Apakah Mazda Motor Indonesia Akan Mengikuti Jejak Ford Indonesia?

by  in Berita&Mazda&Merek Mobil
0  komentar
mazda-cx5-2015

Jakarta, AutonetMagz – Pertanyaan yang tentu saja akan terlintas di pikiran kita ketika mendengar Mazda Motor Indonesia, dikarenakan mereka memiliki beberapa kesamaan dengan Ford Motor Indonesia, kesatu, sama-sama memiliki line-up model yang berorientasi pada kesenangan berkendara, kedua, sama-sama mengimport unit kendaraan dari Thailand, ketiga, sama-sama tidak memiliki pabrik di Indonesia, dan keempat, sama-sama baru masuk ke pasar Indonesia lagi, setelah sempat vakum beberapa waktu.

Tapi ada yang menbedakan Mazda dengan Ford, yaitu performa penjualan pada tahun 2015 kemarin, dimana Ford mengalami penurunan yang cukup signifikan, sedangkan Mazda malah meningkat tipis (sekitar 2%) dibanding tahun 2014.

Baca Juga: Ini Penyebab Penjualan Mobil Ford di Indonesia Terus Merosot Hingga Tutup

Mazda Biante Granz SKYACTIV 2013

Pencapaian Mazda ini lebih banyak disokong oleh penjualan Mazda CX-5 yang menjadi tulang punggung Mazda Indonesia sebesar 48% dari total penjualan Mazda Indonesia diikuti oleh Mazda2 sebesar 32%. Sedangkan jika dilihat dari pangsa pasar, CX5 berhasil mendapatkan 11.8% pangsa pasar, diikuti oleh Mazda2 sebesar 9.8% dan Mazda Biante yang bermain di pasar Full Size Boxy MPV sebesar 34.7% pangsa pasar.

Sedangkan untuk tahun 2016 ini sendiri, Mazda berencana meningkatkan luas area PDC (Parts Distribution Center) mereka, dari 3.600 m2 menjadi 6.000 m2 untuk meningkatkan layanan distribusi suku cadang kendaraan Mazda, sekaligus meresmikan dealer baru di daerah Puri Indah, Jakarta Barat.

Mazda-VX-1-Facelift-2016-by-Raditya-Brahmanah

Jadi kembali ke pertanyaan di judul artikel ini, apakah Mazda akan mengikuti jejak Ford Indoensia dan hengkang dari Indonesia? melihat kiprah Mazda Motor Indonesia pada tahun kemarin, sepertinya kita masih bisa bernafas lega, dan melihat Mazda akan tetap eksis di jalanan Indonesia, selain itu, mereka akan meluncurkan kembaran Ertiga, Mazda VX-1 di bulan ini, jadi mari kita tunggu saja kiprah Mazda Motor Indonesia di tahun-tahun berikutnya, ehhmm.. Mazda CX-3 nya belum dibawa nih?

Read Prev:
Read Next:

Claudius Wijaya Penggiat otomotif, computer dan gaming, lebih senang menyetir mobil dibanding motor, apalagi kalau pas hujan. Tapi kalau pas macet ya terpaksa naik motor. Dulu pernah bekerja di salah satu merek motor terbesar di Indonesia, namun kini kecemplung di dunia jurnalisme roda 4 karena passion, bukan di PHK. Catat!