Tak Hanya Jakarta, Begal Spion Juga Marak Di New York

by  in Berita&International
Tak Hanya Jakarta, Begal Spion Juga Marak Di New York
0  komentar

AutonetMagz.com – Masih ingatkah kalian dengan aksi para pembegal spion mobil yang tertangkap kamera di jalanan Ibukota beberapa waktu silam? Yap, aksi dari para begal spion tersebut terbilang cukup berani karena dilakukan di keramaian, dan tentunya kerugian yang dialami oleh sang pemilik kendaraan juga tak bisa dibilang sedikit, termasuk tidak bisa digunakannya kendaraan sementara waktu. Nah, ternyata aksi kriminal ini tak hanya terjadi di Indonesia saja, namun juga di Amerika Serikat, khususnya di New York.

Begal Spion di Indonesia ( Foto By Liputan6 )

Mengutip dari laman New York Post, pihak Kepolisian New York (NYPD) menyatakan bahwa ada 18 kejadian begal spion di pusat Bisnis Negeri Paman Sam ini dalam tempo antara tanggal 1 Maret 2019 hingga 26 April 2019. Nah, menariknya, modus dari begal spion di Indonesia dan Amerika Serikat ini bisa dikatakan sama, yaitu mengincar mobil yang dianggap ‘mahal’ atau ‘mewah’ di kawasan tersebut. Di Indonesia sendiri, MPV mevvah seperti Toyota Alphard atau Toyota vellfire menjadi sasaran empuk para begal spion, sedangkan di New York, sasaran mereka adalah mobil lansiran Audi, Mercedes-Benz, Lexus, BMW, hingga Porsche, wadaw.

Nah, salah satu nilai ‘tambah’ untuk spion dari produk – produk yang menjadi incaran begal di New York ini karena adanya built in cameras di spion tiap mobil tersebut. Oleh karenanya, harga dari satu buah Spion yang sudah didapatkan bisa mencapai 1.500 hingga 2.000 USD, alias mencapai 21 hingga 29 jutaan Rupiah. Ingat, itu untuk satu buah spion saja ya, kalau sepasang bisa dikalikan dua. Namun, begal spion di New York tidak mencuri spion dalam keadaan macet di siang hari, melainkan menyelinap di malam hari bak maling, ya memang maling sih. NYPD juga menyatakan bahwa modus ini baru terjadi di kawasan Manhattan saja.

Deputy Inspector Timothy Malin, Juru Bicara NYPD menyebutkan bahwa banyak warga yang kini mulai mengabaikan alarm mobil saat ini, namun beliau menghimbau jikalau alarm mobil berbunyi di tengah malam, maka perhatikan dan segera laporkan ke pihak berwajib. Pihak NYPD sendiri juga akhirnya menambah jumlah aparat untuk melakukan patroli di malam hari guna menekan angka begal spion di kota New York. Seperti yang kita ketahui, banyak mobil mevvah jaman now yang menggunakan spion dengan sejumlah kelengkapan canggih seperti fitur untuk membantu parkir maupun fitur lain seperti BSM.

Walaupun penggunaan spion canggih ini memudahkan, dan juga keren, namun disaat yang bersamaan spin akhirnya menjadi bagian yang berharga cukup mahal dan mengundang godaan bagi para kriminal. Apalagi, spion menjadi bagian paling mudah diraih dari mobil karena berada di sisi terluar dan mudah dipatahkan. Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: