Toyota Recall 3,4 Juta Mobil Karena Masalah Airbag dan Tangki Bensin

by  in International&Toyota
Toyota Recall 3,4 Juta Mobil Karena Masalah Airbag dan Tangki Bensin
0  komentar

AutonetMagz.com – Toyota resmi mengumumkan penarikan kembali alias recall untuk 3,4 juta mobilnya di seluruh dunia. Ada dua isu yang mengharuskan Toyota mengambil langkah ini, yakni airbag dan tangki bensin. Recall yang berkaitan dengan masalah airbag menyangkut Toyota Prius dan Lexus CT200h yang totalnya mencapai 1,43 juta unit, di mana airbag inflator di sektor airbag tirai rentan retak jika mobil diparkir dalam suasana yang terlalu panas atau lembab dalam waktu lama.

Nah, menurut Toyota, mereka curiga kalau komponen ini sudah punya keretakan saat ini. Retak halus mungkin, sejenis hairline fracture (retakan sebesar rambut manusia). Jika retakan ini ikut pecah saat airbag meletus, bisa fatal akibatnya bagi penumpang. Apa ini berkaitan dengan komponen Takata? Sepertinya tidak, karena Toyota tidak menyebutkan Takata dalam pengumuman resminya.

Lexus-CT200h

Toyota Prius dan Lexus CT200h yang di-recall adalah unit yang rentang pembuatannya berkisar antara bulan Oktober 2008 hingga April 2012. Sejauh ini, belum ada kecelakaan yang merenggut nyawa yang disebabkan oleh serpihan tajam dari inflator airbag tirai ini. Kasus kedua adalah soal kebocoran pada tangki bensin. Lebih tepatnya, pada fuel emissions control canister yang bisa retak juga, terutama kalau diisi bensin terlalu penuh sampai meluber.

Jika retakan tersebut muncul, bensin bisa bocor dan menyebabkan kebakaran. Untuk kasus yang satu ini, melibatkan 2,87 juta mobil di seluruh dunia, termasuk Prius dan Corolla yang diproduksi sekitar bulan April 2006 hingga Agustus 2015. Lama juga ya? Meski resiko ini bisa dihindari dengan cara tidak mengisi bensin sampai meluber, Toyota tetap menganggap masalah ini harus diperbaiki.

Toyota-Corolla-Altis-USDM

Sekedar info, dari 3,4 juta mobil Toyota yang di-recall, ada sekitar 932.000 unit yang di-recall karena punya 2 masalah tersebut, sementara sisanya hanya 1 masalah. Karena Toyota Prius di negara tetangga kita saja juga kena recall, kami curiga Toyota Prius, Lexus CT200h dan Corolla di sini juga kena, dan jika anda khawatir, anda bisa cek di web Toyota Global di bagian recall, masukkan VIN mobil anda untuk mengetahui status mobilmu. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:

Hillarius Satrio Seorang pehobi otomotif yang masih mengunyah bangku kuliah. Sangat menyukai mobil yang bisa lari kencang, khususnya mobil sport Jepang. Sekarang juga sedang menggeluti dunia desain mobil, diawali dengan dunia modifikasi digital atau bisa disebut "Digimods" dan berlanjut ke membuat mobil di aplikasi 3 Dimensi. | twitter: @hillsatrio

  • nusantara nusantara

    pertamax turbo