7 Fitur Kekinian Yang Bisa Kalian Andalkan Untuk Arus Mudik & Balik 2018

by  in Berita&Serba 7
7 Fitur Kekinian Yang Bisa Kalian Andalkan Untuk Arus Mudik & Balik 2018
0  komentar

AutonetMagz.com – Kalian yang melakukan perjalanan Mudik ataupun Arus balik kelak pasca Lebaran 2018 pasti akan dihadapkan pada jalanan yang kondisi dan kontur serta cuacanya berbeda – beda. Nah, kalian tentunya perlu tanggap dan juga cermat melihat adanya kondisi jalan yang berubah ataupun kondisi jalan yang ekstrim. Bagi pengemudi yang sudah jago, sebenarnya hal ini bukanlah hal yang sangat menantang, apalagi jikalau si pengemudi sudah menguasai kendaraannya dengan sangat baik.

Namun bagi pengemudi yang masih baru ataupun yang masih awam, mengemudi dengan kondisi jalan yang berbeda – beda, tanjakan dan turunan, tentunya menjadi sebuah tantangan tersendiri. Nah, kali ini kami ingin sekilas membahas teknologi – teknologi kekinian yang sudah ada di mobil – mobil jaman now yang akan membantu kalian untuk menghadapi kontur dan kondisi jalan yang berbeda – beda, cekidot.

1. Hill Start Assist

Yap, ini adalah sebuah fitur yang dahulu hanya ada di mobil –  mobil mevvah, namun kini mulai ditanamkan di mobil – mobil dengan harga 200 jutaan, bahkan ada pabrikan yang menanamkannya di small hatchback di bawah 200 jutaan. Nah, Hill Start Assist (HSA) sendiri adalah fitur yang disematkan untuk menahan mobil dalam hitungan beberapa detik ketika mobil menanjak. Tentunya fitur semacam ini akan sangat berguna bagi kalian yang menghadapi jalanan yang banyak memiliki tanjakan. Apalagi jikalau kalian masih cukup baru dalam hal menyetir, dan menganggap Tanjakan sebagai momok yang menyeramkan, maka HSA ini akan sangat membantu dan berguna. Pun begitu untuk kalian yang sudah mahir, pastinya fitur HSA ini akan semakin membuat kalian nyaman dalam melibas tanjakan jikalau memang harus berhenti.

2. Hill Descent Control

Nah, jikalau HSA dipergunakan di tanjakan, maka Hill Descent Control (HDC) kalian gunakan di turunan, dan fitur ini sangat berguna apalagi di mobil – mobil otomatis. Yap, siapa yang suka memanfaatkan engine brake untuk melibas turunan? Nah, hal ini berlaku di mobil manual. Nah, untuk mobil bertransmisi otomatis, sejatinya ada fitur HDC yang bisa menjaga kecepatan ban di angka yang rendah selama turunan sehingga menghindari selip pada ban dan mobil lepas kendali. Fitur HDC ini sendiri mendapat sokongan yang sangat besar dari ABS alias Anti-lock Braking System yang dibantu oleh sensor – sensor di roda dan modul kontrol yang akan menentukan seberapa besar gaya pengereman yang diperlukan untuk mobil. Sayangnya, masih belum banyak mobil yang menggunakan fitur ini.

3. Electronic Parking Brake dengan Auto Hold

Bagi kami, fitur ini adalah salah satu yang cukup kami favoritkan, yaitu Electronic Parking Brake. Bukan sekedar mengubah operasional rem parkir dari mekanikal menjadi elektronik, namun penggunaan EPB biasanya disertai dengan fitur auto hold yang akan memudahkan kalian jikalau kalian melibas banyak tanjakan ataupun kemacetan. Sistem secara otomatis akan mengaktifkan rem parkir sesaat setelah kendaraan berhenti total, dan menjaganya selama mungkin hingga pengemudi menginjak gas kembali. Tentunya fitur ini akan meminimalkan kerja tangan untuk menarik rem parkir. Nah, sama dengan HDC, sayangnya fitur ini masih tak terlalu banyak dipakai oleh mobil di Indonesia. Jika ada pun biasanya adalah mobil mevvah, kecuali MPV asal China dan CUV asal Jepang yang masih punya banderol di bawah 300 jutaan.

4. Vehicle Stability Control

Fitur ini dahulu hanya ada di mobil – mobil Mevvah, namun kabar baiknya, VSC sekarang sudah banyak kita temui di segmen LMPV dan LSUV, bahkan ada sebuah MPV 5+2 seater turunan segmen LCGC yang menggunakan fitur ini. VSC sendiri adalah fitur yang dapat mendeteksi dan mencegah tergelincirnya mobil saat sedang dikendarai. Fungsi utama dari fitur ini adalah Roll Over Prevention & Mitigation, yang artinya sistem akan membaca potensi mobil terbalik ataupun tergelincir, dan akan menanggulanginya dengan mengatur rem dan juga bukaan gas serta membagi pengereman pada roda yang paling membutuhkan. Nah, jikalau mobil kalian memiliki fitur ini, maka kalian perlu untuk memastikannya selalu aktif selama perjalanan mudik ataupun balik 2018.

5. Anti-lock Braking System

Fitur ini bukanlah fitur baru, namun perannya sangat sentral dan tak pernah bisa disepelekan. Yap, fitur yang kita kenal dengan nama ABS ini tentunya sudah tak asing bagi kalian, dan kalian pasti tahu apa fungsinya. Yap, fitur keselamatan ini berguna untuk mencegah ban mengunci jikalau kita melakukan pengereman. Tentunya fitur ini akan sangat berguna untuk perjalanan mudik kalian, apalagi jikalau kalian perlu mengerem sambil menghindari obyek yang ada di depan mobil kalian. Nah, ABS sendiri yang dahulu dianggap fitur mevvah kini sudah ada di hampir seluruh mobil yang dijual di Indonesia, kecuali beberapa mobil dengan trim bawah di segmen LCGC dan beberapa mobil niaga ataupun mobil bak terbuka.

6. Blind Spot Monitoring

Fitur ini memang masih sangat jarang ditemui, apalagi di mobil – mobil dengan harga 200 jutaan ke bawah. Namun yang jelas, fitur ini sejatinya sangat berguna untuk pengemudi. Yap, fitur ini akan mengandalkan sensor di sisi belakang untuk mendeteksi adanya obyek baik berupa sepeda motor, mobil, dan kendaraan lain, kecuali mendeteksi mantan. BSM tentunya akan sangat berguna untuk membantu kalian bermanuver di jalanan yang ramai, apalagi selama arus mudik dan arus balik 2018 ini pasti akan ada cukup banyak kendaraan utamanya motor yang memenuhi jalan. BSM akan memberikan warning jikalau ada kendaraan lain di titik buta dari mobil kalian. Namun memang seperti yang kami sebutkan di awal, sayangnya fitur ini masih jarang ditemui di mobil dengan banderol 200 jutaan, apalagi ke bawah.

7. Seatbelt Reminder

Mungkin kalian akan mengernyitkan dahi membaca fitur satu ini, karena seolah fitur ini tak penting dan sekedar menjadi pelengkap di mobil – mobil baru. Tapi ingat, fitur keamanan wajib yang akan melindungi tubuh kalian pertama kali selain airbag adalah seatbelt. Yap, jadi sudah wajib hukumnya bagi kalian yang mengendarai mobil untuk menggunakan seatbelt. Nah, banyak pabrikan yang aware dengan hal ini, sehingga mulai banyak produk yang memberikan seatbelt reminder tak hanya di bangku pengemudi dan penumpang depan saja, namun ke seluruh bangku penumpang, ada yang pakai sensor berat lagi. Nah, jikalau mobil kalian tak memiliki fitur ini, kalian bisa mengakalinya dengan menempatkan pasangan di sebelah kalian, boleh pacar, istri, selingkuhan, TTM, ataupun Teman rasa pacar. Jika kalian tak punya semuanya? Ya sudah, disyukuri saja, minimal bisa mudik kan.

Jadi itulah 7 fitur keamanan jaman now yang ada di mobil – mobil yang dijual saat ini. Tentunya masih ada banyak fitur lain yang bisa bermanfaat selama mudik yang tak bisa masuk di dalam artikel ini, seperti TPMS, Lane Departure Warning, Cruise Control, Kamera 360 derajat, dan masih banyak lainnya. Kalian juga bisa menambahkan di kolom komentar di bawah jika ada fitur lain yang tak kalah hot dan berguna selain 7 fitur diatas. Akhir kata, Selamat Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah, Selaamt Mudik dan menikmati kampung halaman kalian. Selalu jaga kesehatan dan juga fokus pada jalan, jangan fokus pada mantan. Semoga kalian selamat sampai di Tujuan.

Read Prev:
Read Next: