Uber Mulai Gunakan Self Driving Car untuk Armada Mereka

by  in Berita&International
Uber Mulai Gunakan Self Driving Car untuk Armada Mereka
0  komentar

Autonetmagz.com – Perusahaan pelopor angkutan online, Uber Technologies Inc, atau yang biasa kita kenal dengan Uber, nampaknya ingin menunjukan supremasinya dengan mencoba mengetes armada self driving car mereka di Pittsburgh, Amerika Serikat. Wujud dari mobil ini Volvo XC90 dan Ford Fusion yang telah dimodifikasi sedemikian rupa dengan perangkat komputer, sensor 360 derajat sehingga bisa menyetir sendiri tanpa interferensi manusia untuk mengoperasikannya.

Uber-Autonomous-Car

Travis Kalanick selaku CEO Uber Technologies Inc, memang telah lama berencana untuk mengoperasikan mobil self-driving sebagai masa depan jangka panjang dari perusahaannya. Di awal tahun 2015, ia mulai membuat pusat penelitian self-driving baru Uber di Pittsburgh untuk mewujudkan keinginannya tersebut. Kalanick sendiri berpendapat bahwa mobil mobil tersebut nantinya akan lebih canggih dibanding mobil serupa yang dimiliki Google.

Fusion-Uber

Volvo XC90 dan Ford Fusion ini telah dicoba untuk  dipesan gratis secara online melalui aplikasi di sekitar area Pittsburgh, namun karena mobil ini masih dalam tahap percobaan maka tetap ada orang dibalik kemudi untuk memastikan keselamatan penumpang Uber itu sendiri.

Namun tampaknya upaya Uber untuk membuat self driving car  ini akan menempuh jalan terjal dan lama, selain regulasi pemerintah tentang mobil self driving  yang masih abu abu, kompleks dan dinamisnya kondisi jalanan kota ( apalagi kota Jakarta ) menjadi masalah untuk sang mobil itu sendiri, hal ini bisa direfleksikan dengan terjadinya kecelakaan Tesla yang memiliki fitur serupa yaitu Autopilot yang menyebabkan penggunanya tewas karena sensor Tesla nya tidak mendeteksi trailer yang ditabrak mobil itu sendiri. Sensor pada kendaraan self driving ini juga masih sangat jauh dari sempurna, dimana si sensor tersebut belum bisa mendeteksi perbedaan cuaca seperti hujan, terik, ataupun salju yang menuntut cara mengemudi yang berbeda pula.

Akankah Uber bisa mengubah dunia dengan pengembangan Self Driving Car nya tersebut? Menarik untuk ditunggu!

Read Prev:
Read Next:

Fadli Arfi Seorang anak kuliahan yang ingin menulis untuk AutonetMagz karena memiliki passion di bidang otomotif. Berhubung saya masih belajar, jadi mohon kritik dan sarannya di kolom komentar ya guys!