengan SUV Chery di mobil ini. Sementara ini, hanya itu informasi mengenai Chery OMODA 3 yang bisa kami dapatkan. Nampaknya, Chery OMODA 3 bisa jadi menggunakan opsi mesin 1.500cc n/a dengan transmisi CVT yang sama dengan kembarannya.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: