BMW Garap Serius Mesin Diesel Dengan 4 Turbo Bertorsi 800 Nm!

by  in Berita&BMW&Hi-Tech
BMW Garap Serius Mesin Diesel Dengan 4 Turbo Bertorsi 800 Nm!
0  komentar
mesin-diesel-bmw-m-performance

AutonetMagz.com – Dulu, untuk menyiasati turbo lag, pabrikan mobil mengandalkan konfigurasi twin turbo dengan mengandalkan 1 turbo kecil dan 1 turbo besar pada mesinnya. Makin hari teknologi makin canggih, maka kini twin turbo sudah berkembang lagi jadi 3 turbo, dan bahkan 4 turbo. Tercatat, mobil standar yang pernah pakai 4 turbo adalah Bugatti Veyron, tapi besok BMW juga bakal bermesin quad-turbocharged lho. Keren!

Mesin yang sedang kita bahas ini adalah mesin diesel berkode B57 TOP, dengan spesifikasi 3.000 cc 6 silinder 4 turbo dengan hasil yang tergolong gila, yakni tenaga sekitar 408 hp dan torsi 800 Nm. Sekedar info, torsi 800 Nm sama dengan musuh bebuyutan BMW, yakni Mercedes Benz E63 AMG yang bermesin V8 twin turbo, tapi BMW bisa meraihnya dengan ukuran mesin yang lebih kecil karena BMW memakai mesin diesel yang torsinya memang unggul dibanding mesin bensin.

bmw-m550d-xdrive

BMW merancang mesin ini untuk menggantikan mesin diesel 3 turbo lamanya yang bisa ditemui di model-model BMW M Performance semisal BMW M550d xDrive. Jika BMW mau meniru langkah Audi yang sudah menyiapkan satu set electric turbocharger untuk mesin baru mereka, sudah pasti persaingan teknologi “Vorsprung Durch Technik” dan “The Ultimate Driving Machine” akan memanas. Itu kalau BMW mau pakai lho ya, belum tahu mereka tertarik atau tidak.

Kalau sudah selesai, mesin ini hanya akan dipasang pada mobil-mobil BMW M Performance, semisal M550d xDrive, X5 M50d, X6 M50d, 750d terbaru dan X7 yang sampai sekarang masih berwujud gosip belaka. Mesin yang punya 4 rumah keong ini diklaim akan punya akselerasi yang lebih spontan, rentang torsi lebih lebar di setiap putaran mesin dan konsumsi BBM yang lebih irit.

bmw-x6-m50d

Mantap ya mesin diesel modern masa kini, bisa membuat torsi sebesar itu dan punya konstruksi 4 turbo seperti hypercar Bugatti Veyron. Nggak kebayang, dengan torsi sebesar itu mungkin bisa membuat sedan BMW menderek truk molen dengan gampang. Apa opinimu mengenai mesin gila dari BMW ini? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • Ivanova

    Luar biasaa!!
    Eranya kebangkitan mesin diesel nih…

  • Ivanova

    Luar biasaa!!
    Eranya kebangkitan mesin diesel nih…

  • ap88

    kalo gue sih vorsprung durch technik dan the best or nothing aja deh

  • Andy

    Kalau dipakai narik truk molen sih koplingnya yg jebol.

  • Boris Metheny

    Beda bro konsep 4 turbo bmw yang dimaksud sama 4 turbo bugatti disini. Klo 4 turbonya bmw tujuannya supaya semua torsi bisa maksimal di hampir seluruh rpm. Tapi kalo bugatti punya tujuannya supaya mendapatkan power sebesar2nya. Lebih jelasnya lagi klo bugatti turbonya ada 4 dan kembar. Sedangkan bmw punya dia ada 4 turbo dengan 4 variasi ukuran seperti yang mereka konsepkan di tri-turbo nya mereka. Jadi, tidak bisa sepenuhnya dibilang ‘quad-turbocharged’.

    Mohon jika ada masbro yang lebih faham bisa berkomentar hehe
    Salam petrolheads

    • Hillarius Satrio

      okesip, makasih penjelasannya

      di sini gw mau nge-highlight “jumlah turbonya” sih, bukan soal bagaimana cara kerjanya.. hehe