Proton Akan Fightback Dengan Proton Iriz?

by  in Mobil Baru&Nasional&Proton
Proton Akan Fightback Dengan Proton Iriz?
0  komentar
PROTON IRIZ city car baru Proton pesaing Honda Brio dan Toyota Agya

Jakarta, AutonetMagz – Meskipun saat ini penjualan Proton di Indonesia sedang lesu, namun sebenarnya Proton pernah tergolong cukup sukses untuk ukuran brand baru di Indonesia pada masa awal kehadiran ATPM Proton di Indonesia. Kesuksesan Proton tidak lain berkat hadirnya Proton Savvy yang merupakan city car mungil, kompak dan memiliki harga sangat terjangkau pada masanya.

Saat ini Proton Indonesia memang tidak memiliki line up seperti Savvy yang mungil dan terjangkau, line up terjangkau mereka seperti Proton Gen2, Proton Saga mungkin sudah terlalu membosankan dan di kelas sedan murah seperti kedua mobil tersebut sudah tidak lagi menjadi primdona seperti era di tahun 90-an. Untuk kelas mobil terjangkau, orang Indonesia lebih memilih untuk membeli sebuah sedan buntung dibandingkan dengan sedan beneran.

Head unit canggih dengan sistem navigasi pada city car Proton Iriz

Lalu dimanakah penerus Proton Savvy yang pernah menjadi volume maker penjualan Proton di Indonesia? Di Malaysia sendiri, Savvy kini memiliki generasi penerus yang lebih besar, lebih canggih dan tentunya lebih baik dari segalafaktor dengan nama Proton Iriz. Mobil yang sangat laris di Malaysia bak kacang goreng ini memang menurut kami dari spesifikasinya sangat value for money di negara asalnya.

Setelah beberapa lama absen di kelas city car, akhirnya kami menemukan sinyalemen Proton akan menghadirkan Proton Iriz di Indonesia melalui situs pendaftaran TPT Kemenperin di bulan Maret 2015 silam. Tidak tanggung-tanggung, mereka melakukan uji tipe untuk varian tertinggi yaitu Proton Iriz Executive 1.300 cc manual dan CVT.

proton-iriz-indonesia-tpt-kemenperin

Di Malaysia, Proton Iriz varian Executive adalah varian tengah dari Iriz, varian tertinggi memiliki nama Proton Iriz Premium. Jika masuk ke Indonesia dengan spesifikasi yang sama dengan model yang hadir di Malaysia, kemungkinan besar mobil ini akan menjadi mobil city car dengan spesifikasi paling komplit di kelas city car Indonesia jika tidak mengalami penyesuaian fitur.

Ya, Proton Executive telah dilengkapi dengan kelengkapan safety lengkap seperti 2 buah airbags dan VDC (Vehicle Dynamic Control),  Traction Control System, Hill Start Assist, ABS, EBD + BA dan mampu meraih bintang 5 dalam uji tabrak ASEAN NCAP.

Baca Juga : Kementrian Malaysia Claim Mobil Proton Memiliki Tingkat Safety Setara Volvo

syarat-bintang-lima-ANCAP

Dari segi mesin, Proton Iriz sebenarnya tersedia dalam varian mesin 1.300 cc dan 1.600 cc, namun untuk varian yang hadir di Indonesia akan menggunakan mesin 1.300 cc bertenaga 95 Ps dan torsi 120 Nm. Untuk varian automatic, Proton Iris dibekali dengan transmisi CVT.

Soal fitur, Proton Iriz sudah dilengkapi dengan audio yang dapat terkoneksi dengan Bluetooth, colokan USB & Aux, lampu depan mobil ini juga sudah dilengkapi dengan projection headlamp dan fitur follow me home, frameless wiper. Sayangnya yang hadir di Indonesia hanya varian Executive, untuk Premium sudah dilengkapi dengan fitur-fitur tambahan seperti audio dengan layar sentuh, navigasi, keyless entry dengan start stop engine, steering switch control and leather steering wheel, serta jok kulit. Kalau selengkap itu, mungkin bisa dibilang Proton Iriz adalah raja di kelas ini.

Kami menduga bahwa rencana Proton membawa Proton Iriz ini tidak main-main, karena di GIIAS yang akan dilaksanakan di bulan Agustus, Proton sudah mem-booking booth yang cukup luas di event otomotif terbesar di Indonesia tersebut. Kira-kira berapa yah harga yang pantas untuk Proton Iriz Executive?

Read Prev:
Read Next:

Ridwan Hanif Penulis sekaligus pecinta dunia otomotif, kadang-kadang suka ngebut walaupun hanya pada saat jalanan sepi, paling benci dengan kemacetan Jakarta tetapi enggan untuk pindah keluar kota. Soal irit-iritan konsumsi BBM jangan ditanya, dia jagonya... Maksudnya jago ngabisin bensin... Hehehe | twitter: @ridwanhr

  • Harusnya yang premium dimasukin juga, biasanya orang indo kan maunya yg tipe termahal(walaupun gaada fiturnya), contohnya pembeli Ya*is lele

  • HR-V

    yg penting harganya masih dibawah Rp. 200 jt saya rasa value for money utk mobil sekelas ini sudah oke

  • wowkeren

    Kalo fiturnya setara KIA Picanto/Mitsubishi Mirage, harga paling tepatnya 165 juta biar bisa tendang Etios yang absurd banget mukanya.

  • cup ucup

    cukup Rp.170 jt juga buat varian termewah. kalo disidik sidik kok agak mirip brio ya proton iriz, apa perasaan gue aja

    • subaru

      gw ngeliatnya mirip fiesta

      • Hendro

        kayaknya lebih ke sirion bro..

  • gaps

    Keren nih..maksimal buat tipe termahal setara Sirion baru bakal laku sih. Bawa yg full spec kl bs. Kan selama ini Proton bs memberi fitur lebih dengan harga yg lebih rendah atau minimal sm kayak rival di kelasnya. Lebih yakin karna ini produk global,jd harusnya secara kualitas ini mobil bs lebih baik dr si Etios atau Brio

  • Hendro

    lebih bagus lagi kalo yang 1600 masuk juga. dengan fitur selengkap itu harga 200 jutaan lebih masuk akal. Namun kembali pilihan kepada masyarakat kita mau beli mobil dg fitur wah, atau mobil dengan “nama” wah…

  • haris

    Saya yakin Proton sudah bisa bikin mobil bagus, fitur juga lengkap dan harga terjangkau. hanya saja sentimen negatif thd brand (karena buatan Malaysia) masih melekat di konsumen Indonesia…lebih parah daripada brand China lho…
    Karena kalo mocin hanya berkaitan dgn masalah kualitas, tapi kalo Malaysian made udah berkaitan sama harga diri bangsa…

  • Donny Prima Sepria

    depannya kren agak mirip Fiesta yang model lama bekangnya mirip denga sirion
    sama-sama produk malaysia kali ya…

  • bayu

    hmmmm.. proton ya? skip dulu ah

  • Hiruzen

    Malaysia udah bs bikin mobil sehebat ini, Indonesia kapan coba?

    • nezuriH

      tanya juga pada dirimu sendiri,,, kan orang indonesia juga kan?

    • ANdri Ahmad

      indoneisa uda bisa bikin pesawat om, bikin mobil aja kok bangga