Toyota dan Mazda Garap Crossover Hybrid Baru, Pakai Platform Toyota dan Mesin Diesel Mazda

Toyota dan Mazda Garap Crossover Hybrid Baru, Pakai Platform Toyota dan Mesin Diesel Mazda
0  komentar
Toyota C-HR 2015

AutonetMagz.com – Setelah resmi bekerja sama, Toyota dan Mazda sudah mengumumkan apa yang akan mereka buat sebagai pilot project, yakni membangun sebuah crossover hybrid. Masing-masing pabrikan akan memberikan teknologi terbaik mereka agar mobil ini bisa terwujud, yakni dengan dasar platform Toyota Prius lengkap dengan sistem hybrid-nya dan mesin 1.500 cc 4 silinder turbo diesel SkyActiv-D dari Mazda.

Sistem hybrid-nya diklaim akan identik dengan kepunyaan Prius, sementara mesin diesel SkyActiv-D kemungkinan dicomot dari crossover Mazda CX-3 yang punya line-up diesel 1.500 cc. Mesin diesel ini sanggup mengeluarkan tenaga 103 hp dan torsi 249,4 Nm, sangat menjanjikan dengan torsi yang besar.

Mazda-CX-3-Design-Astyonishing

Dipadu dengan sistem hybrid, crossover yang belum diberi nama ini akan mampu menempuh jarak 800 km sebelum harus isi bensin lagi. Sumber internal Toyota juga mengatakan kalau ia akan memiliki rasa pengendaraan yang jauh lebih baik daripada Prius. Mengenai bentuknya, Toyota C-HR Concept-lah yang akan menjadi petunjuknya, tentu dengan sejumlah penyederhanaan detail dan tambahan pintu.

toyota yaris facelift 2015

Selain crossover baru ini, Toyota juga sudah bilang kalau Yaris generasi berikutnya akan menggunakan sasis dari Mazda 2 serta akan melanjutkan kerja samanya untuk membuat city car elektrik kembar untuk bersaing dengan BMW i3. Keunggulannya, ia disiapkan untuk memiliki jarak tempuh 198,4 kilometer dan harga sekitar 23.000 dollar AS (306 juta rupiah).

Wah, mantap juga kerja samanya Toyota dan Mazda, sudah mau bikin crossover saja. Bagaimana pendapatmu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:

Hillarius Satrio Seorang pehobi otomotif yang masih mengunyah bangku kuliah. Sangat menyukai mobil yang bisa lari kencang, khususnya mobil sport Jepang. Sekarang juga sedang menggeluti dunia desain mobil, diawali dengan dunia modifikasi digital atau bisa disebut "Digimods" dan berlanjut ke membuat mobil di aplikasi 3 Dimensi. | twitter: @hillsatrio