Penggerak AWD Pada Honda CR-V Terbukti Tidak Berguna

by  in Honda&International
Penggerak AWD Pada Honda CR-V Terbukti Tidak Berguna
0  komentar

Kekurangan Honda CR-V AWDAutonetMagz – Mungkin di Indonesia kita tidak begitu memerlukan mobil dengan sistem penggerak AWD karena negara kita tidak memiliki musim salju (meskipun AWD sangat berguna untuk keselamatan berkendara), tetapi untuk negara 4 musim, tentunya mobil dengan penggerak AWD sangat dibutuhkan disana.

Dalam menimbang untuk memutuskan membeli mobil AWD, tentunya masyarakat berhak mengetahui seberapa jauh kemampuan AWD mobil dalam menaklukan rintangan licin dan jalan menanjak yang memiliki permukaan kurang baik. Kali ini sebuah Majalah Otomotif di Swedia Teknikens Varld membawa Honda CR-V AWD 2013 ke lintasan tanjakan yang juga mempunyai kemiringan ke arah samping dengan dua buah roller di bagian roda depan.

Honda CR-V Facelift 2015 Photos and Pictures Gallery

Ternyata hasil dari pengetesan Honda CR-V 2014 tersebut sangat mengejutkan karena ternyata sistem AWD dari Honda CRV nyaris tidak berguna sama sekali, ketika roda depan dari mobil tersebut kehilangan traksi dan tergelincir, roda belakang sama sekali tidak berputar untuk memberikan traksi tambahan agar mobil dapat melaju.

Baca Juga : Ini Foto Lengkap Honda CR-V Facelift 2015

Ironisnya, dalam tes tersebut mereka membandingkan sistem penggerak AWD Honda dengan sistem AWD milik Ford Kuga yang merupakan rival sekelas dari Honda CRV. Dan benar saja, ketika Ford Kuga dilakukan pengetesan, dengan mudah Ford Kuga AWD melewati rintangan tersebut, karena hanya dalam hitungan waktu kurang dari 1 detik ketika ban depan kehilangan traksi, ban belakang langsung mem-backup traksi dan mobil dapat melaju seperti halnya mobil pada kondisi jalan normal.

Honda CR-V Facelift 2015 Indonesia

Lucunya mereka tidak mengatakan bahwa sistem kerja dari AWD Ford Kuga lebih baik dari Honda CR-V, mereka justru mengatakan bahwa beginilah seharusnya sistem penggerak AWD, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada yang salah dengan sistem penggerak AWD Honda yang sama sekali tidak berguna dan hanya menjadi gimmick marketing belaka, karena di kehidupan nyata nyaris tidak bekerja sama sekali, padahal harga Honda CRV AWD lebih mahal 18 juta dibandingkan versi FWD.

Well, mungkin pengetesan ini tidak akan berarti apa-apa untuk Indonesia, karena toh Honda tidak menjual satupun mobil dengan penggerak AWD di Indonesia, namun menjadi catatan penting untuk teknologi Honda yang diterapkan apakah benar-benar bekerja atau hanya gimmick marketing belaka. Lihat video Honda CR-V AWD di bawah ini.

Read Prev:
Read Next:

Dede Suryadi Penulis yang satu ini nggak bisa nyetir mobil, tapi kalau nyetir motor 11-12 sama Valentino Rossi. Cita-citanya menjadi pembalap MotoGP tapi nggak kesampaian. Akhirnya sekarang jadi penulis di Autonet Magz untuk kolom berita roda dua. Yang unik dari saya meskipun jago naik motor, saya susah hafal jalan.

  • dev

    sayang juga AWD-nya ga berfungsi 🙁 padahal belom lama saya seneng banget baca artikel AWD test-nya Subaru. apa mending Subaru XV aja ya buat mobil AWD? apalagi secara harga, subaru XV punya harga yang juga lebih baik

    • carlovers

      ya maklum mas, mobil honda itu pada dasarnya FWD semua. jadi kalo masih gagal, anggap baik aja, karena mungkin honda lagi belajar bikin mobil AWD

      • Ridwan Hanif

        AWD Honda sudah ada sejak generasi pertama Honda CRV – HRV dengan nama Dual Pump AWD system di tahun 1996

        • rizki

          Kalo gak salah beberapa tipe CR-V gen I facelift yang masuk sini juga ada yang versi AWD secara CBU, pembedanya di pintu belakang ada tulisan CR-V sports dengan dudukan plat nomer ada di bemper tengah, kalo versi FWD CKD dudukan pelat nomor di pintu tengah sebelah kiri dibawah handel pintu.

