Toyota Merayakan Produksi Hybridnya Ke 8 Juta Unit Sejak Prius Tahun 1997

by  in Mobil Baru
Toyota Merayakan Produksi Hybridnya Ke 8 Juta Unit Sejak Prius Tahun 1997
0  komentar
lini-toyota-hybrid-amerika-serikat

AutonetMagz.com – Sejak tahun 2015, produsen mobil dunia berlomba lomba mengeluarkan mobil dengan spesifikasi hybrid. Walau penjualan hybrid tidak bisa dibilang seperti “selling like hot cake” namun tidak sedikit juga konsumen yang memilih hybrid. Bicara tentang produsen mobil hybrid maka kita tidak bisa terlepas dari Toyota sang produsen hybrid yang cukup terkenal bernama “Prius”.

Bila kita tarik waktu pada tahun 1997, dimana saat itu Prius generasi pertama diluncurkan, maka bisa dikatakan penetrasi Prius ke pasar tidaklah mudah. Bahkan saat risetnya saja di tahun 1995 tidak ada kejelasan masa depan akan konsep hybrid, bahkan para insinyur sempat tidak bisa menjalankan prototype prius saat itu sampai 49 hari lamanya karena kesalahan teknis.

toyota-prius-concept-1995

Toyota Chairman Takeshi Uchiyamada sempat memberi curhat, “Kami tidak tahu apa yang salah dari ini, jadi kami coba cari tahu dengan bekerja sampai larut malam dan pada akhirnya saat Natal mobil ini bisa jalan juga, namun cuma bisa 500 meter saja!”

Tidak disangka dari ketidak-tentuan akan masa depan konsep mobil ini nyata-nyatanya justru bisa mencetak banyak varian hybrid berlogo T bulat telur itu. Bahkan kini di tahun 2015, Toyota telah mencetak 8 juta unit mobil hybrid di seluruh dunia sejak tanggal 31 Juli kemarin. Tentu saja ini bukan hanya Prius, ada juga line up Toyota yang di-hybrid-kan termasuk versi plug-in hybrid.

toyota-prius-generation

Berdasarkan kalkulasi yang panjang, Toyota meng-klaim berhasil menekan kurang lebih 58 juta lebih ton emisi CO2 yang biasanya dikeluarkan oleh mobil bermesin bensin dengan ukuran yang sama dan performa mengemudinya. Tidak hanya sampai disitu saja, Toyota meng-klaim telah berhasil menghemat 22 juta kiloliter bensin. Tentu saja ini dibandingkan dengan mobil berbahan bakar bensin berdimensi serupa dengan varian hybrid yang dijual.

Sejak peluncuran Prius tahun 1997, sebenarnya Toyota sudah berencana menerapkan sistem Hybrid ini pada semua lininya. Mulai dari Yaris Hybrid sampai ke RAV4 Hybrid, kini Toyota sudah punya 30 lini Hybrid dan Plug-in Hybrid lebih dari 90 pasar. Belum lagi 12 bulan terakhir saja Toyota menambah lini Hybridnya salah satunya Esquire Hybrid (JDM), Lexus RC300H, dan Sienta Hybrid.

lini-toyota-hybrid-eropa

Waktu yang panjang, perjalanan yang panjang bagi Toyota dengan Hybridnya, tinggal menunggu waktu saja Hybrid akan menyentuh pasar kelas bawah. Bisa saja kedepannya akan ada Toyota Agya Hybrid dan Toyota Avanza Hybrid. Mustahil? Tidak juga, toh Avanza saja kini sudah bisa merasakan Dual VVT-i, Hybrid yah pasti lama lama sampai kok walaupun entah kapan, mungkin saat jembatan Selat Sunda sudah ada haha… Ada komentar? seperti biasa ya sampaikan di bawah.

Read Prev:
Read Next:

Yudakusuma Kelihatannya saja masih muda, tapi dalam hatinya lebih senang mobil tua, atau nama bekennya Motuba yang artinya Mobil Tua Bangka. Mengawali karir menulis lewat blog wordpress yang sampai sekarang rajin ditulis ketimbang skripsinya sendiri.... | @yudakusuma_ab

  • farid

    Toyota memang pelopor untuk teknologi mobil yg ramah lingkungan,seperti mobil hybrid yg pertama prius yg kemudian diikuti pabrikan lain seperti honda dgn mobil hybrid honda insight nya,dan mobil berbahan bakar hidrogen toyota fcv yg kemudian jadi versi produksi toyota mirai(walau dalam waktu bersamaan honda juga mengembangkan mobil berbahan bakar hidrogennya)