Test Drive Hyundai Tucson Facelift XG 2014 by AutonetMagz with Video

by  in Hyundai&Review
Test Drive Hyundai Tucson Facelift XG 2014 by AutonetMagz with Video
0  komentar

Review dan test drive Hyundai Tucson baru Indonesia 2015Jakarta, AutonetMagz – Setelah kami melakukan first impression review Hyundai Tucson 2014 pada tanggal 25 April 2014 silam saat peluncuran New Hyundai Tucson facelift dan Hyundai H1 facelift, akhirnya kali ini AutonetMagz berkesempatan untuk mencoba langsung Hyundai Tucson facelift tipe XG yang merupakan tipe tertinggi.

Eksterior

Pada desain eksterior, Hyundai Tucson XG ini mendapatkan ubahan yang cukup kentara pada desain grille depan, lampu depan dengan projection dan LED serta LED DRL (Daytime Running Light) di samping fog lamp. Meskipun ubahannya hanya sebatas facelift, namun perubahan yang cukup signifikan ini membuat tampilan Hyundai Tucson baru jauh lebih mempesona dibandingkan dengan versi sebelumnya, bahkan kami melihatnya seperti Hyundai Santa Fe yang lebih kecil.

Harga Hyundai Tucson baru

Selain itu, New Hyundai Tucson XG juga memiliki ubahan dari segi pewarnaan velg yang kini memiliki warna gun metal dengan sedikit kombinasi polished finishing agar tampil lebih sporty. Selain itu pada bagian belakang terdapat ubahan pada kombinasi lampu belakang LED yang terlihat modern dan futuristik.

Kelebihan mobil Hyundai Tucson baru

Interior

Medium SUV Korea ini memiliki basis yang sama dengan saudaranya, KIA Sportage yang juga baru saja mendapatkan facelift di pertengahan tahun 2014 kemarin. Namun meskipun dibangun dari basis yang sama, antara Hyundai Tucson dan KIA Sportage memiliki tampilan yang sama sekali berbeda baik dari eksterior maupun interior.

Masuk ke dalam kabin Hyundai Tucson terasa sangat menyenangkan. Hyundai membuat seluruh bagian dari interior mobil ini mudah untuk dijangkau oleh pengemudi dan terasa pas dengan posisi tangan, mulai dari tombol audio, AC, power window hingga penempatan-penempatan sandaran tangan yang terasa sudah di desain sedemikian rupa untuk kenyamanan pengemudi.

Interior dashboard Hyundai Tucson XG baru

Secara material plastik interior, jujur saja kami tidak menemukan sesuatu yang spesial seperti material soft touch ataupun model jahitan yang saat ini sedang tren di mobil-mobil keluaran terbaru.

Oke, memang materialnya terdiri dari plastik-plastik keras, namun kualitas pengerjaan dan detailing-nya yang sangat rapi mungkin bisa dibilang ini sekelas mobil Eropa dan membuat kita merasa mobil ini lebih mewah.

Fitur Hyundai Tucson baru tipe tertinggi

Hyundai juga menyisipkan beberapa finishing yang terasa cukup premium, seperti contohnya di sekitar audio, Hyundai memberikan rubber finish, tombol-tombol audio yang lembut ketika disentuh dan penggunaan bahan sintetis pada pegangan pintu door trim.

Well, meskipun door trim milik Hyundai Tucson ini sepertinya terlalu gelap dan sederhana walaupun memiliki kontur yang unik.

Kabin interior depan New Hyundai Tucson

Masih seputar dashboard, Hyundai memberikan sistem audio yang mungkin kurang greget jika dibandingkan dengan audio mobil saat ini. Hyundai memberikan sistem audio model indash dengan koneksi USB, AUX dan CD player yang dapat memutar MP3.

Audio juga dapat dikontrol melalui setir seperti halnya mobil dengan harga di atas 300 juta lainnya. Namun Hyundai memberikan sebuah subwoofer di bagian bagasi dengan tempat yang sangat rapi tanpa harus mengganggu kapasitas ruang bagasi.

Fitur lainnya seperti rear parking camera tidak disediakan di dalam head unit, namun justru diletakan pada spion tengah yang sudah dilengkapi dengan fitur electrochromatic yang dapat mengurangi intensitas cahaya secara otomatis ketika disorot dengan cahaya berlebih dari belakang.

Duduk di bangku kemudi, kita akan disuguhkan dengan setir dengan bahan kulit yang sangat lembut ketika dipegang, bahkan mungkin ini adalah setir mobil yang paling nyaman digenggam untuk SUV dibawah 400 juta. Di balik setir kita akan menemukan sebuah speedometer dengan desain sederhana lengkap dengan MID di bagian tengahnya.

Speedometer dengan MID untuk melihat konsumsi BBM bensin Hyundai Tucson

Kursi dengan jok berwarna orange mungkin bukan selera semua orang, warna orange ini memang menjadi warna jok kulit standar di seluruh Hyundai Tucson baik untuk varian GLS atau XG.