  • accel

    ooops. gimana nih honda ? masa terima gitu aja dipecundangi mentah mentah oleh pabrikan lain.

  • Oki Syauqi

    Hmm.. aneh sekali.. masak roda belakangnya gak ada power sama sekali? Trus yg 4wd apanya? Beneran 4wd gak tuh? Mestinya tes tersebut adalah tes yg sangat mudah yg bisa dilalui semua kendaraan 4wd. Karena otomatis bila ban yg bergerak kehilangan traksi, maka ban lainnya akan berputar. Benar” aneh

    • Ridwan Hanif

      Jangankan AWDnya bekerja, pas lihat videonya, itu Traction Control ban depannya seperti nggak bekerja juga, berasa kalau traction control kerja waktu tes ecosport, putaran ban langsung berkurang pas ngedeteksi ban kehilangan traksi.

      • Oki Syauqi

        Wa.. bener banget tu cak..
        Masak digas bannya malah muter kenceng? Emang dino? Ckckckkckc

  • gtrr35

    Reply from Honda Sweden

    The Honda AWD system uses a compact, lightweight and fuel-efficient rear differential. The design requires a certain torque limitation for the device to be able to work effectively in real conditions, but at the same time, it must not exceed the total capacity of the AWD drive.
    In real conditions, regardless of the surface, there is a certain amount of friction always available for both front and rear wheels. The AWD system benefits therefore torque between front and rear wheels in order to achieve optimal driving force.
    In the roll test non-existent grip is simulated in the front and maximum grip at the rear.
    If all the available torque required to move the vehicle forward would be transferred to the rear differential then the limit for the torque of the unit would be exceeded.
    If the vehicle continues to run in this state (the front wheels spinning and the rear wheels standing still) the system senses the high speed variation and that the differential clutch slips and reduces the available torque to the rear wheels to prevent overheating. That is why the vehicle moves backward in the video.

    In real conditions a scenario like the roll test with such a high difference in grip between the front and the rear wheels is highly unlikely.

    In other words Honda does not see that the roll test fairly highlights CR-V’s AWD performance. Teknikens Värld has done a winter test where CR-V was tested on icy roads, as well as steep paths such as a ski slope.
    Honda believes that these tests in real environments should be enough to show that the CR-V is a great winter car and would like to stress that there are no known customer complaints on the CR-V’s traction from the Swedish market or in other markets with similar conditions.

    On Teknikens Värld’s question whether the update is made, we can with measuring instruments upon request show that for both customers and media.
    Since it is important for Honda that customers feel safe and have confidence in ourselves we did an update of the software of all CR-Vs for the Swedish market.
    CR-V customers were able to get the software, free of charge, updated at our dealers from April 15 and in production from July 8 in 2013.
    Honda CR-V is a global car and has sold over 5 million copies. It is the world’s best-selling SUV* and the sales in Europe is growing steadily, 6 percent in comparison with last year. The CR-V therefore has many satisfied customers around the world.

    Maria Johansson, head of communications

    * First quarter 2014

  • dezel

    Apa sih yg dibahasnya..pembeli mana mau tau urusan gmn sistem mesin roda berputar.beli kendaran yg 4wd utk bs dipakai di kota maupun offroad..kyk mazda tuh simple..msk jln lumpur/rusak tinggal tekan tombol 4wd lancar aja lewat..

  • David

    Ya ela yang nulisnya aja kaga bisa nyetir

    • dimaz_13

      lalu korelasinya apa???
      apakah anda harus bisa menerbangkan pesawat untuk tau bahwa goncangan di udara berarti ada turbulensi??
      atau anda harus bisa mengemudi untuk tau bahwa mobil tidak bisa jalan tanpa bensin??

      • Maddog

        Ngaku Airfan lu? Kalo bener, hunting sama gw di soetta!

  • mogen

    Honda crv 2015 aja minus parah ekstrior nya.. kgk berbeda ama versi lama nya

    • Ap77

      Buta mata lu? Melek dong, melek mazda nggak bisa ngedesain mobil dg lekukan banyak kayak gini!

    • Ap77

      Maafin komen gw dibawah ya bro, mohon maaf kalau ada kata yang kurang berkenan

  • nunup

    4WD Fail fail fail, the way it’s Honda. Engineer bego, koplak, bikin sistem rumit yg ngga bekerja.

  • Trevor

    Man, this is fucking bullshit, fuck you teknikem vard