Berapa Harga Mobil LCGC Jika Dikenakan Pajak : Studi Kasus Toyota Agya

by  in Nasional
Berapa Harga Mobil LCGC Jika Dikenakan Pajak : Studi Kasus Toyota Agya
0  komentar

Daihatsu Ayla tipe tertinggi

Jakarta, AutonetMagz – Kita semua tahu pasti bahwa harga mobil LCGC (Low Cost Green Car) bisa menjadi murah karena penghapusan pajak harga beli untuk mendukung rakyat miskin agar punya mobil, bukan sembako, eh… Tapi kali ini kita tidak akan membahas pro kontra kebijakann LCGC secara politis, namun secara harga jual jika mobil tersebut dijual dengan pajak yang sama dengan mobil lainnya.

Menurut data Asia Nusa, pajak penjualan kendaraan yang terdiri dari PPn dan PPnBM sebesar 30% dari nilai harga sebuah produk. Jadi misalnya mobil dengan harga 200 juta, setelah dikenai pajak harganya menjadi 260 juta Rupiah yang tercantum pada pricelist.

Nah, mudah saja menghitung pajak mobil LCGC ini sebenarnya, jika Toyota Agya dijual dengan harga 99.9 Juta Rupiah untuk tipe E manual, agar mudah kita bulatkan saja menjadi 100 juta, maka akan kita dapatkan harga mobil ini sebesar 130 Juta Rupiah atau lebih murah sedikit dibandingkan Toyota Etios Valco dan Mitsubishi Mirage tipe terendah.

Nah untuk varian Toyota Agya TRD S AT yang dibanderol dengan harga 120.75 Juta Rupiah, kita bulatkan saja menjadi 120 Juta sehingga jika di kali 30% menjadi 36 Juta Rupiah. Nah bayangkan jika harga mobil ini ditotal dengan pajak, harganya sudah menyentuh 156 Juta Rupiah, Fantastis!

Namun harga tersebut hanyalah harga dasar, bukan harga marketing. Apa tuh harga marketing? Jadi begini, mobil LCGC dijual tanpa diskon sama sekali karena regulasi pemerintah (meskipun di lapangan kita belum cek apakah benar ada diskon). Sehingga jika mobil tersebut dijual dengan pajak tanpa upping harga untuk membuat gap diskon, harganya akan sama persis dengan hitungan diatas.

Hari gini nggak mungkin dong beli mobil tanpa diskon? Nah, jika Toyota Agya diberikan diskon yang sama dengan mobil-mobil lainnya. Maka positioning price-nya harus dinaikan ke jumlah diskon maksimal. Contohnya gini, misalnya Agya non LCGC dijual dengan harga 130 juta, jika Toyota ingin diskon maksimal 10 juta, tentunya harganya naik menjadi 140 juta dengan tawaran diskon 10 juta Rupiah. Tapi ingat, meskipun gap harga diskon sudah ditampilkan, tetap saja tawaran diskon bergantung pada supply and demand.

Nah kira-kira jika Toyota Agya TRD S AT dihargai 186 Juta tapi ditambah diskon 30 Juta kira-kira masbro sekalian mau beli nggak ya? Biasanya kan kita suka tertarik dengan embel-embel ‘diskon’ atau ‘cashback’. Hehehe… 😀

Read Prev:
Read Next:
  • zaztin

    150juta buat mobil kayak gitu kualitasnya, gk banget~
    100juta aja masih kemahalan~

    • Buat zaztin…kayak lu insinyur mesin aja bilang kek gitu. Emang lu miskin aja kali…mo mobil murah bajaj aja tuh.