All New Honda HR-V Rilis di Thailand : Semua Hybrid, Tembus 500 Jutaan!

by  in  Berita & Honda & International
All New Honda HR-V Rilis di Thailand : Semua Hybrid, Tembus 500 Jutaan!
0  komentar

AutonetMagz.com – Sesuai dengan dugaan dan bocoran yang beredar, All New Honda HR-V akhirnya diperkenalkan di pasar Asia Tenggara, dimana Thailand menjadi yang pertama. Yang menarik, ternyata All New Honda HR-V hanya dipasarkan dengan opsi mesin hybrid saja, jadi tidak ada lagi opsi bermesin ICE biasa ataupun opsi turbo. All New Honda HR-V e:HEV sendiri dipasarkan di Thailand dengan 3 tipe, yang mana tipe tertingginya adalah tipe RS dan estimasi harganya sudah mencapai 500 jutaan Rupiah. Lantas, bagaimana spesifikasi mobil ini? Yuk kita bahas.

Tipe RS

Estimasi Harga Tembus 500 Jutaan

Secara umum, kami tidak akan membahas mengenai desain dari All New Honda HR-V e:HEV, karena secara bentuk cukup identik dengan Honda Vezel di Jepang. Kalau ada perbedaan, nampaknya kami lebih fokus ke versi RS yang menggunakan velg berbeda, bumper yang didominasi warna hitam, dan juga grille hitam baru. Sedangkan tipe E dan EL sama persis dengan Honda Vezel di Jepang. Secara umum, All New Honda HR-V e:HEV dipasarkan dalam 3 tipe yaitu E, EL, dan RS. Honda masih belum memberikan harga pasti dari mobil ini, jadi sekedar estimasi saja. Tipe E diestimasi akan dijual dengan harga di bawah 990 ribu Baht atau setara 427,5 jutaan Rupiah. Sedangkan tipe EL diestimasi harganya di bawah 1,1 juta Baht atau setara 475 jutaan Rupiah. Tipe tertinggi yaitu RS diestimasi harganya akan ada di bawah 1,2 juta Baht atau setara 518 jutaan Rupiah. Mahal? Kembali ke preferensi masing – masing.

Tipe E / EL

Eksterior dan Interior Berubah Total

Yang jelas, kini All New Honda HR-V e:HEV memiliki dimensi yang berbeda dibanding versi sebelumnya. Dimensi All New Honda HR-V e:HEV bertambah panjang 39mm, lebarnya sama, dan lebih rendah 15mm. Sedangkan wheelbase-nya masih sama dengan versi terdahulu. Untuk bobotnya, All New Honda HR-V e:HEV bertambah 110 hingga 120 kilogram. Oiya, untuk tipe RS lebih panjang 55mm dibandingkan tipe E dan EL. Untuk kelengkapan standarnya, All New Honda HR-V e:HEV sudah dibekali lampu FUll LED di sisi depan dengan fitur auto, LED DRL, antena model shark fin, dan belg 17 inci. Itu untuk tipe E. Tipe EL akan berubah sedikit dengan tambahan fog lamp LED, auto wiper, dan electronic power tailgate dengan kick sensor dan juga walk away locking system. Untuk Tipe RS, tenu ada sejumlah tambahan lain, seperti emblem RS, lampu sein sekuensial, lampu belakang diberi aksen smoke, velg 18 inci, panoramic sunroof, dan black top.

Untuk Interior, All New Honda HR-V e:HEV diklaim memiliki legroom belakang lebih lega 35mm dibanding pendahulunya. Jelas ini kabar baik, karena versi lawas saja sudah sangat lega. Sebagi standar, All New Honda HR-V e:HEV sudah dilengkapi smart key, lampu interior LED, kursi berbalut kulit sintetis, setir dengan tilt dan telescopic, panel instrumen dengan MID 7 inci TFT, sistem infotainment 8 inci dengan Apple CarPlay dan Android Auto, 4 buah speaker dan juga kamera mundur dengan 3 level sudut. Sekali lagi, itu untuk tipe E. Tipe EL mendapatkan seluruhnya, dengan sjumlah tambahan seperti spion tenga auto dimming, one touch front window switch, Honda LaneWatch, 6 buah speaker, dan kisi AC belakang. Tipe RS, tentu lebih lengkap lagi. Di tipe ini, atapnya diberi warna hitam, kursinya menggunakan kulit asli, kursi pengemudi sudah elektrik denga 8 arah, wireless charger untuk smartphone, dan juga 8 buah speaker.

Dapur Pacu Mirip City dan Fitur Melimpah

Untuk dapur pacu, All New Honda HR-V e:HEV menggunakan gabungan mesin 1.500cc i-VTEC DOHC 4 silinder Atkinson Cycle dengan 2 buah motor listrik. Untuk mesin bensinnya memiliki tenaga maksimal 104 hp pada 6.000 hingga 6.400 rpm dan torsi 127 Nm pada 4.500 hingga 5.000 rpm. Sedangkan motor listriknya memiliki tenaga maksimal 131 hp pada 4.000 hingga 8.000 rpm dan torsi 253 Nm dari keadaan diam hingga 3.500 rpm. Baterai yang digunakan adalah baterai Lithium Ion yang diposisikan di lantai kabin belakang. Honda memberikan 3 mode berkendara di mobil ini, yaitu ECON, Normal, dan SPORT. Oiya, untuk tipe E dan EL masih menggunakan steering EPS, sedangkan di tipe RS sudah menggunakan VGR (Variable Gear Ratio EPS). Untuk suspensi, All New Honda HR-V e:HEV menggunakan suspensi independen MacPherson Strut dengan anti roll bar di depan dan Torsion Beam di belakang. Standar saja.

Untuk standar fitur keselamatan, All New Honda HR-V e:HEV dibekali ABS, EBD, ESS, Agile Handling Assist (AHA), HSA, HDC, dan VSA. Selain itu, All New Honda HR-V e:HEV juga dibekali 6 buah airbags sebagai standar dan peringatan jikalau pengemudi lelah. Bagaimana dengan Honda SENSING? Ya tentu ada dong. Honda SENSING di mobil ini antara lain CMBS (Collision Mitigation Braking System, LKAS (Lane Keeping Assist System), RDM with LDW (Road Departure Mitigation with Lane Departure Warning), ACC with LSF (Adaptive Cruise Control with Low-Speed ​​Following), LCDN (Lead Car Departure Notification System) when the car ahead moves, dan AHB (Auto High Beam). Dengan diluncurkannya mobil ini di Thailand, nampaknya mobil ini juga akan segera mengisi pasar Indonesia. Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: