Celerio : City Car Baru Suzuki 1.000 cc

Celerio : City Car Baru Suzuki 1.000 cc
0  komentar

City car Suzuki Celerio 1.000 ccImage from Motorbeam.com

AutonetMagz – Masih ingat ketika awal Desember tahun lalu, Suzuki memperkenalkan city car yang masih dalam bentuk konsep, yaitu Suzuki A-Wind yang ditampilkan di ajang Thailand International Motor Expo 2013. Rupanya hanya dalam hitungan waktu satu bulan saja, mobil konsep tersebut telah diwujudkan oleh Suzuki ke dalam versi produksi yang diberi nama Suzuki Celerio. Biasanya sebuah mobil konsep dapat dibuat ke versi produksi massal dibutuhkan waktu minimal satu tahun bahkan lebih. Tapi tidak untuk Maruti Suzuki India ini, rupanya mereka ingin segera merealisasikan mobil konsep yang ditampilkan bulan lalu.

Suzuki Celerio ini adalah nama lain dari Suzuki Alto atau Suzuki A-Star. Di India mobil-mobil kecil seperti ini cukup laku di pasaran, sama seperti Indonesia. Ternyata konsep Suzuki A-Wind ini dibuat untuk melanjutkan seri Suzuki Alto atau Celerio. Dan baru-baru ini penampakan Suzuki Celerio ini muncul di salah satu sirkuit internasional disana. Foto yang diambil oleh MotorBeam ini memperlihatkan city car baru Suzuki tersebut sedang melakukan pengetesan. Ini merupakan line-up tertinggi, terlihat dari emblem ‘ZXi’ pada pintu bagasi belakang.

Tampilan Suzuki Celerio ini benar-benar mirip Suzuki A-Wind concept, terlihat dari bentuk grille dengan dua bilah chrome garnish serta headlamp nya yang besar, lubang angin pada bumper pun besar, namun hadir lebih proporsional dengan desain yang menurut kami lebih baik dari versi konsepnya. Menengok ke bagian belakang kita akan teringat pada bokong Suzuki Swift tapi dengan bentuk yang lebih tegak. Desain bumpernya sedikit masih menyisakan ciri bumper Suzuki A-Star, beda dengan bumper versi konsepnya yang sangat sporty dengan difusser yang besar.

Suzuki Celerio 2014

Belum ada foto interiornya. Namun Motorbeam melaporkan bahwa Suzuki Celerio ini akan menggunakan mesin 3 silinder, 1.0-liter K-Series, mesin yang sama pada seri Alto/A-Star sebelumnya yang dapat mengeluarkan tenaga sebesar 68 PS dan torsi 90 Nm. Uniknya mobil ini didukung transmisi baru Automated Manual Transmission (AMT) hasil pengembangan Suzuki yang diberi nama ‘EZ Drive’. Cara kerja AMT ini adalah layaknya transmisi manual pada tuas persneling, tapi tanpa ada pedal kopling. Jadi kinerja transmisi layaknya mobil matic pada umumnya, namun driving feel dari pengemudi layaknya menggunakan mobil manual, karena kita masih tetap memindah-mindahkan gigi persneling.

Suzuki mengklaim, model transmisi seperti ini akan lebih menghemat konsumsi bahan bakar (bisa hingga 20,2 Km/liter) daripada penggunaan transmisi manual sekalipun, namun ongkos produksi gearbox bisa lebih murah dari transmisi automatic konvensional yang selama ini kita kenal. Selain itu pengemudi jadi tidak terlalu stress karena lepas injak pedal kopling di kemacetan.

City car baru dari Suzuki ini akan memulai debut perdananya pada India Auto Expo bulan depan. Kalau menurut kami sih, Celerio ini lebih pas untuk jadi mobil LCGC Suzuki di Indonesia 😀

Read Prev:
Read Next: