Volkswagen Scirocco Resmi Dihentikan Produksinya

by  in  Berita & International & Merek Mobil
Volkswagen Scirocco Resmi Dihentikan Produksinya
0  komentar

AutonetMagz.com – Volkswagen Scirocco merupakan salah satu mobil eksotis yang dimiliki oleh pabrikan asal Jerman ini selain Volkswagen Beetle. Meluncur di Geneva Motor Show 2008 lalu, Volkswagen Scirocco harus tutup usia setelah 9 tahun berpetualang di kerasnya pasar otomotif global.

Ya, masalahnya tak lain dan tak bukan karena cukup rendahnya penjualan dari Volkswagen Scirocco. Sebenarnya setahun setelah diperkenalkan secara global, Volkswagen Scirocco sempat meraih penjualan yang mengesankan, yaitu 45.248 unit dalam setahun. Angka itu sendiri merupakan rekor penjualan Volkswagen Scirocco yang tak pernah bisa diulang hingga disuntik matinya Volkswagen Scirocco. Sejak tahun 2009, penjualan Volkswagen Scirocco berangsur – angsur menurun, bahkan tahun lalu Volkswagen Scirocco hanya laku 10.752 unit di Eropa.

Sebenarnya jika dilihat – lihat lagi, tak ada yang salah dengan Volkswagen Scirocco. Tampang? Menarik sekali, bahkan cenderung eksotis. Mesin? Cukup bertenaga juga dengan unit mesin berkubikasi 2.000cc Turbo yang memiliki keluaran tenaga maksimal 200 PS dengan torsi maksimal di angka 350 Nm. Bahkan sempat ada pula Volkswagen Scirocco yang digarap oleh Divisi R VW, yaitu Volkswagen Scirocco R dengan tenaga maksimal 280 PS yang mampu berlari dari keadaan diam hingga 100 km/jam hanya dalam 5,5 detik saja.

Lalu mengapa penjualannya tak bisa memuaskan? Bisa jadi karena mobil ini ada di bawah bayang – bayang Volkswagen Golf yang secara practicality lebih unggul. Namun jangan dulu berpikiran buruk pada Volkswagen, memang Volkswagen Scirocco telah resmi dihentikan produksinya, namun ada kabar bahwa akan ada generasi penerus dari Volkswagen Scirocco di masa depan, setidaknya tak seperti Volkswagen Scirocco MK1 yang sempat berhenti produksi cukup lama. Volkswagen digosipkan sedang menyiapkan Volkswagen Scirocco terbaru dengan basis dari MEB platform.

Dan jika hal ini benar, maka Volkswagen Scirocco akan bangkit kembali sebagai sosok yang berbeda. Ya, Volkswagen Scirocco akan menjadi mobil listrik, dan dikabarkan mobil ini sendiri akan memiliki kemampuan tempuh sejauh 322km hingga 603 km. Dan tak seperti generasi yang saat ini, Volkswagen Scirocco nantinya diperkirakan akan lebih merakyat dengan adanya varian entry level bertenaga 170 hp. Namun untuk para penggila kecepatan, varian R dari Volkswagen Scirocco dikabarkan juga akan hadir dengan ledakan peforma hingga 300 hp. Bagaimana menurut kalian kawan??? Yuk sampaikan pendapat kalian.

Read Prev:
Read Next: