Sedan Mewah Lexus GS Bakal Bertenaga Hidrogen

Sedan Mewah Lexus GS Bakal Bertenaga Hidrogen
0  komentar

AutonetMagz.com – Meski bukan yang paling getol meriset soal teknologi mobil listrik murni, Toyota adalah merek yang punya banyak ide soal mobil bertenaga hidrogen. Idenya pun tak dibiarkan diam di kepala, namun dieksekusi. Jadilah Toyota Mirai, mobil hidrogen Toyota yang dijual ke publik dan sempat dipakai oleh Perdana Menteri Jepang. Saat hidrogen dibakar untuk jadi energi gerak mobil, sisa pembuangannya adalah uap air.

Namun desain Toyota Mirai generasi pertama yang bentuknya aneh sedikit menahan orang buat beli. Akhirnya, Toyota Mirai generasi kedua berubah jadi sebuah sedan beraura mewah dan pakai penggerak roda belakang. Meski penjualannya belum meroket jauh, tapi Toyota Mirai baru jelas lebih baik dan lebih mudah diterima oleh pengguna mobil pada umumnya. Karena jadi mewah, kira-kira bagaimana kalau Toyota Mirai ada versi Lexusnya?

Toyota Mirai Jadi Lexus GS

Menurut berita dari Drive, ada foto di Instagram yang berisi rencana produk Lexus masa depan, namun sekarang fotonya sudah dihapus. Salah satu rencana yang sempat terlihat adalah memperkenalkan mobil hidrogen berbasis Toyota Mirai untuk dibuat jadi Lexus GS. Sekilas info, Lexus GS adalah sedan premium sekelas BMW 5-Series, Mercedes-Benz E-Class dan Audi A6 yang sudah tidak dibuat lagi oleh Lexus setelah wara-wiri selama hampir 30 tahun.

Meski sekarang ada Lexus ES yang menggantikan posisi Lexus GS, tapi Lexus ES rasanya tidak sematang pendahulunya maupun rivalnya. Karena sama-sama penggerak roda belakang, Toyota Mirai nampaknya cocok jadi basis Lexus GS. Saat ini, sedan-sedan Jerman tersebut menawarkan pilihan mesin bensin, diesel, hybrid atau plug-in hybrid, jadi jika benar Lexus GS kembali sebagai mobil hidrogen, ia bakal mencolok sendiri dibandingkan sedan lain di kelasnya.

Tidak Mudah dan Tidak Murah

Jika rencana ini benar, Lexus bakal pusing dengan beberapa tantangan. Toyota Mirai punya tenaga yang agak kecil, yakni 179 hp dan akselerasi 0-100 baru selesai dalam 9,2 detik. Itu angka yang lambat untuk sebuah sedan mewah. Kalau ada sel baterai dan motor listrik yang lebih besar dan kuat, mungkin bisa memuluskan kehadiran Lexus GS hidrogen. Tantangan lainnya adalah harga jual yang kemungkinan bakal melambung.

Mobil hidrogen populasinya sedikit dan harganya tidak murah. Harga Toyota Mirai di Amerika saja tidak murah, jadi bayangkan mau berapa harga Lexus GS. SPBU hidrogen pun jumlahnya masih sangat sedikit. Saat ini, hanya merek normal seperti Hyundai, Honda dan Toyota yang punya mobil hidrogen, jadi cukup penasaran jika Toyota ingin Lexus bikin mobil mewah bertenaga hidrogen. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:

Hillarius Satrio Seorang pehobi otomotif yang masih mengunyah bangku kuliah. Sangat menyukai mobil yang bisa lari kencang, khususnya mobil sport Jepang. Sekarang juga sedang menggeluti dunia desain mobil, diawali dengan dunia modifikasi digital atau bisa disebut "Digimods" dan berlanjut ke membuat mobil di aplikasi 3 Dimensi. | twitter: @hillsatrio