Suzuki Meluncurkan Baby Satria, Suzuki Satria Young Star F115

Suzuki Meluncurkan Baby Satria, Suzuki Satria Young Star F115
0  komentar
Satria-F115-Young-Star-MotoGP-Edition

AutonetMagz.com – Untuk para penggemar motor underbone 150 cc seperti Suzuki Satria maupun mendiang Honda Sonic, pasti mengelengkan kepala melihat srategi Suzuki, karena setelah dirasa sukses dengan mengandalkan Suzuki Satria sebagai satu-satunya motor underbone 150 cc di pasar Indonesia, Suzuki Indonesia pada hari Jumat minggu (15/05) lalu memutuskan untuk mengeluarkan versi pahe dari Suzuki Satria, yang disebut Suzuki Satria Young Star F115.

Suzuki-Young-Star-launching

Secara tampilan. Satria Young Star F115, amat mirip dengan Suzuki Satria F150 yang lebih mahal, single headlight dengan visor sporty, body yang ramping, dan steering handle bar yang mengusung pengendalian sporty, ditambah bagian buntut yang menukik, memang memberikan kesan ‘Baby’ Suzuki Satria.

Suspensi yang diaplikasikan juga masih menganut model stereo (Dual shock) seperti motor bebek biasa, sehingga Satria Young Star ini lebih diutamakan untuk orang yang ingin styling underbone namun dapat digunakan untuk menunjang kegiatan sehari-hari (tidak over power).

Suzuki-Young-Star-2015

Yap, jika sudah ada yang menebak angka 115 di namanya memang berarti kapasitas mesinnya, itu memang benar, karena Satria Young Star menggunakan mesin berkonfigurasi tidur dengan kapasitas 115 cc, mirip dengan Suzuki Shooter namun jauh dari 150 cc konfigurasi tegak yang digunakan di Suzuki Satria.

Mesin 115 cc yang digunakan di Satria Young Star sudah menggunakan teknologi Fuel Injection yang diatur oleh Electronic Control Module, Suzuki juga menempatkan spark plug lebih dekat dengan ruang pembakaran untuk meningkatkan performa dan efisiensi mesin, ditambah dengan cover crank case berwarna gold untuk memperkuat tampilan sporty. Menurut tes internal Suzuki, kombinasi mesin dengan bobot yang ringan, dapat membuat Satria Young Star menempuh 63 km hanya dari 1 liter bahan bakar, namun klaim ini harus dibuktikan lagi di dalam kondisi penggunaan sehari-hari.

Satria-F115-Young-Star-Red-Red

Suzuki Satria F115 Young Star dibanderol dengan harga Rp. 16.500.000,- untuk 2 pilihan warna Celebration Red/Titan Black color dan Titan Black color, sedangkan untuk versi livery MotoGP color bisa dimiliki dengan harga Rp 16.800.000, alias Rp 300.000 lebih mahal.

Secara pribadi, kami menganggap strategi Suzuki ini agak sedikit aneh,karena mempertimbangkan pasar motor underbone (Motor bebek) yang terus menurun, ditambah di segmen Underbone 115 cc, dengan tampilan seperti Satria ini, telah bercokol juga Kawasaki Athlete yang penjualannya juga begitu-begitu saja, dan bukan sesuatu yang dapat diandalkan untuk meningkatkan volume penjualan sepeda motor Suzuki. Alangkah lebih baiknya Suzuki Indonesia membuat motor sport 150 cc berbasiskan engine Satria 150 yang sudah dikenal powerful, bagaimanapun juga, masih banyak fans merk Suzuki di Indonesia yang menunggu kedatangan varian Motor Sport yang terjangkau dari Suzuki.

Read Prev:
Read Next:
  • Walter White

    Di kasih nama ada embel-embel satria meski spec beda jauh dengan harapan yang kepingin satria F150 tapi budget bapaknya gak mencukupi untuk beliin anaknya motor satria F150 bisa beralih ke satria 115. Target pasarnya cabe-cabean dan abg labil nih,

    • C5W

      kejam komentarnya….tapi masuk akal sih, kan versi pahe >_<

      • Walter White

        Ya kejam gak kejam tapi memang begitu kenyataannya om, yang banyak pakai satria itu anak SMP – SMA. Meski strategi suzuki dengan jual satria down spec ini terbilang aneh bagi banyak orang, tapi mereka dari pihak suzuki pasti punya alasan tersendiri.

        Penjualan motor suzuki selain satria 150 itu ngos-ngosan, siapa tau dengan adanya satria 115 bisa dongkrak penjualan. Meski sebenarnya banyak yang lebih berharap klo suzuki indonesia jualan motor sport 150 (bukan bebek sport). Seperti reborn FXR misalnya.

