Jajaran Direksi Mazda Sepakati Pembuatan Mazda RX-9

Jajaran Direksi Mazda Sepakati Pembuatan Mazda RX-9
0  komentar

AutonetMagz.com – Cuap-cuap mobil sport rotary penerus Mazda RX-8 sudah mencuat sejak RX-8 mendekati ajalnya dan menghadirkan varian RX-8 Spirit R yang beredar beberapa unit di sini secara resmi pada tahun 2011. Sejak Mazda membuat Mazda RX-Vision yang debut di Tokyo Motor Show tahun lalu, Mazda suka tarik ulur soal penerus klan mobil sport Mazda RX yang konon mau dinamai Mazda RX-9. Kadang bilang jadi, kadang bilang batal.

Padahal pendaftaran paten mesin rotary yang tercatat di kantor pendaftaran hak paten Amerika Serikat alias USPTO sudah cukup menjelaskan mesin rotary baru yang mau mereka buat. Ya dong, ngapain daftar paten segala kalau tidak jadi bikin, atau minimal tidak ada risetnya? Namun ada kabar lain dari Holiday Auto yang mengudara sejak kemarin, dan isinya menyangkut sikap para petinggi soal kelanjutan Mazda RX-9.

mazda rotary engine

Perancangan sebuah mobil sport murni yang menggunakan mesin rotary generasi baru – SKYACTIV-R sudah disepakati secara formal oleh jajaran direksi tertinggi,” demikian kira-kira isi terjemahan warta tersebut. Mazda juga sudah punya paten atas nama mobil Mazda RX-9, dan ya, itu mungkin nama penerus Mazda RX-7 dan Mazda RX-8. Kemungkinan paling logis adalah ia akan jadi versi siap jual dari Mazda RX-Vision.

Mesin SKYACTIV-R yang jadi buah bibir ini kodenya 16X, berkapasitas 1.600 cc (800 cc x 2 rotor), tenaga kira-kira 400 PS dan pasti pakai turbo. Sama seperti RX-7 dan RX-8, Mazda RX-9 akan mengejar bobot enteng supaya tak lebih dari 1.300 kg. Boleh juga, mengingat Honda NSX dan Nissan GT-R beratnya mau mencapai angka 2 ton jika dibulatkan, itu karena turbo, AWD dan segala kerumitan lain, khususnya hybrid di NSX, meski tak bisa dipungkiri kalau NSX dan GT-R itu kencang.

mazda rx vision 2016

Apa Mazda RX-9 pakai hybrid? Entahlah, karena meski membantu efisiensi dan torsi, sistem hybrid yang melibatkan baterai dan mesin listrik pasti menambah berat. Spekulasi dari sumber tadi, Mazda akan memperkenalkan 1 mobil konsep lagi yang didaulat sebagai Mazda RX-9 Prototype tahun 2017 dan akan siap dijual paling tidak tahun 2020. Hm, Honda NSX kembali, Toyota Supra tahun depan, Mazda RX-9 pun bersiap. Nostalgia tahun 1990-an ya. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:

Hillarius Satrio Seorang pehobi otomotif yang masih mengunyah bangku kuliah. Sangat menyukai mobil yang bisa lari kencang, khususnya mobil sport Jepang. Sekarang juga sedang menggeluti dunia desain mobil, diawali dengan dunia modifikasi digital atau bisa disebut "Digimods" dan berlanjut ke membuat mobil di aplikasi 3 Dimensi. | twitter: @hillsatrio