Toyota Dominasi Ekspor Mobil Indonesia, Zenix & Yaris Cross Jadi Primadona

by  in  Berita & Merek Mobil & Nasional
Toyota Dominasi Ekspor Mobil Indonesia, Zenix & Yaris Cross Jadi Primadona
0  komentar

AutonetMagz.com – Saat sebuah pabrikan mobil memutuskan untuk mendirikan pabrik dan merakit lokal kendaraan, maka target pasarnya bukan hanya pasar dalam negeri saja melainkan juga pasar ekspor. Selain membantu memenuhi target produksi dari pabrikan tersebut, ekspor mobil juga tentunya mendatangkan devisa bagi Negeri kita tercinta. Dan tidak afdol rasanya jikalau kita membahas ekspor mobil jika tidak membahas angka ekspor Toyota Indonesia. Kok bisa? Jelas, karena sumbangsih Toyota pada angka ekspor mobil Indonesia mencapai lebih dari 50% lho. Yuk kita bahas.

Dominasi Ekspor Toyota

Di paruh pertama tahun 2023 ini, ekspor mobil Indonesia telah mencapai angka 248.004 unit. Dan 56,2% dari angka tersebut atau setara 139.581 unit merupakan produk yang berlabel Toyota. Yap, dominasi Toyota pada angka ekspor mobil Indonesia memang layak diapresiasi. Apalagi, angka ini sejatinya naik 2,6% ketimbang periode yang sama di tahun lalu. Selain itu, ada perbedaan utama di komoditas ekspor Toyota Indonesia pada tahun ini, yaitu mulai diekspornya produk elektrifikasi rakitan Indonesia. Toyota sendiri telah merakit 2 kendaraan elektrifikasi di Tanah Air, yaitu All New Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid dan Toyota Yaris Cross Hybrid. Dan keduanya pun juga dikirim dari Indonesia untuk pasar ekspor.

“Antusiasme dan apresiasi positif selama Januari hingga Juni 2023 terhadap kehadiran sejumlah lini kendaraan Toyota Indonesia, termasuk primadona baru Kijang Innova Zenix dan Yaris Cross yang juga sudah dilengkapi dengan varian elektrifikasi, mencatatkan angka total produksi untuk kebutuhan pasar domestik dan internasional hingga lebih dari 30.500 unit. Pencapaian ini memacu semangat kami berinovasi serta meningkatkan daya saing SDM nasional untuk menghadirkan kendaraan berteknologi tinggi lainnya. Kedepannya, kami pun berupaya untuk berkontribusi pada target dekarbonisasi Pemerintah Indonesia dengan menjangkau lebih banyak konsumen dengan beragam kebutuhan pilihan kendarannya masing-masing,” ujar Bob Azam Wakil Presiden Direktur PT TMMIN.

SUV Jadi Primadona Ekspor

Dari 139 ribuan unit mobil yang diekspor oleh TMMIN, sebanyak 78.102 unit merupakan mobil berjenis SUV meliputi Toyota Fortuner, Toyota Raize, dan Toyota Rush. Segmen ini memberikan sumbangsih yang cukup besar, apalagi dalam list ini juga bercokol nama baru Toyota Yaris Cross. Sedangkan sumbangsih kedua terbesar dicapai oleh segmen MPV seperti Toyota Kijang Innova, Toyota Kijang Innova Zenix, Toyota Avanza, Toyota Town/Lite Ace, dan Toyota Veloz. Segmen MPV mampu membukukan angka ekspor di 49.767 unit. Sedangkan sisanya sebanyak 11.712 unit disumbang oleh segmen hatchback dan LCGC seperti Toyota Yaris hatchback dan Toyota Agya.

“Kami juga ingin menyampaikan terima kasih atas pembinaan Pemerintah Indonesia di bidang sektor otomotif serta dukungan sarana infrastruktur yang optimal, sehingga kami dapat meningkatkan volume ekspor lebih baik pada tahun ini. Kami juga akan melakukan ekspansi negara-negara tujuan ekspor produk buatan SDM bangsa terutama ke Kawasan Afrika yang semakin berkembang,” tambah Bob. Oiya, angka 139 ribuan unit tersebut sudah melebihi 50% dari total kapasitas ekspor Toyota Indonesia yang ada di angka 250 ribu unit lho. Bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: