Subaru WRX STI 2018 Segera Ganti Mesin EJ ke FA

by  in International&Subaru
Subaru WRX STI 2018 Segera Ganti Mesin EJ ke FA
0  komentar

AutonetMagz.com – Setiap orang yang mengenal Subaru Impreza WRX STI atau Subaru WRX STI pasti tidak asing dengan mesin berkode EJ yang jadi nyawanya sejak dulu. Entah itu EJ20 atau EJ25, semuanya selalu ada di mesin WRX STI dan pernah jadi International Engine Of The Year di tahun 2006. Bahkan saat Mitsubishi Lancer Evolution akhirnya ganti mesin dari 4G63T jadi 4B11T di 2007, Subaru masih setia dengan mesin EJ.

Namun sepertinya Subaru sebentar lagi mengikuti jejak Mitsubishi. Bukan, bukan menyuntik mati sedan sport mereka, melainkan soal ganti mesin. Halaman Subaru Tecnica International alias STI sudah mengumumkan kalau Subaru WRX STI baru akan memensiunkan mesin boxer berkode EJ dan melirik mesin baru mereka yang berkode FA. FYI, mesin boxer FA bisa ditemui di Subaru BRZ dan Subaru WRX non-STI.

Subaru WRX STI 2018 render rear

Tentu saja pakai turbo, dan dijanjikan tenaga maksimum ada di 320PS pada 5.600 rpm dan torsi maksimum 45 kgm. FYI, mesin boxer turbo FA20 sebenarnya sudah dipakai Subaru WRX baru, dan dibandingkan dengan WRX STI, dia punya torsi yang bisa dicapai di putaran mesin yang jauh lebih rendah meskipun angka torsinya lebih kecil. Berarti, dia lebih ramah untuk dipakai harian.

Sepertinya tujuan pemakaian mesin baru adalah untuk mengatasi kelemahan mesin EJ yang pernah saya coba di Subaru WRX STI GVF sedan lawas, yakni torsi puncak yang berada di putaran mesin yang tinggi serta turbo lag yang terlalu besar, sehingga amat-sangat-sungguh butuh adaptasi khusus jika benar-benar mau mengendarai WRX STI sehari-hari. Itu baru soal mesin, belum berkompromi dengan koplingnya yang keras.

subaru wrx sti s207 NBR Challenge Package

Di samping itu, Subaru WRX STI baru akan memakai tulang punggung alias basis dari Subaru Global Platform baru yang sekarang sudah dipasang di Subaru Impreza 2017. Diklain, Subaru WRX STI baru akan siap pada bulan Agustus 2018 mendatang. Hm, penasaran sih, tapi WRX STI yang sekarang saja belum berkeliaran di sini gara-gara… Yah, tahu sendiri lah. Bagaimana menurutmu? Sampaikan di kolom komentar!

 

Read Prev:
Read Next:

Hillarius Satrio Seorang pehobi otomotif yang masih mengunyah bangku kuliah. Sangat menyukai mobil yang bisa lari kencang, khususnya mobil sport Jepang. Sekarang juga sedang menggeluti dunia desain mobil, diawali dengan dunia modifikasi digital atau bisa disebut "Digimods" dan berlanjut ke membuat mobil di aplikasi 3 Dimensi. | twitter: @hillsatrio