        • C5W

          iya, emang pasarnya satria tuh anak2 tanggung, kalo mengenai alasan, sh pasti bisa jualan kok, pasar 115 underbone pasti ada, tapi kecil banget, cuman bingung aja, dengan kondisi yang megap2 sekarang, kok Suzuki kaya gak ada taji en berusaha bangkit, cuman sekedar bisa survive aja syukur, kliatan maunya maen blue ocean aja, gak berani hadap2an sama pabrikan lain yang lebih gede, tapi mau sampe kapan gaya suzuki kaya begini terus, semua produknya serba tanggung, tanggung buat para fansnya, tanggung juga untuk bisa narik fans baru…berimbas tanggung juga penjualannya

    • ap88

      anak2 muda skrg bukan minta satria,sekarang pada minta ama ortu nya beliin r15 ato r25

      sudah saatnya satria berbenah

      • ap88

        maksud saya anak2 sekolahan

        • Jose FR

          Anak sekolahan di kelas saya sih pada minta mobil bro hehehwhwhw

      • Walter White

        Bukannya satria aja yang berbenah, tapi produk suzuki roda 2 secara keseluruhan. Honda & Yamaha udah punya strategi jauh di depan, ini suzuki seperti gak peduli. Mestinya bikin motor sport 150 lah minimal, pakai mesin satria F150 baik itu naked bike atau fairing. Kenyataanya malah produk seperti suzuki thunder masih di pertahankan.

    • bgas

      Wkwk dipake ke komplek doang klo buat bwa jauh mang.a kuat nahan badan kya mau push up gtu..

    • FU

      umur gw skrg 30 tahun lebih dan masih pake satria, gw pake udah 10 tahun dr masih kuliah. dulu blm jaman cabe cabean dan satria dulu emang motor keren di jamannya, tp tidak utk sekarang, tp gw skrg tetep enjoy aja pake satria FU mau dikata motor alay kek, motor cabe cabean kek bodo amat 😀

      • Walter White

        Kalau udah punya ya cuekin dan nikmatin aja dengan fakta di lapangan meski memang banyak di pakai sama cabe-cabean dan alay, di tambah banyaknya modifikasi satria F150 yang jauh dari “safety”. Jadi merusak image satria f150 yang sebenarnya bagus (terutama mesin).

        Saya lebih mengkritisi sama kebijakan suzuki indonesia yang punya strategi aneh sendiri di banding pabrikan R2 jepang lainnya. Tagline “Inovasi tiada Henti” seperti omong kosong. Saya sendiri juga pengguna produk suzuki R2.

  • jengki

    Oh motor Suzuki… Arah hidup kalian mau kemana??? Kalo main catur, gampang banget di skak sama kompetitornya…

    • C5W

      nah itu yang bingung,padahal RnD Suzuki ada, kemampuan bikin motor bagus bisa, durability ok, cuman masalah desain sama timingnya gak pas terus, kaya gak serius sama pasar Indonesia.

      • Jose FR

        Betul masalah mesin saya akuin bagus tpi masalah desai body, sudah saatnya mengganti jadi model suzuki hyabusa

      • Walter White

        Suzuki Indonesia lebih fokus di R4, untuk R2 bagaikan anak tiri.

  • jono sujono

    weh, ga jelas segmentasinya… bayangin kalau ada abg SMA minta motor satria tapi dikasih sama bapaknya satria jadi2an… paling2 dipretelin krn kecewa gak dibelikan satria yg beneran… gengsi beda jauh bos, bakalan di ecengin sama temen2nya…

  • VTEC

    keceng mana yah kira2 ama supra gw.. wkwkwkw

    • bgas

      Supra kli gan.. Dri cc aja gdeam supra.. Klo supra pke kopling tambah ketinggalan jauh kli tuh..

      • ian1234

        Mas bukan mau sombong supra saya lawan FU aja menang supra saya wkwkwk

  • Jose FR

    Kalo saya bilang sih suzuki itu mesinnya gila, saya punya suzuki shogun 2007 yang berarti dah 8 tahun umurnya, kalo masalah mesin sih masih responsif cuman jarang di service aja masih respon, jadi bagi saya yang pengguna motor suzuki, saya ga setuju modelnya kaya satria fu yang di pake terong dan cabe

    • Walter White

      Saya pengguna Skywave NR 125 produksi 2008 juga sampai sekarang masih enak di pakai tuh. Kualitas mesin suzuki oke lah, boleh di adu sama honda dan yamaha.

      Tapi mau service aja cari dealer suzuki susah banget, dealer suzuki dekat rumah udah berubah jadi yamaha. Sekalinya ketemu dealer suzuki, mesti menempuh perjalanan rada jauh dan sepi banget.

      Montirnya sampai bisa duduk-duduk main hp segala. Suzuki indonesia itu untuk After sales & Resale Value masih jauh dari kata bagus. Kecuali Resale Value dari satria F150, udah 1 produk itu aja yang bagus. Selebihnya terjun bebas.

      • Jose FR

        Betul bangat saya juga mau service jelas” kemaren suzuki eh malah besoknya langsung jadi yamaha

  • Jose FR

    Oh jelas soalnya yang minta cewe hahahhaha

  • Putut Son Maria

    para petinggi suzuki R2 ini gimana sih ? bikin produk kok sepertinya coba-coba dan gak niat untuk sukses. apa gak didengerin tuh para enthusiast suzuki R2 yang udah mengancam bakal lari ke merk lain kalo suzuki tetap gitu gitu aja ? produkmu yang jadi champion cuman Satria FU doang, yang laen hidup segan mati tak mau. maksudmu apa sih suzuki R2 ?

  • bimz11

    target pasar : bibit alay dan alay newbie. hihihi

  • Calon penunggu gudang selanjutnya dari sujiku………..ngoahahahah