Power Steering Bermasalah, Toyota 86 Direcall di Australia dan Malaysia

by  in International&Toyota
Power Steering Bermasalah, Toyota 86 Direcall di Australia dan Malaysia
0  komentar

AutonetMagz.com – Mobil sport Toyota 86 pra-facelift sepertinya harus menyempatkan diri untuk menjadwalkan perbaikan di bengkel Toyota terdekat. Pasalnya, surat edaran penarikan kembali alias recall yang diedarkan oleh Toyota Australia memgindikasikan bahwa ada sekitar 15.000 unit Toyota 86 buatan April 2012 hingga Maret 2015 mengalami masalah pada power steering elektriknya. Recall ini hanya ditujukan kepada Toyota 86 versi setir kanan yang punya airbag lutut.

Asal muasal recall Toyota 86 berasal dari tata letak kabel harness yang tidak tepat, yang kemungkinan akan mengganggu penutup panel dashboard yang lebih rendah. Nah, panel yang lebih rendah ini berisi airbag lutut pengemudi pada Toyota 86 spek Australia. Hal ini terjadi ketika sensor sudut rotasi power steering elektrik (EPS) kian aus dari waktu ke waktu dan membuat sensor-sensor di sekitar airbag lutut jadi teroksidasi.

Interior-Toyota-86-Yellow-Limited

Jika lutut pengemudi bersentuhan dengan penutup airbag lutut, kabel harness EPS yang ada di balik penutup dikhawatirkan bisa berpindah posisi, menyebabkan terminal konektor untuk menyentuh bagian yang ausdan mengakibatkan kegagalan kontak listrik. Hal ini akan memberikab peringatan bagi unit EPS atas dugaan adanya kesalahan dan mengurangi asistensi kemudi, yang membutuhkan tenaga lebih besar jika ingin memutar setir karena jadi lebih berat, berpotensi menyebabkan hilangnya kontrol.

Toyota Australia mengatakan suku cadang untuk perbaikan recall akan datang paling lambat bulan depan, dengan pekerjaan perbaikan diperkirakan berdurasi kurang lebih satu jam dan akan dilakukan secara gratis. Pernyataan itu menambahkan bahwa ada 62 insiden Toyota 86 dilaporkan di Australia, tapi tidak ada yang berkaitan dengan masalah setir.

toyota-86-race

Rupanya yang kena recall sendiri bukan hanya Toyota 86 versi Australia, karena versi Malaysia dikonfirmasi juga kena. Apa kabar Toyota 86 versi Indonesia ya? Mengingat speknya mirip-mirip dengan versi Australia dan Malaysia, punya airbag lutut pula. Apalagi TAM kemarin sudah me-recall banya sekali kendaraan di sini. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:

Hillarius Satrio Seorang pehobi otomotif yang masih mengunyah bangku kuliah. Sangat menyukai mobil yang bisa lari kencang, khususnya mobil sport Jepang. Sekarang juga sedang menggeluti dunia desain mobil, diawali dengan dunia modifikasi digital atau bisa disebut "Digimods" dan berlanjut ke membuat mobil di aplikasi 3 Dimensi. | twitter: @hillsatrio