Awali Kuartal 2, Penjualan Ritel Daihatsu Naik 10,6%

by  in Berita&Daihatsu&Merek Mobil
Awali Kuartal 2, Penjualan Ritel Daihatsu Naik 10,6%
0  komentar

AutonetMagz.com – Nama Daihatsu memang tengah menjadi bahan perbincangan hangat diantara para pecinta otomotif di Indonesia. Alasannya sederhana, karena merk asal Jepang ini baru saja memperkenalkan Daihatsu Rocky untuk pasar Indonesia. Nah, mengikut kesuksesan Daihatsu memperkenalkan Daihatsu Rocky di Tanah Air, pihak Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku APM dari merk asal Jepang ini di Indonesia juga memberikan update penjualan mereka. Penjualan ADM di bulan pertama kuartal kedua tahun 2021 ini ternyata menorehkan hasil yang positif. ADM berhasil mencatatkan peningkatan penjualan sebesar 10,6% di bulan April 2021 kemarin. Yuk kita bahas lebih lanjut. Cekidot.

Ritel Naik 10,6% dan Marketshare Jadi 17,2%

Oke, sebelum kita mambahas penjualan dari Daihatsu di Indonesia, ada baiknya kita membahas dahulu penjualan secara umum di level Nasional. Setelah mencatatkan rekor penjualan ritel tertinggi selama masa pandemi pada Maret 2021 kemarin, penjualan otomotif nasional kembali mencetak rekor tertinggi pada bulan April 2021 kemarin. Di bulan April silam, industri otomotif Indonesia mencatatkan penjualan sebanyak 79 ribu unit, atau naik sekitar 2,6% dibandingkan Maret 2021. Kenaikan ini sebagai dampak positif penerapan relaksasi PPnBM 100% di bulan kedua. Nah, kembali ke Daihatsu. Pabrikan asal Jepang ini juga menikmati manisnya relaksasi PPnBM 100% di bulan kedua, dan mencatatkan penjualan sebesar 13 ribu unit sepanjang bulan April 2021 kemarin. Oiya, penjualan ini bersifat retail, alias langsung ke tangan konsumen.

Secara persentase, penjualan Daihatsu di bulan April 2021 kemarin meningkat hingga 10,6% dibandingkan bulan Maret 2021. Peningkatan penjualan ini membuat ADM berhasil meningkatkan marketshare yang awalnya ada di angka 16% menjadi 17,2%. Lantas, produk apa yang mendominasi penjualan Daihatsu di bulan April 2021 ini? Apakah produk yang mendapatkan relaksasi? Nyatanya bukan. Posisi pertama penjualan tertinggi adalah Daihatsu Sigra dengan 3.591 unit, diikuti Daihatsu Gran Max Pick Up dengan 3.381 unit. Di posisi ketiga baru ada produk yang menikmati relaksasi PPnBM, yaitu Daihatsu Terios dengan sumbangsih 2.481 unit. Selanjutnya ada Daihatsu Ayla dengan 1.844 unit, lalu Daihatsu Gran Max Minibus dengan 1.193 unit dan Daihatsu Xenia dengan 823 unit. Gabungan Daihatsu Luxio dan Sirion mencatatkan 360 unit.

Daihatsu Gran Max Pickup Memimpin

Daihatsu optimis, pasar mobil di bulan selanjutnya akan tetap bergairah seperti yang terjadi pada bulan Maret dan April 2021. Kami mendukung himbauan pemerintah untuk tidak mudik, karena Daihatsu percaya himbauan ini akan menekan penyebaran Covid-19, sehingga ekonomi Indonesia bisa kembali kondusif,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Sejauh ini, Daihatsu sudah mencatatan penjualan sebanyak 43.983 unit selama 4 bulan pertama tahun 2021 ini. Daihatsu Gran Max Pick Up tetap menjadi primadona utama dengan memimpin penjualan sebanyak 12.648 unit. Sedangkan Daihatsu Sigra ada di posisi kedua dengan 10.525 unit. Sedangkan model lain masih belum memberikan sumbangsih di atas 10 ribu unit.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: