Volvo Pelajari Kinerja Sistem Keselamatan Lewat Game

by  in Berita&Hi-Tech&International
Volvo Pelajari Kinerja Sistem Keselamatan Lewat Game
0  komentar

Autonetmagz.com – Biasanya kita bermain game bertujuan untuk melepas stress atau berseru-seru bareng temen. Tapi pabrikan asal Swedia, Volvo mempergunakan game untuk hal lain yakni membuat mobil-mobil mereka lebih aman. Pertanyaannya, bagaimana cara Volvo memanfaatkan game untuk meningkatkan keamanan produk mereka? Yuk kita bahas.

Nah alat yang Volvo gunakan untuk penelitiannya terdiri dari kursi pengemudi bergerak, setir kemudi dengan haptic feedback dan sepasang headset Virtual Reality (VR). Kemudian para teknisi Volvo juga menggunakan baju Teslasuit yang menyediakan haptic feedback dari dunia VR sambil memonitor pergerakan tubuh pengguna baju tersebut. Coba kalian bayangkan menggunakan alat-alat keren ini untuk main game mobil kesayangan seperti Forza, Gran Turismo ataupun Need For Speed, dijamin bakal tambah pol pengalamannya.

Sayangnya Volvo bersikeras untuk memanfaatkan teknologi ini untuk mensimulasikan kondisi berkendara aktual dengan mobil serta jalanan asli. Para teknisi bisa mensimulasikan kondisi jalanan apapun dengan jenis kendaraan manapun sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan data lebih komplit dari simulator tersebut. Dengan ini Volvo bisa mempelajari bagaimana produk mereka berinteraksi dengan pengguna jalan lain seperti pejalan kaki dan mobil lain. Lantas setelah mendapatkan data-data tersebut Volvo bisa fokus dalam mengembangkan teknologi keselamatan seperti autonomous driving assist dan fitur-fitur keselamatan lainnya.

Casper Wickman selaku senior leader dari divisi User Experience di Volvo’s Open Innovation Arena menyatakan bahwa hasil kerjasama Volvo dengan perusahaan-perusahaan teknologi seperti Varjo, Unity dan Teslasuit memberikan mereka alat-alat yang diperlukan untuk melakukan riset ini. Simulator ini membiarkan Volvo untuk melakukan tes dunia nyata tanpa harus turun ke lapangan. Dan memang mengembangkan teknologi keselamatan adalah bisnis yang berbahaya, namun dengan bantuan alat-alat simulator yang ultra realistis ini, Volvo bisa menghemat waktu serta uang dalam meningkatkan keselamatan produk mereka.

Bagaimana menurut kalian soal alat-alat yang Volvo gunakan ini? Tulis di kolom komentar.

Read Prev:
Read Next: