MINI Clubman Alami Recall Menyangkut Airbag Tirai

by  in International&Mini
MINI Clubman Alami Recall Menyangkut Airbag Tirai
0  komentar

AutonetMagz.com – MINI Clubman, Cooper versi panjang yang punya ciri khas berupa split tailgate yang membuka kanan dan kiri seperti pintu wardrobe atau kulkas dapur ini sekarang terkait dalam isu recall yang melanda mobil shooting brake yang catchy ini. Menyangkut fitur keselamatan, yakni airbag tirai samping, tapi jangan keburu menuduh Takata, karena ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan Takata.

Menurut Autoliv yang menjadi penyedia dan pemasok airbag samping MINI Clubman, ada yang tidak wajar pada saat pengujian airbag samping. Cover airbag samping berbahan fabric yang ada di MINI Clubman didesain dengan salah sehingga menahan airbag untuk tidak mengembang saat terjadi insiden, terutama dari arah samping. Belum ada kasus yang melibatkan MINI Clubman dan berhubungan dengan airbag samping.

kabin-belakang-mni-clubman

Tapi setelah mengetahui temuan ini, BMW Amerika Utara langsung menghentikan pengiriman sebanyak 4.867 unit MINI Clubman yang dibuat antara 19 Agustus 2015 hingga 14 Juli 2016. Di antara semua unit itu, 2.670 unit sudah ada di gudang dealer MINI di Amerika Utara, namun semuanya tidak boleh dijual sampai masalah airbag samping ini selesai.

Karena tidak mau mobil mereka dicap tidak sesuai standar keselamatan oleh pedoman dari Federal Motor Vehicle Safety Standard, BMW Group Amerika Utara sudah melayangkan surat pemberitahuan untuk para pemilik MINI Clubman yang mobilnya sudah dikirim namun belum tahu kalau airbag tirainya bermasalah. Recall resminya akan dimulai tanggal 12 September nanti.

mini cooper s clubman

MINI Clubman yang terkena kampanye recall hanya perlu mengganti airbag tirai kiri dan kanannya, sementara airbag depan dan samping kursi dinilai tidak bermasalah. Gratis, tentu saja, namun apa MINI Clubman yang di Indonesia kena juga? Memang, spek Amerika dan Indonesia ada bedanya, tapi apa airbagnya sama atau beda, kita tak tahu pasti. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:

Hillarius Satrio Seorang pehobi otomotif yang masih mengunyah bangku kuliah. Sangat menyukai mobil yang bisa lari kencang, khususnya mobil sport Jepang. Sekarang juga sedang menggeluti dunia desain mobil, diawali dengan dunia modifikasi digital atau bisa disebut "Digimods" dan berlanjut ke membuat mobil di aplikasi 3 Dimensi. | twitter: @hillsatrio