Ketika duduk di kursi pun kita tidak perlu meragukan kenyamanan kontur dan bahan kulit dari Hyundai Tucson XG ini, bahkan sepertinya Hyundai ingin membuat pengendaranya terasa se-rileks mungkin saat berkendara.

Warna interior jok orange pada Hyundai Tucson XG tipe tertinggi

Hal yang kami perhatikan dari Hyundai Tucson facelift ini meskipun ia memiliki basis yang sama dengan KIA Sportage, Hyundai Tucson memiliki interior yang terasa lebih luas karena penggunaan desain kaca samping yang lebih besar yang membantu visibilitas pengendara dan penumpang, meskipun pilar A masih terasa terlalu tebal dan sedikit menghalangi visibilitas pengemudi.

Fitur dan spesifikasi Hyundai Tucson baru new 2015

Duduk di kursi belakang dari Hyundai Tucson XG tidak kalah nyaman dengan kursi depan. Kita akan menemukan ruang kaki, kepala yang lebih dari cukup, ditambah sandaran kursi reclining yang bisa membuat posisi duduk lebih rebah.

Jangan tanya bagaimana kontur kursinya, karena Hyundai Tucson ini sangat nyaman untuk ukuran mobil dikelasnya, bahkan lebih nyaman dibandingkan SUV lain dengan harga diatas 400 jutaan. Selain itu penumpang belakang juga bisa ikut merasakan panoramic sunroof agar tidak bosan.

Kapasitas bagasi mobil ini cukup luas dengan kapasitas 1.414 liter dalam keadaan kursi tengah terlipat rata lantai dan 728 liter dalam keadaan kursi tengah digunakan. Cukup besar bila dibandingkan dengan Honda HR-V dan Mitsubishi Outlander Sport.

Fitur

Bicara tentang fitur sebenarnya mobil ini tidak begitu kaya fitur ditengah teknologi-teknologi canggih yang sedang tren masuk ke dalam SUV. Meskipun begitu Hyundai Tucson sudah dilengkapi dengan fitur-fitur seperti Chromatic Rear Mirror atau kaca spion tengah yang sekaligus berfungsi sebagai display dari Rear Parking Camera, sub woofer, LED DRL, Panoramic Sunroof, jok kulit berkualitas baik dan 4 buah rem cakram.

Hyundai Tucson panoramic sunroof

Namun fitur-fitur seperti Keyless Entry with Start Stop Engine, Electronic Stability Control, Hill Start Assist, GPS Navigation, Bluetooth Audio, AC Digital dengan Climate Control belum tersedia di mobil ini. Rasanya jika fitur-fitur tersebut ditambahkan, mobil ini akan memiliki nilai tambah lebih.

Ride and Handling

Menyalakan mesin mobil ini sama halusnya dengan mobil Korea masa kini yang sangat memperhatikan kualitas Noise, Vibration and Harshness (NVH). Mulai dari getaran mesin yang sangat lembut dan peredaman kabin yang baik membuat mobil ini terasa diatas kompetitornya yang berasal dari Jepang. Melaju di kecepatan tinggi dan menembus keruwetan kota Jakarta juga masih terasa tenang di dalam kabin Hyundai Tucson. Kami tidak mendengar suara ban, mesin dan angin yang berlebih di mobil ini.

Harga dan spesifikasi New Hyundai Tucson facelift baru 2015

Ditengah kompetisi SUV yang ingin memiliki handling seperti sebuah sedan dengan memberikan setir yang berat dan suspensi yang keras. Hyundai dan KIA justru sebaliknya, di Hyundai Tucson ini mereka membuat diferensiasi untuk menyasar orang-orang yang mengutamakan kenyamanan dan kemudahan mengemudi.

Mudah saja, pegang setir kemudi, kita akan mendapatkan setir yang sangat bahkan terlalu ringan untuk sebuah SUV. Radius putar yang sangat baik bahkan bisa dibilang paling baik di kelasnya membuat mobil ini sangat mudah diparkirkan meskipun memiliki dimensi yang besar. Soal suspensi? Jangan tanya lagi, suspensi mobil ini sangat lembut seperti membuat kontak antara jalan dan kabin terputus.

Kelebihan dan kekurangan mobil SUV Korea Hyundai Tucson

Yap, mobil ini memang sangat mudah dikendarai dan sangat nyaman untuk pengemudi dan penumpangnya, bahkan ketika melewati jalan buruk sekalipun mobil ini masih memiliki bantingan suspensi yang sangat nyaman. Namun jika kita berbicara dan membandingkan dengan SUV masa kini yang dinamis, tentunya Hyundai Tucson XG ini harus sedikit minder karena performa handlingnya terasa kurang.

Nah, karena penggunaan suspensi yang lembut dan setir yang ringan, mobil ini kurang memuaskan jika kita bicara soal handling. Body roll mobil ini cukup terasa tapi tidak berlebih, begitupula di kecepatan tinggi mobil ini terasa kurang mantap dibandingkan dengan kompetitor meskipun masih terasa stabil di kecepatan tinggi.

Handling SUV Korea Hyundai Tucson

Performa Mesin

Mesin 2.0 berkode NU terbaru ini mungkin memiliki tenaga lebih kecil dibandingkan dengan mesin Theta II dengan 166 Hp. Namun mesin ini di klaim lebih hemat bahan bakar dibandingkan pendahulunya karena memiliki torsi dan tenaga maksimum di putaran mesin yang lebih rendah.

Mesin Nu 2.0 ini mampu mengeluarkan tenaga sebesar 158 ps pada 6.200 Rpm dan torsi sebesar 19.6 Kgm pada 4.000 Rpm. Meskipun tenaganya mengalami penurunan, kami tidak merasakan pengurangan akselerasi yang signifikan, bahkan hampir tidak terasa jika dibandingkan dengan mesin generasi sebelumnya. Justru konsumsi BBM yang lebih irit dapat kami rasakan dengan mudah di mesin ini.

Mesin baru Hyundai Tucson Indonesia

Hal yang menarik ada pada transmisi 6 percepatan yang juga kita temukan di KIA Sportage. Karena kedua mobil ini memiliki basis yang sama, Hyundai Tucson memiliki transmisi yang cukup responsif sehingga kita tidak perlu untuk melakukan perpindahan ke mode manual ketika hendak berakselerasi. Cukup menyenangkan!

Kesimpulan

Kesimpulan kami setelah mencoba Hyundai Tucson Facelift, SUV ini adalah SUV yang diperuntukan untuk anda yang mengutamakan kenyamanan penumpang dan kemudahan berkendara, bukan untuk anda yang mengutamakan dinamika berkendara seperti SUV Jepang yang kita temukan saat ini. Mobil ini bisa menjadi alternatif ditengah banyaknya SUV Jepang yang menawarkan driving dynamics namun mengorbankan kenyaman.

Performa Hyundai Tucson baru SUV Korea

Dengan harga On The Road 379 Juta Rupiah, tentunya ini bukan mobil yang murah, namun jika dibandingkan dengan kompetitornya seperti Honda CR-V 2.0, Nissan X-Trail 2.0 dan Mazda CX-5 2.0, harga Hyundai Tucson ini tergolong terjangkau karena kita sudah mendapatkan spesifikasi tertinggi yang sudah dilengkapi dengan Panoramic Sunroof, jok kulit, LED DRL dan audio dengan subwoofer.

Kelebihan dan keuntungan membeli SUV Korea Hyundai TucsonSatu hal yang membuat mobil ini sulit untuk dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau karena Hyundai Tucson Facelift XG ini adalah produk import yang didatangkan langsung oleh PT Hyundai Mobil Indonesia langsung dari negara asalnya Korea, tidak seperti kompetitornya yang kebanyakan merupakan rakitan lokal atau Thailand.

Untuk melengkapi artikel, saksikan video review dan test drive Hyundai Tucson facelift oleh AutonetMagz dibawah ini

Read Prev:
Read Next:
  • thomas bs

    Luar biasa untuk reviewnya,menyeluruh dan memberikan plus minus dibanding rival suv jepang. Sangat membantu,kebetulan saya juga sedang pertimbangan suv korea atau jepang. Sukses terus dan selalu objektif! Top untuk Autonetmagz!

  • 4B11

    Sayang spertinya ukuran velg kurang gede

  • wowkeren

    lebih mending ini jelas daripada CR-V. bagus lagi.

  • okisyauqi

    Tambah fitur keyless & start stop, esc, hsa, sama audio monitor pasti sempurna tu… tapi ya… resiko nambah 15 jutaan

  • ade

    whatttt … rp379jt !!
    mending H-RV x,ud dpt type trtinggi plus fitur2 ok n jaringan after sales yg lbh baiik atw bhkn nissan x-trail.

    • Dicky

      ane spendapat, harganya kemahalan dgn fitur seperti itu, bahkan dgn KIA sportage 2013 pun masih lebih bagus sportage, sentuhan desain si peter emang top dah

  • yongki

    blm nemuin review dan test drivenya chevrolet captiva vcdi indonesia, bisa dibikinin ga om..
    thx

  • Dbndng hrv ma outlander sport mndng ini gk neko2

  • amar

    Ni mobil klsnya CR-V,bukan HR-V.lebih milih ni mobil,fitur” kyk gitu jarang kepakek,meskipun gk berlimpah fitur safety,tapi klo cara berkendara biasa aja n safety,aman” aja kok

  • Mendingan Xtrail

  • Hasyim Asyari

    Kerenn nih mobil.. sdh muter2 cari suv, pas nemu ini trs test drive.. beda banget empuk dan akhirnya memilih ini.. mobilnya enak, ga ribet buat apa fitur banyak tp ga nyaman dikendarai.. yg ada cuma jual merek doang..