Borgward Perkenalkan BX6 Crossover Coupe

Borgward Perkenalkan BX6 Crossover Coupe
0  komentar

AutonetMagz.com – Siapa yang tahu merk Borgward? Mungkin beberapa dari kalian yang mendengar sebuah merk yang asing akan menjustifikasi bahwa merk tersebut adalah merk asal China, dan di kasus Borgward ini bisa benar, namun bisa juga salah. Nah, yuk kita bahas merk Borgward ini dan juga dua produk terbaru mereka yang baru saja mereka perkenalkan.

Oke, kita menilik sejarah sebentar, dimana Borgward sendiri adalah merk lawas yang didirikan oleh Carl F. W. Borgward di Bremen, Jeman sekitar tahun 1890. Borgward sendiri sempat berjaya karena punya beberapa merk satelit lain seperti Hansa, Goliath dan Lloyd. Salah satu produk Borgward yang terkenal adalah Borgward Isabella yang terkenal di Jerman pada sekitar tahun 1950-an. Nah, sayangnya, pabrikan asal Jerman ini harus menghentikan operasionalnya pada tahun 1961 pasca bermasalah. Sekian lama mati suri, Borgward kembali hadir, namun kini merk Borgward tak hanya hadir sebagai merk asli Jerman saja. Bangkitnya Borgward di prakasai oleh Christian Borgward, cucu dari Carl Borgward, dan Karlheinz L. Knöss dimana merk ini pertama hadir di 2008 dan berpusat di Lucerne, Swiss.

Seiring berjalannya waktu, Borgward AG sendiri berpindah pusat dari Swiss ke Jerman, lebih tepatnya di Stuttgart. Borgward AG sendiri memiliki pusat desain di Stuttgart, namun produksi dan pemasaran produk ini justru berada di China. Kok bisa? Jelas, karena Borgward AG mendapatkan suntkan investasi dari pihak China yaitu Beiqi Foton Motor. Tak asing dengan nama Foton? Yap, Beiqi Foton Motor adalah anak perusahaan dari BAIC alias Beijing Automotive Group, dan mereka sendiri memproduksi SUV dari Borgward di China dan menjualnya disana, bahkan mereka pun berniat untuk segera go international. Oiya, Foton sendiri adalah merk China yang menjual truk dan pikap di Indonesia, dan dinaungi oleh Indomobil, jadi merk tersebut setidaknya pernah kita dengar.

Oke, cukup dengan sejarahnya, kita move on ke masa sekarang, dimana Borgward baru saja merilis dua produk baru mereka. Produk pertama adalah sebuah crossover coupe, yap, kalian tak salah baca, yang diberi nama Borgward BX6. Borgward BX6 sendiri sebenarnya punya wajah yang seperti gabungan Audi dan BMW, dan hal ini wajar, karena Borgward AG mengakui bahwa mobil ini terinspirasi dari BMW X4. Grille mobil ini sendiri nampak senada dengan grille BMW, yang membuatnya juga menjadi mirip Suzuki SX4 S-Cross facelift. Jika desain depannya cukup cakep walaupun mirip mobil lain, maka desain belakang dan samping akan membuat anda memalingkan muka. Yap, desainnya terkesan aneh dan cenderung ‘maksa’.

Overall, pihak Borgward menargetkan pangsa pasar dari Borgward BX6 ini adalah untuk kaum muda dengan tema Personalized Look & Aerodynamic Optimization. Namun satu hal yang menarik justru datang dari buritannya, dimana mobil ini menggunakan dual exhaust. Berbeda dengan sisi eksterior, justru sisi interiornya hadir dengan banyak hal positif. Menggunakan setir yang sporty, lalu bahan kulit dan juga beberapa material kayu membuat interior dari Borgward BX6 ini terasa elegan namun tetap modern dan sporty. Kursi pengemudinya juga punya pengaturan elektrik 10 arah, dan mobil ini sudah menggunakan start stop button. Sebuah AC dengan fitur dual zone climate control juga hadir menemani sistem infotainment dengan bentuk kekinian yang punya bentang layar delapan inci.

Nah, untuk urusan mesin, Borgward BX6 mengandalkan mesin 2.000cc Turbo bertenaga 224 PS dan bertorsi 300 Nm. Mesin tersebut dipadu padankan dengan transmisi otomatis 6 percepatan yang masih didukung dengan sistem gerak AWD. Borgward BX6 mengklaim bahwa sistem AWD-nya mampu mendeteksi selip dan bereaksi pada kondisi tersebut hanya dalam 0.12 detik saja. Untuk urusan konsumsi bahan bakar, pihak pabrikan mengklaim Borgward BX6 mampu mencatatkan angka 14 km/liter. Borgward BX6 juga akan diluncurkan di Amerika Selatan dan juga Timur tengah pada tahun ini, dan akan menyapa pasar ASEAN pada awal 2019. Wah, apakah Indonesia juga menjadi sasaran Borgward? Kita tunggu saja. Berhubung artikel ini sudah terlampau panjang, kita akan bahas produk kedua yaitu Borgward BXi7 pada artikel terpisah. Nah, sekarang kalau menurut kalian bagaimana?

Read Prev:
Read Next: