All New Suzuki Ertiga Gunakan Girboks 6 Percepatan di India

All New Suzuki Ertiga Gunakan Girboks 6 Percepatan di India
0  komentar

AutonetMagz.com – Sejumlah pembaharuan yang hadir di All New Suzuki Ertiga memang cukup membuat banyak pihak berdecak kagum, terlebih saat harga yang diumumkan oleh pihak Suzuki Indomobil Sales (SIS). Fitur seperti ESP, Lampu Proyektor, Lampu LED di belakang, mesin baru dan model yang sepenuhnya baru memang cukup worth dengan kenaikan harganya.

Nah, namun memang jika di beberapa sektor ada perubahan, maka beberapa sektor lain memang harus mempertahankan komponen lawas sehingga bisa menekan pertambahan harga di angka yang masih ‘masuk akal’ menurut pasar. Dan komponen yang dipastikan sama antara All New Suzuki Ertiga dengan Suzuki Ertiga lawas di Indonesia adalah sisi transmisi. All New Suzuki Ertiga yang dijual di Indonesia masih akan menggunakan transmisi otomatis empat percepatan dan transmisi manual lima percepatan. Tak ada yang salah dengan kedua transmisi tersebut, karena kedua model tersebut juga menjadi transmisi yang digunakan oleh para rivalnya. Namun pada sektor ini, All New Suzuki Ertiga versi India akan sedikit berbeda.

Yap, transmisi dari All New Suzuki Ertiga di India akan diberikan perbedaan, khususnya pada varian real man yang mengandalkan tiga pedal. Sebuah gambar spyshot yang tersebar via MotorOctanememperlihatkan bahwa All New Suzuki Ertiga yang sedang diuji jalan di India menggunakan transmisi manual 6 percepatan. Yap, transmisi model ini adalah transmisi yang baru dalam jajaran Suzuki Ertiga. Terlihat dalam foto tersebut bahwa ada 6 percepatan di mobil tersebut, dan gigi mundur diletakkan di sisi sebelah kiri berdampingan dengan gigi 1, nampaknya akan ada tuas khusus yang harus ditarik untuk menuju gigi mundur seperti mobil – mobil 6 percepatan lainnya. Dengan mesin serupa yaitu K15B namun ada 6 percepatan, maka perpindahan gigi dari All New Suzuki Ertiga manual versi India akan lebih rapat.

Lalu mengapa All New Suzuki Ertiga di India menggunakan transmisi enam percepatan? Nampaknya hanya Maruti Suzuki dan Tuhan yang mengetahuinya. Yang jelas, publik India memang sangat menyukai transmisi manual, bukan demi mendapatkan julukan ‘real man‘, namun karena publik India mengejar fuel economy alias keiritan bahan bakar, dan juga banderol harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan varian otomatis. Sehingga tak mengejutkan jika di India sangat banyak bertebaran mobil bertransmisi manual, sebuah fakta yang justru berkebalikan dengan kondisi di Indonesia yang lebih banyak meminati transmisi otomatis. Oiya, kabarnya transmisi otomatis untuk All New Suzuki Ertiga di India akan menggunakan teknologi AMT. Pun begitu untuk varian diesel-nya yang juga mendapatkan transmisi AMT seperti yang baru saja didapatkan oleh Maruti Vitara Brezza.

Baca Juga : Suzuki Ertiga Dreza Akan Kembali, Versi Diesel Akan Dirakit Lokal

Lalu bagaimana dengan All New Suzuki Ertiga Diesel di Indonesia? Apakah akan menggunakan transmisi AMT juga? Kita tahu bahwa transmisi jenis ini memang memiliki perpindahan gigi yang tak halus, dan menjadi transmisi yang dipandang buruk oleh publik Nusantara. Jadi, kita nantikan saja bagaimana SIS menggodok versi Diesel untuk All New Suzuki Ertiga yang kabarnya juga akan hadir di tahun ini. Yuk sampaikan pendapat kalian kawan.

Read Prev:
Read Next: