Bagaimana Cara Merawat Keyless Agar Tetap Aman? Ini Tipsnya!

by  in  Berita & Nasional & Tips
Bagaimana Cara Merawat Keyless Agar Tetap Aman? Ini Tipsnya!
0  komentar

AutonetMagz.com – Seiring berkembangnya teknologi, kebanyakan sepeda motor keluaran terbaru kini sudah tidak menggunakan kunci konvensional lagi. Dengan adanya sistem keyless, anda cukup mengantongi kunci remote jika ingin menghidupkan mesin. Tak perlu memasukkan anak kunci lagi ke lubang kunci. Fitur keyless ini sekarang sudah banyak diterapkan bahkan di motor entry level sekalipun seperti Yamaha Freego.

Kelebihan Smart Key System

Smart Key juga dapat menambah keamanan pada motor, karena memudahkan pengendara motor yang sering lupa melepas kunci pada motornya. Para pengendara motor yang sering kelupaan mencari motor juga akan lebih mudah untuk mencari motornya karena dilengkapi dengan Answer Back System. Khusus Yamaha, Answer Back System terdapat 2 setelan yakni ‘bip’ dengan suara dan kedipan lampu sein serta ‘silence’ tanpa suara (hanya lampu sein).

Teknologi Smart Key System yang canggih ini dapat memberikan keamanan pada sepeda motor yang digunakan, kami himbau untuk para pengendara juga dapat merawat dengan baik agar dapat awet digunakan serta bisa mendapatkan performa yang maksimal dari teknologi ini” Ungkap Ilham Wahyudi, selaku General Manager Service dari Yamaha STSJ.  

Ini Tipsnya!

Melihat kecanggihan dan kepraktisannya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kunci remote (keyless) ini awet dan dapat dimanfaatkan lebih optimal. Beberapa tips yang bisa dilakukan diantaranya:

1. Pastikan apabila menekan knob selalu saat kunci berada didekat motor. Jika menekan knob secara paksa dan posisi kunci remote jauh dari motor, maka akan menyebabkan kerusakan pada mekanisme kunci motor.

2. Kunci remote harus selalu dalam kondisi kering dan tidak terendam air. Meskipun sudah dilengkapi seal anti air, apabila kunci remote terjatuh dan kemasukan air dikhawatirkan akan menyebabkan hubungan arus pendek.

3. Penyimpanan kunci remote harus dijauhkan dengan radiasi elektromagnetik seperti ponsel, televisi dan benda lain yang sejenis. Hal itu dikhawatirkan dapat menganggu sinyal pada kunci remote

4. Saat mematikan motor, jangan lupa tekan tombol off pada knob. Sebab, apabila knob dibiarkan menyala akan menguras penggunaan penggunaan aki.

5. Apabila kondisi radius remote dengan motor terlalu pendek, maka segera ganti baterai pada remote.

6. Jangan menyimpan remote di bagasi atau penyimpanan yang ada pada motor. Karena hal itu bisa memicu terjadinya kehilangan motor.

7. Selalu ingat dan jaga ID Key, hal ini dapat dirahasiakan oleh pemilik motor untuk menjaga keamanan serta dapat membantu apabila kehilangan kunci remote

Read Prev:
Read Next: