Tata Nano Gen X Facelift 2015 Kini Punya Transmisi AMT

by  in International&Mobil Baru&Tata
Tata Nano Gen X Facelift 2015 Kini Punya Transmisi AMT
0  komentar

Tata Nano Gen X Facelift 2015Jakarta, AutonetMagz – Setelah Suzuki Karimun Wagon R di Indonesia mendapatkan transmisi automatic model AMT, ternyata tren transmisi matic murah ini berlanjut ke mobil-mobil murah lainnya yang ada di India. Nah kali ini Tata Nano Gen X Facelift selain mendapatkan ubahan tampilan eksterior, transmisinya juga kini sudah dilengkapi dengan teknologi AMT bawaan Magneti Marelli.

Baca juga : Test Drive Review Suzuki Karimun Wagon R AGS AMT Automatic

Sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 2008 silam, mobil yang digadang-gadang sebagai mobil termurah di dunia tidak memberikan hasil yang baik bagi Tata, penjualannya jauh dibawah ekspektasi dan sayangnya gagal diperkenalkan di beberapa negara, termasuk Indonesia. Padahal Tata Indonesia pernah melakukan studi terhadap mobil ini di Indonesia.

[su_custom_gallery source=”media: 29307,29302″ limit=”2″ link=”attachment” width=”300″ height=”300″ title=”never”][su_custom_gallery source=”media: 20192,20167″ limit=”2″ link=”attachment” width=”300″ height=”300″][/su_custom_gallery]

 Varian tertinggi Tata Nano

Tata Nano GenX merupakan varian tertinggi yang memiliki tampilan lebih mewah secara eksterior dan interior, meskipun bagi kami penampilan mewah ala Tata ini terkesan lebay dan terlalu memaksakan sih. Perbedaan paling mudah dari bagian depan ada pada lampu depan baru dengan aksen blackout, grille baru dengan warna hitam dan bumper ala joker yang sedang tersenyum.

Dari belakang, kita akan menemukan perbedaan pada bentuk kaca belakang yang kini memiliki lengkungan di garis bawah, aksen menghitam di bawah pintu belakang, dan tidak lupa ditambah dengan bumper belakang baru yang senada dengan bumper depan dengan senyuman ala joker. Dari jauh pun, kita akan mengenali mobil ini dengan mudah bahwa ini Tata Nano yang lebih mahal.

Tata Nano Gen X Interior DashboardMasuk ke dalam interior kita akan menemukan perubahan pada setir model baru, kombinasi warna dashboard dan speedometer yang lebih advanced. Karena ini adalah varian yang paling tinggi dari Tata Nano, tentu saja mobil ini sudah dilengkapi dengan AC, MID, Radio lengkap dengan CD, USB, AUX hingga koneksi Bluetooth. Dua buah speaker diletakan di dashboard depan dan di tray belakang juga diberikan dua speaker tambahan.

Mobil ini memang diperuntukan sebagai mobil murah yang menjadi alternatif bari pengemudi roda 2 yang ingin upgrade menjadi roda 4, tidak heran jika mobil ini disebut-sebut sebagai mobil termurah di dunia pada saat pertama kali diluncurkan. Namun meskipun murah, Tata sudah melengkapi Tata Nano Gen X dengan electric power steering (EPAS) dan mode sport pada transmisi 5 speed AMT mobil ini, wow sports mode!

Tata Nano Genx X AMT TransmissionTapi sebaiknya jangan senang dulu kawan, karena meskipun memiliki sports mode, mesin mobil ini hanya mengeluarkan tenaga sebesar 38 PS pada 5,500 rpm dan torsi sebesar 51 Nm pada 4,000 rpm. Harap dimaklumi mengingat mobil ini hanya menggunakan mesin 600 cc 2 silinder saja. Masih kepikiran mau ngebut dengan mobil ini? Tentu saja mobil ini patut dimaklumi performanya mengingat harganya yang sangat murah, namun untuk adu irit bahan bakar, mobil ini bisa diacungi jempol karena konsumsi BBM rata-ratanya bisa mencapai 23.6 kpl untuk varian manual dan 21.9 kpl untuk varian AMT.

Improvement yang dilakukan tata terhadap mobil ini tidak hanya sekedar tampilan luarnya saja. Namun Tata kini memperkuat struktur kabin Tata Nano untuk keselamatan dengan anti roll bar, crumple zone body untuk kecelakaan frontal dan side impact beams pada pintu samping mobil ini. Tata mulai memperhatikan tes tabrak dari mobil ini mengingat Datsun GO yang memiliki nilai uji tabrak sangat buruk ternyata memberikan efek yang buruk pula pada penjualannya.

Baca Juga : Datsun GO Tidak Lulus Uji Tabrak

[su_custom_gallery source=”media: 29305,29301″ limit=”2″ link=”attachment” width=”300″ height=”300″ title=”never”][su_custom_gallery source=”media: 20192,20167″ limit=”2″ link=”attachment” width=”300″ height=”300″][/su_custom_gallery]

Tata Nano dibanderol dengan harga mulai dari 199 Lakhs hingga 289 Lakhs. Varian tertingginya mendapatkan paket aksesori yang terdiri dari jok kulit, body kit, sensor parkir, remote alarm dengan pembuka bagasi belakang dan sebuah sunroof. Sunroof? Iya sunroof, Tata Nano adalah mobil termurah di dunia dengan opsi sebuah sunroof pada aksesoris resmi mereka.

Sebagai informasi, Suzuki Karimun Wagon R di India dibanderol dengan harga mulai dari 369 Lakhs hingga 453 Lakhs. Loh kok jadi Karimun Wagon R? Maksudnya, jika Suzuki Karimun Wagon R dibanderol dengan harga 453 Lakhs di varian tertinggi dan di Indonesia memiliki rentang harga 110 juta-an, mungkin Tata Nano Gen X bisa dibanderol dengan harga 40 hingga 60 jutaan jika masuk ke Indonesia sebagai LCGC dibandingkan dengan Karimun Wagon R. Cukup menarik bukan?

Read Prev:
Read Next:

Ridwan Hanif Penulis sekaligus pecinta dunia otomotif, kadang-kadang suka ngebut walaupun hanya pada saat jalanan sepi, paling benci dengan kemacetan Jakarta tetapi enggan untuk pindah keluar kota. Soal irit-iritan konsumsi BBM jangan ditanya, dia jagonya... Maksudnya jago ngabisin bensin... Hehehe | twitter: @ridwanhr

  • er satria

    bakal sulit masuk indo krn boil murah dah ad yg monopoli….infonya di IIMS pertama kali diperkenalkan sudah banyak yg pesan Tata nano tp gak jadi keluar, kenapa ya? padahal secara kualitas ya lumayan aplg plat bodi mobil”nya yg sdh ada d indo gile tebelnya mengingat Tata perusahaan Baja terbesar di India, makin banyak merk makin banyak pilihan semoga harga kompetitif

  • rizki

    jadiin LCGC aja

  • wowkeren

    Buat yang pengen smart for two tapi belom kesampean, beli ini aja.