All New Toyota Avanza Akan Mengaspal di Thailand Bulan Depan!

All New Toyota Avanza Akan Mengaspal di Thailand Bulan Depan!
0  komentar

AutonetMagz.com – Sejak diperkenalkan pada bulan November 2021 kemarin, nama All New Toyota Avanza terus mendapatkan sorotan dari publik. Wajar saja, karena ubahan yang dilakukan Toyota pada LMPV mereka ini cukup signifikan, apalagi perubahan sistem gerak dan juga platform-nya. Nah, setelah sukses diperkenalkan di Indonesia sebagai rumah utamanya, kini All New Toyota Avanza akan segera melancong ke beberapa negara tetangga. Dan negara pertama di luar Indonesia yang akan mendapatkan All New Toyota Avanza adalah Negeri Gajah Putih, Thailand. LMPV berpenggerak FWD ini kabarnya akan diluncurkan di Thailand dalam waktu dekat. Yuk kita bahas.

Rilis di Thailand Bulan Februari 2022

Mengutip informasi via Headlightmag, kabarnya All New Toyota Avanza akan diperkenalkan ke publik Thailand di bulan Februari 2022 mendatang. Yap, bulan depan. Artinya, Astra Daihatsu Motor (ADM) dan Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) nampaknya tengah atau malah sudah mempersiapkan ekspor dari All New Toyota Avanza dan juga Veloz. Thailand sendiri akan menjadi negara pertama yang mendapatkan unit CBU All New Toyota Avanza dan Veloz, yang mana pastinya diimpor dari Indonesia. Oiya, FYI, ada sebuah keuntungan tersendiri yang dirasakan Toyota Thailand jikalau mengimpor mobil dari Indonesia, yaitu dibebaskannya pajak impor sebagai wujud AFTA atau ASEAN Free Trade Area. Hal yang sama juga berlaku saat Toyota Indonesia mengimpor mobil dari Thailand dan anggota ASEAN lainnya. Kembali ke masalah Avanza / Veloz, belum jelas apakah nantinya pihak Toyota Thailand akan memasarkan All New Toyota Avanza berdampingan dengan All New Toyota Veloz. Atau mungkin hanya All New Toyota Avanza yang dipasarkan di sana.

Sebagai gambaran, untuk saat ini Toyota Thailand tidak memasarkan varian Veloz dari Old model Avanza. Toyota Avanza yang dipasarkan di sana menggunakan varian E dan G dengan opsi mesin 1.500cc dan transmisi otomatis saja. Berapa harga old model Avanza di sana? 649 ribu hingga 699 ribu Baht atau setara 277 jutaan Rupiah hingga 299 jutaan Rupiah. Mahal? Wajar, karena Toyota Avanza adalah mobil CBU di sana. MPV lain yang dijual Toyota Thailand adalah Toyota Sienta, yang mana tipe terendahnya yaitu 1,5 G CVT saja dipasarkan dengan banderol 765 ribu Baht atau setara 327 jutaan Rupiah. Mau perbandingan lainnya? Mitsubishi Xpander dijual di Thailand dengan banderol mulai 789 ribu Baht atau setara 338 jutaan Rupiah, itu untuk tipe GLS Limited. Dan Suzuki Ertiga GL dipasarkan dengan banderol 659 Ribu Baht atau setara 281,6 jutaan Rupiah. Nah, dari harga – harga tersebut, kalian bisa prediksi sendiri berapa harga yang pas untuk All New Toyota Avanza, apalagi kalau dilengkapi dengan fitur TSS. Belum lagi kalau All New Toyota Veloz juga dipasarkan di sana.

Ubahan Yang Signifikan di Generasi ke-3

All New Toyota Avanza sendiri memang berubah cukup signifikan di generasi ketiganya ini. All New Toyota Avanza telah meninggalkan platform semi monokok yang sudah digunakan hampir 2 dekade, dan berubah menggunakan platform DNGA. Belum selesai sampai di sana, DNGA yang digunakan oleh All New Toyota Avanza pun berbeda dengan DNGA yang kita kenal sebelumnya. Sebelumnya, DNGA yang kita kenal adalah DNGA-A yang digunakan oleh duet Raize-Rocky, Daihatsu Thor, dan sebagainya. Nah, di All New Toyota Avanza dan Xenia, serta Veloz, Toyota dan Daihatsu merombak platform tersebut dan menghasilkan DNGA-B yang secara ukuran lebih besar. Alhasil, kita semua tahu bahwa interior All New Toyota Avanza dan Xenia sangat lega untuk kelasnya. Oiya, selain itu, format penggerak roda belakang juga sudah ditinggalkan, dan digantikan format penggerak roda depan. Uniknya, walaupun berubah sistem gerak, Toyota dan Daihatsu masih mengandalkan mesin yang sama dengan versi terdahulu. Hanya saja, kini All New Toyota Avanza dan Xenia jadi lebih advance dengan sistem ADAS di tipe tertinggi mereka.

Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: