Penjualan Terus Menurun, GWM Batalkan Ekspansinya di Eropa

by  in  Berita & Great Wall & International
Penjualan Terus Menurun, GWM Batalkan Ekspansinya di Eropa
0  komentar

AutonetMagz.com – Lain ladang lain belalang, itulah peribahasa yang tepat menggambarkan pabrikan asal Tiongkok yang satu ini. Great Wall Motors (GWM) dilaporkan akan menutup kantor pusatnya di Munich, Jerman. Model GWM akan terus dijual di pasar Eropa yang ada, tetapi ekspansi yang direncanakan sebelumnya ke negara lain dibatalkan. Penjualan yang tidak terlalu menggembirakan disana menjadi penyebabnya.

Tak Sesuai Ekspetasi

Walaupun pada tahun 2023 Great Wall menjual total 316.018 unit di pasar luar negeri, di Eropa hanya berhasil menjual sebanyak 6.300 unit. Maka dari itu, GWM baru-baru ini memundurkan target untuk mencapai penjualan 1 juta mobil di luar Tiongkok dari tahun 2025 menjadi 2030. Dilansir dari Manager Magazin, kantor Great Wall di Munich akan ditutup pada akhir Agustus dan 100 karyawannya akan dirumahkan.

Pada November tahun lalu, GWM menggabungkan Ora dan Wey menjadi satu unit GWM dan mengganti nama produknya. Saat itu, GWM sudah merencanakan ekspansi ke Spanyol, Italia, Portugal, Belgia, Luksemburg, Belanda, Austria, Swiss, Denmark, Islandia, dan Bulgaria dalam tahun 2024. Sayangnya, karena angka penjualan disana masih dibawah ekspetasi, rencana itu kini dibatalkan.

Masih Di-Support, Tapi…

Di sisi lain, GWM masih menghormati perjanjian kemitraan yang telah terjalin di Jerman, Inggris, Irlandia, dan Swedia. Manajemen secara keseluruhan akan dilakukan langsung dari kantor pusat di Baoding, China. Line-up GWM yang ada di Eropa saat ini mencakup Ora 03 (Ora Funky Cat), SUV Wey 03, dan 05. Itu berarti, debut sedan GMW Ora 07 yang mirip Porsche Panamera di Eropa juga dibatalkan karena mobil tersebut rencananya akan memulai debut pada musim panas 2024.

Bagaimana menurut kalian? sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: