Turuti Keinginan Fansnya, Porsche Bersedia Hadirkan 911 GT3 Bertransmisi Manual

Turuti Keinginan Fansnya, Porsche Bersedia Hadirkan 911 GT3 Bertransmisi Manual
0  komentar
porsche-911-gt3

AutonetMagz.com – Banyak fans Porsche 911 yang mencecar Porsche atas apa yang mereka lakukan di 911 GT3 dan GT3 RS terbaru. Bukan apa-apa, karena jika pada generasi terdahulu alias Porsche 911 berkode 997, masih ada 911 GT3 RS bertransmisi manual, namun sekarang versi GT3 dan GT3 RS hanya dilengkapi transmisi PDK alias dual clutch. Iya, memang PDK-nya Porsche cepat dalam pergantian gigi dan efisien, tapi bagi para purist 911, hal itu tak bisa diterima dengan mudah.

Alasannya, transmisi manual diklaim membuat mobil dan pengendaranya bisa menyatu dengan baik karena kontrol mobil masih lebih total dibanding transmisi apapun, mau itu matik biasa, dual clutch atau lainnya. Makannya, keharmonisan hubungan antara man and machine itu kian sirna saat transmisi PDK muncul dan manual dihilangkan.

Interior-Porsche-911-GT3-RS

Hal lainnya, transmisi manual lebih menawarkan sensasi adrenalin yang sangat baik, karena semua tangan dan kaki diajak bekerja sama, sedangkan di transmisi lainnya, kaki kiri nganggur. Hal itulah yang membuat kaum purist Porsche 911 berkicau kepada Porsche, dan akhirnya Porsche mengalah dengan menjanjikan adanya 911 GT3 bertransmisi manual di esok hari.

Porsche 911 GT3 dilengkapi sederet sistem yang sangat bermanfaat kala dipacu di trek, tapi untuk para purist, mereka seperti kehilangan sesuatu,” demikian kata kepala program Porsche GT, Andreas Preuniger kepada Car&Driver. Porsche 911 bertransmisi manual itu diklaim akan dinamai 911 R. Resepnya, ia pakai mesin 911 GT3 tapi dipasangkan dengan transmisi manual biasa.

Porsche-911-GT3-RS-991

Karena tidak ingin dengar fansnya berkicau lagi, Porsche akan menerapkan strategi baru di 911 GT3 generasi mendatang. Maksudnya, besok 911 GT3 akan punya 2 pilihan transmisi, antara 7-speed PDK atau transmisi manual tradisional. Belum diketahui, apakah transmisi manualnya bakal seperti milik 911 Carrera sekarang yang punya 7-speed juga. Oh ya, manual 7-speed artinya punya 7 gigi maju dan 1 gigi mundur ya, bukan 7 gigi termasuk gigi mundur.

Itulah tujuan jangka panjang kami, supaya konsumen bisa memilih apa yang mereka suka nantinya,” tambah Andreas. Ya kalau menurut saya sih baguslah kalau besok disediakan 2 pilihan transmisi, karena yang sering macet-macetan dan ogah kaki pegal bisa pilih yang PDK, yang masa bodoh dengan kaki pegal dan mengutamakan full control bisa memilih yang manual. Andai kamu bisa membeli 911 GT3, pilih yang manual atau PDK? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • farid

    apalagi kalau ada fitur self-driving car,lebih nyaman dan mudah berkendara sih iya,tapi hubungan “man and machine” jadi cerai

  • putra

    Jelas pilih yang manual, karena sports car. Boil beginian gak bakal dipake harian dan macet2an.

  • qoqo

    7-speed manual?tuas persnelingnha gimana??gate-nya banyak dong?

    • Hillarius Satrio

      persnelingnya kayak transmisi manual biasa kok