Bus Gandeng ala TransJakarta Lepas, kok Bisa?

by  in International
0  komentar

AutonetMagz.com – Baru – baru ini terjadi insiden yang cukup mengerikan di Brazil, tepatnya di Palhoca. Bagian depan dari bus gandeng yang memiliki sendi diantara dek depan dan belakang seolah patah dan meninggalkan bagian belakang dari bus tersebut. 

Hal ini sontak membuat penumpang di dalamnya berteriak histeris dan ingin segera keluar. Adalah salah satu penumpang yang merasakan kejanggalan dari bus yang ia tumpangi, selanjutnya ia memutuskan untuk merekam apa yang ia rasakan sampai – sampai kejadian tidak menyenangkan tersebut terjadi.

Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini namun kejadian ini cukup membuat catatan buruk darlam moda transportasi bus, pasalnya banyak kota di dunia yang memakai articulatingbus atau bus yang memiliki sambungan seperti alat musik akordion ini.

Moda transportasi ini dianggap lebih efisien dipakai di dalam perkotaan ketimbang bus double-decker dan sebagai contoh, Jakarta juga memiliki banyak unit yang memiliki sistem seperti ini, baik Bus TransJakarta lama maupun baru. Kami pun sebenarnya belum mengetahui apakah konstruksi bus yang rusak tersebut memiliki mesin di bagian paling belakang atau di tengah.

Secara desain sebenarnya kontruksi ‘sendi’ bus ini aman. Belum ada investigasi lebih lanjut mengapa hal ini bisa terjadi, semoga saja berita cepat tersebar jika terjadi defek fatal yang dapat melanda di seluruh dunia. Melihat kejadian ini, apakah kalian jadi parno naik Bus TransJakarta? Lihat video diatas untuk lebih jelasnya ya, apabila punya masukan untuk bus perkotaan, silahkan sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: