Simak Bagaimana Carbon Fiber Ini Hancur Dengan Mudahnya!

by  in Hi-Tech&International
0  komentar

AutonetMagz.com –Carbon fiber, material yang konon katanya kuat, kaku dan ringan ini dipuja-puja sebagai material eksotis yang tidak bisa ditemukan di sembarangan mobil. Saat ini, tidak ada sedikitpun carbon fiber asli di Toyota Calya, Mazda 2 atau Suzuki Celerio (stiker carbon fiber abang-abang di pinggir jalan tidak dihitung) , tapi banyak carbon fiber di Lamborghini Sesto Elemento, McLaren P1 atau Ferrari LaFerrari.

Ya, itu benar, karena pembuatannya yang susah dan biayanya yang mahal, carbon fiber saat ini dipakai di mobil mahal saja. Apa semua carbon fiber kuat? Belum tentu, karena kekuatan carbon fiber tergantung dari bentuk dan arah serat penyusun carbon fiber. Di samping itu, faktor lain juga turut menentukan, seperti tipe serat karbon dan resin, perbandingan campuran carbon dan resin, bentuk anyaman serat karbon dan kualitas serat yang digunakan.

penghancuran carbon fiber

Tapi mau tahu bagaimana carbon fiber kalau dihancurkan?  Personil dari Hydraulic Press Channel bersedia menunjukkan seberapa kuat – atau rapuh – material mahal ini. Saat sebuah selongsong silinder berbahan carbon fiber diposisikan tidur dan ditekan dengan sebuah hydraulic press, selongsong tersebut memang gepeng, tapi tidak hancur berkeping-keping seperti apa yang diharapkan dari sebuah carbon fiber.

Lain cerita saat selongsong carbon fiber lain diberdirikan tegak lalu ditekan oleh mesin hydraulic press. Selongsong itu hancur tak berbentuk, padahal ia padat tanpa rongga di dalamnya. Ini cukup menjelaskan bagian “kekuatan carbon fiber tergantung dari bentuk dan arah serat penyusun carbon fiber”, karena saat ditekan dari arah yang beda, hasilnya pun beda. Tapi itu baru satu dari sekian faktor.

proses pengujian kekuatan carbon fiber

Bahkan saat mesin hydraulic press menekan mur yang diletakkan di atas kotak carbon fiber sekuat mungkin, mur itu malah tenggelam dan tertanam di carbon fiber. Memang, kekuatan carbon fiber ada batansnya,dan sayang mereka tidak bilang tekanan berapa Pascal yang mereka berikan saat pengujian. Apa opinimu tentang video uji coba carbon fiber ini? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:

Hillarius Satrio Seorang pehobi otomotif yang masih mengunyah bangku kuliah. Sangat menyukai mobil yang bisa lari kencang, khususnya mobil sport Jepang. Sekarang juga sedang menggeluti dunia desain mobil, diawali dengan dunia modifikasi digital atau bisa disebut "Digimods" dan berlanjut ke membuat mobil di aplikasi 3 Dimensi. | twitter: @hillsatrio