Susul Corolla, Toyota Etios Juga Disuntik Mati di India

Susul Corolla, Toyota Etios Juga Disuntik Mati di India
0  komentar

AutonetMagz.com – Beberapa waktu lalu kami sudah sempat mengabarkan bahwa Toyota Corolla harus disuntik mati di India karena penjualannya yang tidak menggembirakan. Ternyata, di waktu yang bersamaan, pihak Toyota Kirloskar Motor (TKM) selaku APM Toyota di India juga menyuntik mati satu produk yang familiar di mata kita, yaitu Toyota Etios. Sebenarnya, di Indonesia sendiri Toyota Etios sudah cukup lama disuntik mati, hanya saja hingga saat ini unit mobil kompak Toyota tersebut masih mudah kita temui di jalanan.

Toyota Etios Facelift 2016

Nah, pihak Toyota Kirloskar Motor telah resmi menyuntik mati Toyota Etios di India, dimana seluruh varian mobil ini juga disuntik mati. Oiya, untuk Toyota Etios sendiri memiliki beberapa varian, yang pertama adalah Toyota Etios sedan yang merupakan produk yang diperkenalkan pertama kali di India tahun 2010 silam. Sedangkan Toyota Etios Liva merupakan versi hatchback yang muncul di India tahun 2011. Di Indonesia, varian tersebut kita kenal dengan nama Toyota Etios Valco, yang mana diproduksi lokal oleh Toyota Indonesia dan berumur hanya 5 tahun sejak 2013 hingga 2018 silam. Selain itu, ada juga Toyota Etios Cross X yang merupakan versi crossover dari Toyota Etios Liva.

Toyota Etios Facelift

Selama dijual di India, Toyota Etios berhasil terjual sebanyak 448.000 unit, dan juga diekspor ke beberapa negara lain sebanyak 131.000 unit. Senior Vice President – Sales & Service TKM, Naveen Soni menyebutkan pada Business-standar, “Bulan Maret 2020 ini menjadi saksi dari batch produksi terakhir dari Etios Series, sebagaimana juga Corolla Altis yang mengakhiri perjalanan ikonik di India”. Mr Naveen menyebutkan bahwa Toyota Etios sebenarnya telah merepresntasikan penjualan yang signifikan di India. Hanya saja, perubahan permintaan dari konsumen dan juga transisi pada strategi global Toyota membuat setiap produk perlu berevolusi, termasuk Toyota Etios.

Untuk saat ini, posisi Toyota Etios akan digantikan oleh Toyota Yaris, yang notabene adalah Toyota Vios di Indonesia. Sedangkan Toyota Etios Liva kini tugasnya diisi oleh Toyota Glanza yang merupakan versi rebadge dari Suzuki Baleno. Toyota Glanza sendiri menunjukkan peforma yang lumayan dalam 10 bulan penjualannya. Sedangkan Toyota Yaris, alias Toyota Vios, menunjukkan penjualan yang kurang menggembirakan. Bisa dikatakan, Toyota Yaris menjadi sedan sub-kompak dengan penjualan paling minim di India. Angka tertinggi dari Maret 2019 hingga Desember 2019 ada d angka 354 unit sebulan, sedangkan angka terendanya 54 unit sebulan. Angka itu jauh dibawah Suzuki Ciaz, Honda Amaze, Hyundai Verna, Hyundai Xcent, dan Honda City yang selalu diatas 1.000 unit.

Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next:

Satria Katana Satu - satunya member AutonetMagz yang Domisili di Surabaya, dan punya Hobi Fotografi, Riding, & Kepo Informasi Dunia Otomotif | IG : @Satriakatana