Penggerak AWD Pada Honda CR-V Terbukti Tidak Berguna

by  in Honda&International
Penggerak AWD Pada Honda CR-V Terbukti Tidak Berguna
0  komentar

Kekurangan Honda CR-V AWDAutonetMagz – Mungkin di Indonesia kita tidak begitu memerlukan mobil dengan sistem penggerak AWD karena negara kita tidak memiliki musim salju (meskipun AWD sangat berguna untuk keselamatan berkendara), tetapi untuk negara 4 musim, tentunya mobil dengan penggerak AWD sangat dibutuhkan disana.

Dalam menimbang untuk memutuskan membeli mobil AWD, tentunya masyarakat berhak mengetahui seberapa jauh kemampuan AWD mobil dalam menaklukan rintangan licin dan jalan menanjak yang memiliki permukaan kurang baik. Kali ini sebuah Majalah Otomotif di Swedia Teknikens Varld membawa Honda CR-V AWD 2013 ke lintasan tanjakan yang juga mempunyai kemiringan ke arah samping dengan dua buah roller di bagian roda depan.

Honda CR-V Facelift 2015 Photos and Pictures Gallery

Ternyata hasil dari pengetesan Honda CR-V 2014 tersebut sangat mengejutkan karena ternyata sistem AWD dari Honda CRV nyaris tidak berguna sama sekali, ketika roda depan dari mobil tersebut kehilangan traksi dan tergelincir, roda belakang sama sekali tidak berputar untuk memberikan traksi tambahan agar mobil dapat melaju.

Baca Juga : Ini Foto Lengkap Honda CR-V Facelift 2015

Ironisnya, dalam tes tersebut mereka membandingkan sistem penggerak AWD Honda dengan sistem AWD milik Ford Kuga yang merupakan rival sekelas dari Honda CRV. Dan benar saja, ketika Ford Kuga dilakukan pengetesan, dengan mudah Ford Kuga AWD melewati rintangan tersebut, karena hanya dalam hitungan waktu kurang dari 1 detik ketika ban depan kehilangan traksi, ban belakang langsung mem-backup traksi dan mobil dapat melaju seperti halnya mobil pada kondisi jalan normal.

Honda CR-V Facelift 2015 Indonesia

Lucunya mereka tidak mengatakan bahwa sistem kerja dari AWD Ford Kuga lebih baik dari Honda CR-V, mereka justru mengatakan bahwa beginilah seharusnya sistem penggerak AWD, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada yang salah dengan sistem penggerak AWD Honda yang sama sekali tidak berguna dan hanya menjadi gimmick marketing belaka, karena di kehidupan nyata nyaris tidak bekerja sama sekali, padahal harga Honda CRV AWD lebih mahal 18 juta dibandingkan versi FWD.

Well, mungkin pengetesan ini tidak akan berarti apa-apa untuk Indonesia, karena toh Honda tidak menjual satupun mobil dengan penggerak AWD di Indonesia, namun menjadi catatan penting untuk teknologi Honda yang diterapkan apakah benar-benar bekerja atau hanya gimmick marketing belaka. Lihat video Honda CR-V AWD di bawah ini.

Read Prev:
Read Next: