Perawatan Warna Matte Ribet? Simak Tips Merawat Warna Matte Berikut Ini!

by  in  Berita & Nasional & Tips
Perawatan Warna Matte Ribet? Simak Tips Merawat Warna Matte Berikut Ini!
0  komentar

AutonetMagz.com – Saat ini, Hyundai menawarkan pilihan warna dengan finishing matte pada sebagian lini produknya. Seperti Hyundai Ioniq 5, Ioniq 6, dan yang bellum lama ini meluncur, Stargazer X. Cat dengan finishing matte biasanya ditemukan pada mobil-mobil yang bisa dibeli dengan harga by order seperti Porsche, Ferrari, Bentley, Rolls-Royce dan lain-lain. Karena finishing-nya lain, apakah mobil ini diperlukan perawatan khusus? mari kita bahas lebih lanjut!

Dalam Pencucian Mobil

Untuk pencucian mobil secara manual (pake tangan), gunakan material tekstil lembut seperti Microfiber atau sponge untuk membersihkan mobil. Sebagaimana mobil pada umumnya, tidak dianjurkan untuk menggunakan sikat dengan permukaan kasar. Sementara untuk pencucian mobil otomatis, perhatikan mesin pencucinya. Jika terdapat mode sikat (scratch & gloss), maka tidak diperbolehkan karena berpotensi menimbulkan baret.

Pencucian mobil dengan uap sangat tidak diperbolehkan untuk cat dengan finishing matte. Hal itu karena noda bisa muncul setelah pencucian uap, karena komponen berminyak pada permukaan mudah menempel pada lapisan cat. Selain itu, Perawatan Lilin/Wax juga tidak disarankan. Hal itu karena Bahan kimia perawatan lilin/wax bisa membuat lapisan cat matte menjadi mengkilap. Jadi, semua jenis wax yang ada di pasaran, compound abrasif, dan paint cleaner dilarang untuk diterapkan di cat matte ini.

Bahan Yang Diperbolehkan

Kontaminasi Umum Tissue alcohol atau IPA direkomendasikan untuk menghilangkan kontaminasi secara umum. Jika ada Kotoran hewan, gemuk (grease), minyak pada permukaan matte juga harus segera dihilangkan untuk menghindari cacat kilap. Bila ada noda aspal yang menempel, tar remover diperlukan untuk permukaan yang terkontaminasi komponen tar. Sementara bila ada kontaminasi bensin atau oli,
pelarut cat diperlukan untuk permukaan yang terkontaminasi bensin atau minyak.

Untuk perlindungan menyeluruh, bisa juga menggunakan lapisan paint protection film PPF.

Read Prev:
Read Next: