Suzuki Meluncurkan Baby Satria, Suzuki Satria Young Star F115

Suzuki Meluncurkan Baby Satria, Suzuki Satria Young Star F115
0  komentar
Satria-F115-Young-Star-MotoGP-Edition

AutonetMagz.com – Untuk para penggemar motor underbone 150 cc seperti Suzuki Satria maupun mendiang Honda Sonic, pasti mengelengkan kepala melihat srategi Suzuki, karena setelah dirasa sukses dengan mengandalkan Suzuki Satria sebagai satu-satunya motor underbone 150 cc di pasar Indonesia, Suzuki Indonesia pada hari Jumat minggu (15/05) lalu memutuskan untuk mengeluarkan versi pahe dari Suzuki Satria, yang disebut Suzuki Satria Young Star F115.

Suzuki-Young-Star-launching

Secara tampilan. Satria Young Star F115, amat mirip dengan Suzuki Satria F150 yang lebih mahal, single headlight dengan visor sporty, body yang ramping, dan steering handle bar yang mengusung pengendalian sporty, ditambah bagian buntut yang menukik, memang memberikan kesan ‘Baby’ Suzuki Satria.

Suspensi yang diaplikasikan juga masih menganut model stereo (Dual shock) seperti motor bebek biasa, sehingga Satria Young Star ini lebih diutamakan untuk orang yang ingin styling underbone namun dapat digunakan untuk menunjang kegiatan sehari-hari (tidak over power).

Suzuki-Young-Star-2015

Yap, jika sudah ada yang menebak angka 115 di namanya memang berarti kapasitas mesinnya, itu memang benar, karena Satria Young Star menggunakan mesin berkonfigurasi tidur dengan kapasitas 115 cc, mirip dengan Suzuki Shooter namun jauh dari 150 cc konfigurasi tegak yang digunakan di Suzuki Satria.

Mesin 115 cc yang digunakan di Satria Young Star sudah menggunakan teknologi Fuel Injection yang diatur oleh Electronic Control Module, Suzuki juga menempatkan spark plug lebih dekat dengan ruang pembakaran untuk meningkatkan performa dan efisiensi mesin, ditambah dengan cover crank case berwarna gold untuk memperkuat tampilan sporty. Menurut tes internal Suzuki, kombinasi mesin dengan bobot yang ringan, dapat membuat Satria Young Star menempuh 63 km hanya dari 1 liter bahan bakar, namun klaim ini harus dibuktikan lagi di dalam kondisi penggunaan sehari-hari.

Satria-F115-Young-Star-Red-Red

Suzuki Satria F115 Young Star dibanderol dengan harga Rp. 16.500.000,- untuk 2 pilihan warna Celebration Red/Titan Black color dan Titan Black color, sedangkan untuk versi livery MotoGP color bisa dimiliki dengan harga Rp 16.800.000, alias Rp 300.000 lebih mahal.

Secara pribadi, kami menganggap strategi Suzuki ini agak sedikit aneh,karena mempertimbangkan pasar motor underbone (Motor bebek) yang terus menurun, ditambah di segmen Underbone 115 cc, dengan tampilan seperti Satria ini, telah bercokol juga Kawasaki Athlete yang penjualannya juga begitu-begitu saja, dan bukan sesuatu yang dapat diandalkan untuk meningkatkan volume penjualan sepeda motor Suzuki. Alangkah lebih baiknya Suzuki Indonesia membuat motor sport 150 cc berbasiskan engine Satria 150 yang sudah dikenal powerful, bagaimanapun juga, masih banyak fans merk Suzuki di Indonesia yang menunggu kedatangan varian Motor Sport yang terjangkau dari Suzuki.

Read Prev:
Read Next: